Kembali

Tentang Menstruasi

5 Cara Agar Kamu Tidak Bocor Saat Haid yang Bisa Kamu Coba

5 Cara Agar Kamu Tidak Bocor Saat Haid yang Bisa Kamu Coba


Salah satu hal yang bikin cewek resah ketika haid adalah takut bocor. Bocor ditandai dengan adanya noda darah pada pakaian yang kamu kenakan atau pada sprei. Nggak hanya bikin malu, kamu juga jadi terbebani karena harus membersihkan noda darah tersebut.

Tentunya kekhawatiran ini nggak bisa lepas dari pikiran para perempuan. Tapi tenang aja, bocor saat haid sebetulnya mudah banget buat dihindari. Berikut ini beberapa cara agar tidak bocor saat haid yang bisa kamu coba. Yuk, simak, apa saja!

Penyebab bocor ketika haid 

Biasanya, penyebab bocor yaitu darah haid yang sangat banyak dan kesalahan dalam menggunakan pembalut. Namun, selain kurangnya pemahaman mengenai cara memakai pembalut yang benar dan sehat, ada beberapa penyebab lain mengapa darah haid bisa bocor.

1. Darah haid terlalu banyak 

Beberapa perempuan mungkin mengeluarkan darah haid lebih banyak dari yang lain. Ada sejumlah hal yang bisa jadi penyebabnya, seperti hormon menstruasi yang nggak seimbang, polip, dan gangguan pembekuan darah.

Bocor bisa terjadi jika darah saat haid sangat banyak dan kamu jarang mengganti pembalut yang dipakai. Akibatnya, pembalut nggak bisa lagi menampung darah haid tersebut.

2. Kesalahan dalam penggunaan pembalut 

Pembalut harus dipakai dengan benar, contohnya tidak terlalu ke depan maupun ke belakang. Kalau kamu memakai pembalut dengan cara yang benar dan sehat, kemungkinan bocor akan semakin kecil.

Dengan penggunaan yang benar, darah yang keluar tidak akan mengalir ke bagian luar pembalut dan menghasilkan noda pada celana. Atau kamu juga bisa memilih pembalut dengan wing agar membantu pembalut kamu tidak mudah geser walaupun banyak bergerak. Tidak perlu khawatir bocor, kamu pun bisa beraktivitas atau tidur dengan nyaman tanpa gangguan.

3. Memakai jenis pembalut yang nggak sesuai 

Penyebab kebocoran lainnya yaitu pemakaian jenis pembalut yang nggak sesuai. Saat tidur, kamu nggak sadar kalau kamu melakukan banyak gerakan kecil yang bisa membuat posisi pembalutmu bergeser.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk menggunakan pembalut khusus malam ketika tidur. Pembalut malam punya ukuran yang lebih panjang dan lapisan proteksi ekstra. Atau untuk menambah proteksi ekstra ketika mens sedang deras, kamu dapat menggunakan Charm Sleep Protect+ Panties, yaitu celana + pembalut jadi satu. Tidur tidak akan terganggu karena takut bocor.

Cara agar kamu tidak bocor saat haid 

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk terhindar dari berbagai penyebab bocor saat haid seperti yang sudah disebutkan di atas. Lantas, apa aja caranya? Yuk, simak!

1. Perhatikan jadwal menstruasi 

Bocor di hari pertama haid memang cukup sering terjadi karena darah akan mengalir tanpa kita sadari. Dengan memahami dan memperhatikan jadwal menstruasi, kamu akan lebih siap menghadapi hari pertama siklus haid. 

2. Ganti pembalut sebelum tidur 

Sebelum tidur malam, kamu dianjurkan untuk mengganti pembalut. Ketika malam kamu bisa memilih pembalut Charm Sleep Night yang memiliki ukuran panjang ditambah daya serap tinggi untuk melindungi bocor selama tidur. Hal ini bertujuan supaya nggak ada darah yang tertampung di pembalutmu. Dengan begitu, kamu bisa tidur dengan tenang tanpa cemas soal kebocoran.

3. Jangan terlalu banyak bergerak 

Terlalu banyak bergerak saat haid akan membuat aliran darahmu jadi semakin deras. Hal ini bisa membuat kamu lebih berisiko mengalami kebocoran di malam hari, terlebih lagi jika pemakaian pembalutmu kurang tepat.

4. Memakai celana dalam dua lapis

Masih ada kemungkinan kamu mengalami kebocoran saat haid meski sudah memakai pembalut dengan benar. Cara lainnya yaitu memakai celana dalam sebanyak dua lapis agar darah haid tidak bocor ke pakaian meski kamu banyak bergerak.

5. Gunakan pembalut ukuran pembalut yang lebih panjang 

Jika kamu merasa memiliki aktivitas yang padat dan membutuhkan pembalut panjang di siklus awal menstruasi, kamu bisa memilih pembalut dengan ukuran yang lebih panjang dari biasanya. Pada siang hari kamu bisa memilih Charm Extra Maxi Wings 23 cm yang dibuat untuk menemani aktivitasmu yang padat.

Atau kamu bisa memilih Pembalut Charm Night sebagai teman tidurmu selama menstruasi. Haid bocor di malam hari yang jadi mimpi buruk banyak perempuan sudah tidak ada lagi. 

Sekarang nggak perlu khawatir lagi, sebab beberapa tips di atas bisa membantu kamu supaya terhindar dari kebocoran selama haid. Jalani aktivitas dengan aman tanpa worry bocor!

Baca Juga Disini :

5 Rekomendasi pembalut buatmu saat masa menstruasi

Membeli Pembalut di Masa Menstruasi Cek 5 Hal ini 

Hormon Saat Menstruasi Buat Malas Ganti Pembalut 

cara agar tidak bocor saat haid
cara agar tidak bocor saat haid di sekolah
cara agar haid tidak bocor saat tidur
bagaimana cara agar tidak bocor saat haid
Komentar (52)
A

Avatar Profile Image
Jainah
Okey Cha 👌🏻😁, Makasih tips nya
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Sip👍🏻😄
3 months ago
Avatar Profile Image
Regita Sari
Oke mksii
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
4 months ago
Balas
floating-icon