Kembali

Tentang Menstruasi

Hormon Saat Menstruasi Buat Malas Ganti Pembalut?
Hormon Saat Menstruasi Buat Malas Ganti Pembalut?


Menstruasi atau haid udah jadi hal biasa setiap bulan untuk para perempuan. Hormon saat menstruasi pun berubah dan mengakibatkan perubahan mood, seperti sakit perut, nafsu makan bertambah, emosi meningkat, bahkan rasa malas yang melandai.

Kadang rasa malas karena hormon saat menstruasi itu muncul untuk tidak mengganti pembalut. Kamu harus berhati-hati karena rupanya hal ini sangat berbahaya, lho Charm Girls! Kira-kira kenapa ya, Charm Girls?

Baca Juga: 5 efek hormon saat menstruasi yang normal terjadi!

Lawan rasa malas karena hormon dengan rajin ganti pembalut saat menstruasi!

Perubahan hormon saat menstruasi memang hal yang normal dan pasti terjadi pada kamu nih. Dua hormon yang ada pada perempuan, yaitu hormon estrogen dan progesteron, adalah alasan utama kenapa suasana hati kamu bisa berubah saat sedang di masa menstruasi.

Rasa malas yang timbul memang adalah hal yang wajar, tetapi penting sekali buat kalian memperhatikan kesehatan dan kebersihan saat menstruasi, khususnya kebersihan dalam mengganti pembalut. Soalnya, pembalut yang tak kunjung diganti dapat menimbulkan bau dan infeksi bakteri dari darah haid.

Selain itu, kalau aliran darah kamu sangat banyak sementara pembalut sudah nggak mampu menampungnya, hal ini akan mengakibatkan kebocoran. Duhhh, pastinya Charm Girls gak mau kan hal itu terjadi?

Sebaiknya berapa kali ya ganti pembalut dalam sehari?

Setiap orang tentunya punya aliran darah yang berbeda-beda setiap kali menstruasi. Makanya penting banget mengenali seberapa deras aliran darah kamu.

Umumnya darah yang dikeluarkan saat menstruasi sekitar 80 cc perhari dan dalam satu pembalut yang digunakan biasanya hanya bisa menampung 15-20 cc darah.

Karena itulah, waktu yang disarankan untuk mengganti pembalut adalah setiap 3-4 jam pemakaian. Artinya, dalam sehari sebaiknya pembalut diganti sebanyak 4-6 kali. Namun kalau darah menstruasi kamu sangat deras, disarankan untuk mengganti tiap 3 jam sekali ya.  Hindari kebiasaan jarang menggantinya saat menstruasi karena berbahaya bagi kesehatan reproduksi.

Hormon Saat Menstruasi Buat Malas Ganti Pembalut?
Walau ada perubahan hormon saat menstruasi, tetap ketahui berapa kali ganti pembalut ya!

Apa yang terjadi kalau pembalut jarang diganti saat menstruasi?

Ada banyak banget bahaya yang dapat muncul kalau kamu jarang mengganti pembalut. Yuk, kita lihat satu per satu!

1.       Iritasi

Area sekitar miss V memiliki sifat asam dengan kadar 4-4,5 pH. Sedangkan, saat menstruasi, darah mens yang keluar mengandung 7,3-7,5 pH. Tingginya kadar pH tersebut bisa merusak kulit kita yang menyebabkan akan mudah iritasi seperti terasa gatal, perih, luka merah hingga bau tidak sedap.

2.      Herpes

Pembalut yang telat diganti akan terasa lebih lembab, gatal berlebihan hingga berujung keputihan. Gak cuma itu, bisa juga jadi sarang bakteri lho. Salah satunya penyakit herpes yang paling cepat menyebar dan menyerang tubuh kita.

3.      Bau Tidak Sedap

Charm Girls pasti udah tau kan setiap Miss V pasti punya bau khas yang unik. Tapi, kalau daerah kewanitaan tersebut berbau tidak sedap sampai menusuk hidung, mungkin itu bisa jadi salah satu pertanda bahwa kamu sering malas ganti pembalut saat menstruasi. 

Darah dan bakteri yang menumpuk dan dibiarkan bercampur terlalu lama bisa mengubah bau Miss V menjadi anyir dan kurang sedap.

Hormon Saat Menstruasi Buat Malas Ganti Pembalut?
Bau tidak sedap karena malas mengganti pembalut

4.     Jamur

Selain penyakit di atas, jarang ganti pembalut juga bisa menyebabkan timbulnya jamur pada area kewanitaan. Jamur ini menyebabkan keputihan disertai rasa gatal yang sangat mengganggu. Bahkan bisa menyebabkan iritasi atau infeksi serius lainnya lho Charm Girls.

Charm Girls gak mau kan hal itu terjadi sama kamu? Nah, makanya kalau sedang menstruasi jangan lupa ya untuk rajin ganti pembalut supaya terhindar dari segala resiko buruk yang akan terjadi ya.

Gak cuma rajin aja, kalian juga harus memperhatikan kebersihan miss V. Eits, tapi jangan sembarangan dalam membersihkannya ya. Cukup dibersihkan dengan polos yang tidak mengandung anti-bakteri dan air saat mandi, buang air ataupun setelah selesai mengganti pembalut.

Penting banget kamu tau, kalau miss V sebenernya bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cairan alami yang dihasilkannya Charm Girls. Jadi, nggak perlu lagi pakai sabun antiseptik ya.

Yuk, mari jaga agar kebersihan area miss V kamu tetap kering selama menstruasi dengan ganti pembalut secara teratur.

Stay safe, keep healthy Charm Girls!

menstruasi
hormon menstruasi
hormon haid
berapa kali harus ganti pembalut
ganti pembalut
Komentar (0)
A