Kembali

Tentang Menstruasi

Kepanjangan PMS Apa Sih? Dan Apa Bedanya dengan Menstruasi?

Kepanjangan PMS Apa Sih? Dan Apa Bedanya dengan Menstruasi?


Pasti kamu sudah enggak asing dengan kata PMS kan? Kira-kira, tau enggak sih kepanjangan PMS, Charm Girls? PMS adalah gejala fisik dan emosional yang terjadi sebelum menstruasi nih. Sayangnya, masih banyak kelompok yang salah kaprah mengenai PMS dan menstruasi itu sendiri.

Hal itu terbukti karena masih banyak orang yang mengatakan dirinya sedang PMS, padahal sebenarnya dia sedang menstruasi. Maka dari itu, kamu harus mengetahui kepanjangan PMS dan perbedaan antara keduanya agar tidak salah kaprah lagi ya.

Kepanjangan PMS dan Apa Itu PMS?

Kepanjangan PMS adalah Premenstrual Syndrom. Lalu, apa sih PMS yang kadang suka dikeluhkan oleh kaum wanita ini?

Dari penjelasan kepanjangan PMS di atas, singkatnya, PMS merupakan kondisi kesehatan emosi, fisik, dan perilaku wanita selama beberapa hari sebelum terjadinya menstruasi atau haid nih. Misal tumbuhnya jerawat, badan suka pegal-pegal, hingga mood swing yang bisa menyerang kapan saja.

Meskipun begitu, banyak peneliti percaya bahwa kondisi PMS ini berhubungan erat dengan perubahan hormon seks dan kadar serotonin pada awal siklus menstruasi. Sementara, adanya peningkatan pada hormon estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi suasana hati, kecemasan, dan emosi kamu nih. Gejala PMS juga mempengaruhi lebih dari 90 persen wanita dimulai dari lima sampai sebelas hari sebelum menstruasi terjadi.

Nah itu dia kepanjangan PMS dan penjelasan lengkap tentang PMS. Lalu, bagaimana dengan menstruasi? Apakah ada perbedaannya antara PMS dengan menstruasi? 

Baca Juga: Ekspresi Saat PMS Nggak Baik Terus? Kenapa Ya?

Perbedaan PMS dan Menstruasi

Nah, seperti yang tadi sudah disinggung, bahwa banyak kelompok yang menggunakan istilah PMS saat menstruasi. Padahal, cukup dari kepanjangan PMS saja keduanya sudah terlihat bahwa 2 hal tersebut merupakan kondisi yang sangat berbeda loh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PMS adalah sekumpulan gejala sebelum seorang wanita mengalami menstruasi. Berbeda dengan menstruasi, karena PMS tidak memicu keluarnya darah dari vagina.

Meskipun begitu, gejala PMS dan menstruasi memang hampir mirip, sehingga terkadang membuat orang menyatukan kondisi ini. Namun ada perbedaan mencolok di antara keduanya loh.

1. Dari sisi PMS

Kondisi kumpulan gejala yang muncul menjelang terjadinya menstruasi atau PMS yang memiliki kepanjangan PMS, Premenstrual Syndrom. Contoh dari gejala PMS adalah perubahan suasana hati, ngidam makanan tertentu, hingga payudara yang terasa lebih lunak. Kondisi ini pun sebenarnya adalah hal yang normal terjadi. Tetapi tidak semua wanita yang mau menstruasi akan mengalami PMS nih. Nyatanya, sekitar tiga dari empat orang wanita yang haid akan mengalami PMS beberapa hari sebelumnya. 

Gejala-gejala yang muncul pada masa ini bisa reda dengan sendirinya. Namun, Charm Girls juga bisa melakukan beberapa langkah untuk meringankannya, seperti mengkonsumsi obat tertentu atau istirahat yang cukup.

Baca Juga: Memahami Masa Menstruasi Hingga Siklus Bulanan Yuk!

2. Bagaimana dengan sisi menstruasi?

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina akibat peluruhan dinding rahim karena sel telur yang diproduksi, dan tidak dibuahi oleh sperma. Nah setiap wanita usia subur, memiliki siklus menstruasinya masing-masing. 

Umumnya, sekitar dua minggu sebelum haid, sel telur akan dikeluarkan. Nah masa inilah yang disebut sebagai ovulasi. Tingkat kesuburan pada wanita mencapai puncaknya pada periode ini. Setiap sel telur berhasil diproduksi dan dilepaskan ke rahim, tubuh akan mempersiapkan diri untuk terjadinya kehamilan, salah satunya dengan mempertebal dinding rahim. 

Saat sel telur tersebut tidak dibuahi atau kehamilan tidak terjadi, maka lapisan dinding rahim yang sudah menebal tadi akan meluruh. Luruhan ini akan keluar sebagai darah yang dinamakan menstruasi.

Pada saat menstruasi sendiri, ada beberapa gejala yang bisa dialami. Di antaranya kram perut, nyeri, dan perubahan suasana hati atau mood. Tak jauh berbeda dari gejala PMS. Nah, bisa jadi karena hal inilah sekelompok orang sering menyalahartikan mengenai PMS dan menstruasi.

Meskipun begitu, dari penjelasan di atas, kini kamu sudah mengetahui kepanjangan PMS dan perbedaan keduanya. Walaupun gejalanya agak-agak mirip, namun keduanya memiliki kondisi yang berbeda ya.

Untuk informasi lebih lengkapnya, jangan lupa bikin akun di charmgirlstalk.com ya!

charm
Kepanjangan PMS
PMS
Perbedaan PMS dan Menstruasi
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Ooo gitu, makasih infonya
a day ago
Balas