Kembali

Girl's Life

TBL Telat Haid 1 Bulan Loh!

TBL Telat Haid 1 Bulan Loh!


Kamu pasti bakal deg-degan banget kalau mengalami telat haid. Apalagi, kalau sampai telat haid 1 bulan. Kira-kira, kenapa ya kita bisa mengalami telat haid? Apakah ada hubungannya dengan siklus haid?

Siklus haid adalah sebuah rangkaian perubahan yang dialami pada tubuh wanita setiap bulannya sebagai persiapan untuk kemungkinan terjadinya kehamilan. Setiap bulan, salah satu ovarium akan melepaskan sel telur. Nah, proses ini disebut sebagai ovulasi. Pada saat yang sama, perubahan hormonal berfungsi mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, lapisan rahim kemudian akan dikeluarkan vagina dan proses inilah yang disebut sebagai menstruasi.

Siklus menstruasi pada tiap wanita umumnya berbeda-beda. Namun, siklus yang normal adalah 21 sampai 35 hari, terhitung dari hari menstruasi terakhir.

Selama beberapa tahun pertama menstruasi dimulai, seorang wanita mungkin mengalami siklus menstruasi yang cukup panjang. Namun, siklus menstruasi ini cenderung memendek dan menjadi lebih teratur seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat

Lalu, apa sih penyebab haid bisa telat, terlebih telat haid 1 bulan? Simak yuk penjelasannya di bawah ini.

Penyebab bisa Telat Haid 1 Bulan

Ada banyak faktor yang bisa membuat kamu mengalami telat haid. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Stres memengaruhi telat haid 1 bulan

Saat stres, produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, akan terganggu. Hal inilah yang membuat siklus haid kamu telat 1 bulan.

2. Obesitas

Penambahan berat badan atau obesitas dapat memicu perubahan hormon pada wanita loh. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas, memiliki risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat.

3. Berat badan turun penyebab telat haid 1 bulan

Menstruasi terlambat kemungkinan bisa dialami oleh wanita dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan kamu terlalu rendah dari berat badan ideal, fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi pun akan terhenti.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat

5. Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi bisa terlambat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini akan meningkat pada masa menyusui, tetapi juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, hipotiroid, dan tumor kelenjar pituitari di otak.

6. Efek pil KB juga bisa menyebabkan telat haid 1 bulan

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang dapat mencegah pelepasan sel telur. Agar siklus menstruasi kamu kembali normal, diperlukan waktu hingga enam bulan setelah berhenti mengonsumsi pil KB.

7. PCOS (polysytic ovary syndrom)

PCOS adalah kondisi yang menyebabkan tubuh kamu memproduksi lebih banyak hormon androgen. Kondisi ini bisa membuat menstruasi tidak teratur atau bahkan menghentikannya.

8. Penyakit Kronis

Penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit celiac, dapat mempengaruhi siklus menstruasi kamu nih. Gula darah yang tidak stabil berkaitan erat dengan perubahan hormon. Oleh karena itu, diabetes yang tak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur, atau bahkan telat haid 1 bulan.

9. Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid yang bermasalah dapat dikenali dengan gejala berupa lelah, penurunan berat badan secara drastis, rambut rontok, dan sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

Baca Juga: 5 gangguan pada hormon menstruasi wajib kamu tahu

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir Charm Girls, karena gangguan pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan dan operasi.

10. Penyebab telat haid 1 bulan terakhir adalah menopause dini

Menopause dini terjadi ketika ovarium berhenti bekerja sebelum seorang wanita berusia 40 tahun. Menopause dini menyebabkan pelepasan sel telur berhenti, yang juga ditandai dengan gejala menstruasi terlambat, berkeringat saat malam, dan sulit tidur

Kemungkinan yang bisa terjadi jika sering telat haid 1 bulan

Menstruasi telat biasanya menjadi tanda awal kehamilan. Namun sayangnya, kondisi ini bukan hanya dialami oleh orang yang sedang hamil loh. Telat haid 1 bulan juga bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan yang perlu mendapatkan penanganan dokter.

Siklus menstruasi pada tiap wanita umumnya berbeda-beda. Namun, siklus yang normal adalah 21 sampai 35 hari, terhitung dari hari menstruasi terakhir. Nah, kamu bisa dikatakan mengalami menstruasi terlambat bila tidak haid selama 1 bulan atau lebih.

Meski kondisi ini umum terjadi, kamu dianjurkan untuk tetap waspada, karena ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan menstruasi jadi terlambat. Kamu pun tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan jika terus-terusan telat haid 1 bulan.

Untuk informasi lebih lengkapnya, jangan lupa bikin akun di charmgirlstalk.com ya!

charm
telat haid 1 bulan
telat haid
telat menstruasi
terlambat haid 1 bulan
terlambat haid
terlambat menstruasi
Komentar (0)
A