Kembali

My Growing Up Body

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!


Charm Girls! Hormon saat menstruasi bukan hanya berperan untuk kelancaran haidmu saja.  Tetapi juga hormon yang dimiliki hanya oleh wanita ini, akan menyebabkan beberapa  perubahan fisik. Dimana anak cewek akan mengalami yang namanya pertumbuhan payudara,  tumbuh rambut halus di bagian ketiak serta di organ kemaluan dan pada bagian pinggul mulai  membesar dan masih banyak pertumbuhan fisik lainnya saat kamu menuju pubertas. 

Termasuk menstruasi pertama... 

Hormon saat menstruasi itu ada beberapa, seperti hormon estrogen, hormon progesteron,  hormon perangsang folikel (FSH), dan hormon luteinizing (LH) dimana semua ini ngaruh banget  pada siklus menstruasimu; Hebatnya semua hormon itu juga ngaruh untuk pertumbuhan pada  tubuhmu dan perasaan atau emosimu Charm Girls! 

Baca Juga : Ini lho cara hormon wanita bekerja 

Setelah kamu mendapatkan menstruasi pertama kali, menstruasi berikutnya akan terus terjadi  hingga kurang lebih selama 40 tahun ke depan setiap bulannya. Jadi keren banget nih! Kalo  kamu bisa tau apa aja yang akan terjadi gara-gara hormon dalam tubuhmu itu kan!

1. Hello, jerawat! 

Saat masuk masa pubertas, beberapa dari Charm Girls pasti punya jerawat di wajah. Di saat ini  pasti panik banget, terlebih cewek dengan wajah berjerawat? Oh no! :( Penyebab jerawat saat  pubertas selain adanya faktor keturunan, adanya peningkatan produksi sebum di wajah dan  karena adanya perubahan hormon. Yup, hormon saat menstruasi bisa menyebabkan jerawat,  ini sebagai tanda bahwa tubuhmu bersiap untuk datangnya haid. 

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
Jerawat karena Hormon Menstruasi  

Hal Ini terjadi gara-gara menurunnya hormon progesteron dan hormon estrogen menjelang  akhir fase luteal atau pra-menstruasi! Hal ini juga akibat peningkatan produksi sebum membuat  produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori kulit wajah kamu. Pori-pori yang  tersumbat ini lah yang membuat bakteri gampang nempel dan jadi tumbuh jerawat deh,  apalagi di sekitar pipi dan dagu. 

Nah, untuk mengatasi jerawat pada wajah. Charm Girls harus menjaga kebersihan wajah  dengan mencuci muka dua kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur. Baiknya sih  sebelum cuci muka, bersihkan wajah menggunakan lotion pembersih dengan kapas lembut. Hal  ini bertujuan agar maksimal dalam membersihkan wajah. 

Bila aktifitas di siang hari pastikan wajah Charm Girls dilindungi krim tabir surya dan di malam  hari gunakan obat jerawat yang sesuai. Ingat jerawat jangan disentuh dengan tangan terlebih  tangan kotor, karena akan menyebabkan iritasi.

2. Payudara nggak nyaman 

Hormon saat menstruasi sering kali membuat payudaramu terasa tidak nyaman. Ini karena  hormon estrogen bakalan bikin payudara kamu terlihat lebih besar; sedangkan hormon  progesteron akan membuat payudara kamu seperti membengkak, karena kelenjar susu juga  membesar. Itu dia alasan kenapa rasanya sakit dan kencang kalo dipegang. 

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
Payudara Nyeri Menjelang Menstruasi 

Baca Juga : Mengenali payudaramu sendiri  

Kalo Charm Girls merasakan payudara nggak nyaman, pilih pakaian dalam atau bra yang nggak  bikin kamu sesak dan sakit ya; atau kalo lagi di rumah, kamu bisa melepasnya kok! 

3. Susah bobo 

Okey, efek hormon saat menstruasi selanjutnya. Dimana kamu bakal merasakan susah tidur,  kualitas tidur jadi jelek atau malah mimpi nggak jelas. 

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
Sulit Tidur Karena Perubahan Hormon  

Ini berlangsung beberapa hari sebelum Charm Girls menstruasi loh! Penyebabnya karena  hormon progesteron dalam tubuh lagi rendah. Sehingga, kamu jadi sulit tidur di malam hari ini  bisa membuat kamu kurang istirahat. Cobalah sebelum tidur malam, mandi dengan air hangat,  terus pakai piyama kesayanganmu deh! Atau bisa juga gunakan essential oil di diffuser. Charm Girls bisa pilih essential oil lavender, chamomile, langon kleri, sandalwood, sweet majoram atau  mawar. Essential oil ini dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak sehingga tubuh terasa  segar esok hari.

4. Mood berubah cepet banget 

Ini sih hampir semua cewek mengalaminya. Naik turunnya hormon estrogen pada fase luteal  bisa bikin mood kamu naik turun nggak jelas gitu, Charm Girls! Mulai dari mudah marah,  tersinggung, galau, bete, overthinking, wah segala rupa. Kamu mulai merespon teman-teman atau orang tua dengan emosi, lho!  

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
Hormon Saat Menstruasi Buat Kamu Moody 

Nah, kalo kamu lagi ngerasa emosi dan sedih; cobalah untuk tarik nafas yang panjang dan  buang secara perlahan lalu ulangi sampai kamu merasa tenang. Ceritakan pada orang-orang  terdekat kalo lagi pengen sendiri, nggak apa-apa kok. Setelah kamu merasa lebih baik; baru deh  bisa curhat! 

5. Gampang merasa sakit 

Fyi, hormon estrogen berfungsi untuk mengaktifkan bagian otak yang bertugas mengatur  persepsi nyeri. Jadi, wajar kalo hormon saat menstruasi; khususnya hormon estrogen yang  menurun ini, bikin kamu sering sakit kepala atau migrain. Hormon saat menstruasi lainnya  seperti hormon prostaglandin juga memicu kram dan nyeri perut. 

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
Tubuh Mudah Sakit

Don’t worry, Charm Girls! 

Perubahan hormon saat menstruasi emang punya caranya tersendiri bikin badan jadi nggak  nyaman. Namun, ini semua adalah suatu siklus yang harus kamu hadapi sebagai salah satu  proses menjadi cewek dewasa yang cantik dan sehat. Sayangi dirimu; selalu jaga kesehatan dan  kebersihan, Charm Girls! 

5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!
Love Yourself and Happy Period Charm Girls

 

Komentar (0)
A