Kembali

Tentang Menstruasi

Bukan Rakus! Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat PMS

Bukan Rakus! Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat PMS


Salah satu tanda PMS yang sering banget dirasakan oleh sebagian wanita adalah dengan nafsu makan meningkat saat PMS. Keinginan untuk makan atau sekedar ngemil memang menjadi tinggi ketika PMS bagi sebagian wanita.

Meskipun begitu, enggak semua wanita pernah merasakan hal ini ya. Ada juga sebagian wanita lainnya yang memiliki nafsu makan biasa saja ketika PMS.

Meskipun begitu, sebenarnya apakah ada penyebab dari kenaikan nafsu makan saat PMS? Apakah hal ini normal terjadi?

Baca juga disini : PMS itu Apa ?

Penyebab Nafsu Makan Meningkat saat PMS 

Dilansir dari laman Hello Sehat yang mengutip The FASEB Journal menyebutkan sebuah penelitian yang meneliti hal ini. Dijelaskan bahwa penelitian tersebut menunjukkan, perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen bisa menyebabkan kamu ingin makan makanan tinggi karbohidrat dan gula sebelum menstruasi.

Apalagi diketahui, jika Karbohidrat dan makanan manis bisa membantu memperbaiki mood buruk kamu, karena dapat melepaskan hormon serotonin yang bisa meningkatkan perasaan bahagia.

Tak hanya itu, dijelaskan kembali penyebab nafsu makan meningkat saat PMS bisa berhubungan dengan gangguan disforik pramenstruasi (PMDD). Ini adalah sebuah gangguan peningkatan nafsu makan parah saat PMS. Gangguan ini pun bisa dialami sedikitnya 5 persen wanita saat usia subur.

Meskipun begitu, Journal Of Psychosomatic Research juga menemukan hubungan antara gangguan makan berlebihan dengan masalah menstruasi. Dijelaskan bahwa masalah menstruasinya adalah siklus haid yang tidak teratur atau sampai tidak menstruasi dalam satu bulan.

Dilihat penjelasan di atas, sebenarnya peningkatan nafsu makan saat PMS cukup normal kok untuk dirasakan. Meskipun begitu, kamu tetap harus memperhatikan makanan yang dirimu makan ketika PMS.

Perhatian Makanan saat PMS 

Peningkatan nafsu makan saat PMS memang normal dirasakan. Namun bukan berarti, kamu tidak memperhatikan makanan apa saja yang dirimu makan saat PMS ya.

Apalagi sebelum menstruasi, hormon yang ada di dalam tubuhmu sedang sangat tidak stabil. Maka dari itu, kamu bisa membantu tubuhmu menstabilkan hormon yang ada di dalam dengan makanan sehat bergizi.

Lalu, makanan seperti apa sih yang harus kamu makan? Dikutip dari Office on Women’s Health, kamu yang sedang PMS sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan vitamin B6.

1. Makanan dengan kalsium tinggi 

Kalsium nyatanya bisa membantu mengurangi beragam gejala PMS loh. Mulai dari kelelahan, stres, dan lain-lain. Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kalsium tinggi saat PMS, seperti contoh di bawah ini:

  • Yoghurt
  • Keju
  • Susu
  • Roti
  • Sereal
  • Jus Jeruk, dan lain-lain

Tak hanya makanan kalsium tinggi aja nih yang bisa kamu makan saat PMS. Namun, makanan mengandung vitamin B6 juga dibutuhkan oleh tubuh.

2. Makanan vitamin B6 

Diketahui, vitamin B6 punya peran penting dalam mencegah anemia yang bisa saja kamu rasakan ketika sebelum dan sesudah menstruasi. Vitamin ini juga bisa membantu mengurangi gejala PMS, seperti mood swing, kelupaan, kecemasan, dan lain-lain.

Adapun makanan yang mengandung vitamin B6 adalah sebagai berikut:

  • Kentang
  • Ikan
  • Unggas (ayam atau bebek)
  • buah-buahan selain jeruk, dan lain-lain

Nah, selain makanan di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin yang mengandung kalsium dan B6 untuk mengurangi gejala PMS ya. Sehingga, walaupun nafsu makan kamu meningkat ketika PMS, makanan yang kamu telan tetap sehat dan bergizi.

Namun, meskipun peningkatan nafsu makan saat PMS adalah hal yang normal, apakah bisa diatasi?

Cara mengatasinya 

Sebenarnya, peningkatan nafsu makan saat PMS adalah hal yang sangat normal terjadi. Kamu pun hanya perlu memperhatikan makanan yang dirimu makan saja.

Namun, jika kamu merasa khawatir dengan intensitas nafsu makanmu yang terus naik, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter gizi terdekat mengenai keluhanmu ya.

Baca Juga Disini :

PMS Pramesntruasi Sindrom Itu Apa Sih 

Waktu Menstruasi Pertama Kok Bisa Pakaian Dalam Warnanya Pudar 

Jangan Dimakan Hindari Beberapa Makanan Ini Saat Masa Menstruasi

nafsu makan meningkat saat pms
Komentar (4)
A

Avatar Profile Image
Jainah
Ternyata itu normal, gak khawatir lagi deh kalo nafsu makan meningkat. Makasih Cha artikelnya
7 months ago
Balas
MA
Meisa Adisti
iya setuju
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Pris S
Wah gitu ternyata
3 months ago
Balas
floating-icon