Kembali

Tentang Menstruasi

3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat
3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat


Menstruasi terlambat dan lebih cepat adalah salah satu kondisi saat siklus datang bulan Charm Girls nggak sesuai dengan rentang normal di setiap bulannya.

Contohnya, bulan ini kamu mengalami menstruasi dalam rentang siklus 24 hari, namun di bulan berikutnya 42 hari. Nah, kondisi menstruasi terlambat yang dinamakan sebagai menstruasi yang tidak lancar.

Pasalnya, Charm Girls bisa dikatakan mengalami menstruasi normal jika siklusnya berlangsung secara konsisten di setiap periodenya. Misalkan, bulan ini mendapatkan menstruasi dalam rentang siklus 25 hari, di bulan berikutnya pun seperti itu, dan seterusnya. Jika terlambat atau lebih cepat, maka bisa disebut sebagai kondisi menstruasi tidak lancar.

3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat
Penyebab Telat Haid

Baca Juga: 5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!

Seberapa Umumkah Kondisi Menstruasi Terlambat atau Lebih Cepat yang Dialami?

Sebenarnya, kondisi ini sangat umum terjadi loh di kalangan wanita. Charm Girls mungkin menjadi salah satu yang juga pernah mengalami kondisi menstruasi tidak lancar, baik menstruasi terlambat maupun lebih cepat.

Dilansir dari laman Kids Health, kondisi tidak lancarnya datang bulan ini biasanya sering dialami oleh Charm Girls yang baru saja mengalami menstruasi. Tak hanya itu, kondisi ini nyatanya juga bisa dialami oleh kamu yang sudah memasuki masa menopause.

Namun, kamu bisa loh memperkecil resiko mengalami haid tidak lancar dengan mengurangi berbagai pemicu dari penyebab kondisi tersebut.

Beberapa Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat atau Lebih Cepat

Dilansir dari laman NHS, sebenarnya ada beberapa jawaban menstruasi tidak lancar, baik terlambat atau lebih cepat karena apa. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Masa pubertas

Ketika kamu memasuki usia 10-14 tahun, kamu akan mengalami yang namanya masa pubertas. Pada masa ini, Charm Girls biasanya mengalami perubahan hormon. Akibatnya, menstruasi kamu pun menjadi tidak lancar di beberapa periode datang bulan pertama.

2. Menjelang menopause

Tidak hanya pada masa pubertas, kondisi menstruasi tidak lancar bisa terjadi ketika menjelang menopause loh. Hal ini terjadi karena hormon kamu mengalami penurunan pada masa tersebut.

Akibatnya, kelancaran menstruasi kamu pun menjadi terganggu.

3. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Beberapa alat kontrasepsi hormonal seperti pil KB dan lain-lain, nyatanya juga bisa membuat menstruasi Charm Girls tidak lancar loh. Hal ini dikarenakan adanya hormon untuk mencegah terjadinya pembuahan di tubuh kamu.

4. Kenaikan/penurunan berat badan yang drastis

Siapa yang menyangka, jika perubahan kenaikan atau penurunan berat badan drastis bisa mempengaruhi siklus menstruasi seseorang? Yups, nyatanya hal itu ada kaitannya loh.

Ada beberapa hormon yang terpengaruh ketika kamu mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan. Sehingga, jadwal menstruasi kamu pun bisa tidak teratur.

3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat
Perhatikan Berat Badan Jika Terlambat Menstruasi

5. Stres 

Charm Girls juga bisa mengalami kondisi menstruasi tidak lancar, jika mengalami stres parah loh. Pasalnya, stres bisa mengganggu hormon yang ada di tubuh kamu, terutama yang berperan dalam mengatur menstruasi.

Akibatnya, siklus menstruasi kamu pun bisa terganggu akan hal ini.

Meskipun begitu, kamu bisa kok mengatasi penyebab umum kondisi haid terlambat atau lebih cepat di atas dengan mudah.

Baca Juga: Ini 5 minuman untuk lancarkan menstruasi terlambat

Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat

Yups, nyatanya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab umum kondisi haid yang tidak lancar. Dilansir dari laman Health Line, berikut cara mengatasi menstruasi tidak lancar:

1. Rutin olahraga

Melakukan olahraga secara teratur memang terbukti dapat mengatasi beberapa gejala kesehatan di dalam tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mengatasi menstruasi tidak lancar.

Kamu nggak perlu melakukan olahraga berat kok. Cukup jogging di sekitaran rumah selama 30 menit sehari atau melakukan senam, bisa membantu kamu mengatasi tidak lancarnya datang bulan.

2. Menjaga berat badan

Kita mengetahui kalau penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Maka dari itu, perlu banget nih buat Charm Girls untuk menjaga berat badan.

Kamu bisa mengatur jadwal makan yang ideal serta makanan dan minuman apa saja yang dapat membuat dirimu menjaga berat badan.

3. Yoga

Sebuah penelitian di tahun 2013 mengenai efektif atau tidaknya gerakan yoga sebagai pengobatan untuk masalah menstruasi pernah dilakukan.

Hasilnya, 126 peserta yang melakukan yoga secara rutin dengan durasi 35-40 menit selama 5 hari per minggu, mampu menyeimbangkan hormon mereka sehingga mencegah siklus menstruasi berantakan loh. Efektif banget ya?

3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat
Cara Memperlancar Haid yang Telat

Itulah kondisi, penyebab hingga cara untuk mengatasi menstruasi terlambat atau lebih cepat yang harus kamu ketahui. Tetapi, jika Charm Girls memiliki pertanyaan seputar menstruasi tidak teratur, dirimu bisa konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik ya.

menstruasi
menstruasi terlambat
cara mengatasi menstruasi terlambat
haid
haid terlambat
cara mengatasi haid terlambat
Komentar (0)
A