Kembali

Tentang Menstruasi

Kenali 5 Indikator Masa Subur Wanita, Yuk!

Kenali 5 Indikator Masa Subur Wanita, Yuk!


Masa subur wanita memang sering menjadi pembahasan sebagian orang, khususnya bagi yang sudah menikah. Namun sebenarnya, bagaimana sih indikator masa subur wanita itu?

Wanita memang memiliki siklus menstruasi, yang pada hari-hari tertentu berada dalam kondisi suburnya. Nah, pada kondisi inilah, alat reproduksi kamu sedang berjalan sangat baik, sehingga bisa meningkatkan kesempatanmu untuk hamil.

Sayangnya, agak susah-susah gampang untuk mengetahui masa subur seseorang loh. Pasalnya, masa subur seorang wanita itu tidak sama dengan yang lain, alias berbeda-beda. Meskipun begitu, kamu bisa mengetahui masa subur-mu sendiri dengan mengenali indikatornya loh.

Kenapa harus mengetahui masa subur wanita?

Pertanyaan itu mungkin sempat terbesit di pikiran kamu, apalagi jika dirimu sendiri belum menikah. Padahal, pengetahuan mengenai masa subur kamu sendiri sangat penting loh.

Masa subur wanita biasanya terjadi dua sampai lima hari sebelum ovulasi. Nah, ovulasi sendiri merupakan sebuah kondisi di mana sel telur dilepaskan dari ovarium dan harus segera dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam. Pertemuan antara sel telur dan sperma di waktu yang tepat dapat berpeluang besar untuk menghasilkan embrio (janin).

Meskipun begitu, masa ovulasi setiap wanita bisa berbeda-beda, tergantung siklus menstruasi yang terjadi pada setiap bulannya. Misalnya, dalam siklus menstruasi yang rata-rata 28 hari, ovulasi biasanya terjadi pada hari ke-12 hingga ke-14 setelah haid pertama. Tak hanya itu, kondisi ovulasi juga bisa berbeda tanggal, jika lama masa menstruasi kamu pun berubah.

Meskipun begitu, kamu bisa mengenali masa subur wanita setelah menstruasi dengan melihat indikator-indikatornya loh.

Baca Juga: Masa Menstruasi Setelah Melahirkan Apakah Berbeda dengan Rejama?

Indikator masa subur wanita

Dengan indikator-indikator di bawah ini, setidaknya kamu mempunyai gambaran mengenai kondisi di mana masa subur-mu itu telah datang. Penasaran bukan? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir dari laman DPPK BPMD Kabupaten Bantul.

1. Merasakan nyeri di sekitar perut atau punggung merupakan indikator masa subur wanita

Pada masa ovulasi atau di sekitar pertengahan siklus menstruasi, sebagian Charm Girls mungkin akan merasakan nyeri ringan di area sekitar perut bagian bawah atau punggung. Nyatanya, rasa nyeri tersebut bisa menjadi indikator kalau kamu sedang berada dalam masa subur loh.

2. Meningkatnya suhu tubuh saat bangun di pagi hari

Suhu tubuh normal saat bangun di pagi hari adalah 35,5 sampai 36,6 derajat Celsius. Namun, jika kamu mendapati suhu tubuhmu lebih dari normal ketika bangun di pagi hari, bisa menjadi sebuah tanda kalau dirimu sedang mengalami ovulasi. Kamu pun bisa menggunakan termometer untuk mengetahui suhu badan-mu ketika bangun di pagi hari.

3. Adanya perubahan lendir dari mulut rahim sebagai masa subur wanita

Hormon memang bisa mempengaruhi lendir yang keluar dari mulut rahim (lendir serviks). Meskipun begitu, tepat sebelum dan selama ovulasi, kamu pun akan merasakan perubahan jumlah, warna, dan tekstur lendir itu sendiri.

Pasalnya, beberapa sebelum ovulasi, lendir biasanya memiliki keperawakan lengket, keruh, dan juga keputihan. Namun, tepat sebelum ovulasi, lendir akan berubah menjadi licin seperti putih telur. Tahap ini pun biasanya akan berlangsung selama tiga sampai empat hari, dan pada momen inilah kamu kemungkinan sedang berada di masa subur-mu.

4. Indikator masa subur wanita terakhir adalah perasaan lebih bergairah

Tepat sebelum ovulasi, sebagian Charm Girls mungkin pernah merasakan kalau dirinya lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih bersosialisasi. Pada masa ini, wanita juga biasanya akan terlihat lebih seksi daripada biasanya.

Sehingga, tak dapat dipungkiri kalau perasaan tersebut bisa menjadi salah satu indikator mengenai masa subur wanita.

Baca Juga: 3 Cara Gaya Hidup Perempuan Biar Kesehatan Makin Terjaga!

Itulah beberapa indikator yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengetahui masa subur-mu sendiri ya. Namun, jika kamu ingin mengetahuinya secara tepat, dirimu bisa menggunakan bantuan alat tes masa subur wanita yang bisa mendeteksi lonjakan hormon wanita saat berada di kondisi ini ya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini.

charm
masa subur wanita
indikator masa subur wanita
indikator masa subur wanita seperti apa
kenapa harus mengetahui masa subur wanita
Komentar (2)
A

Nu
Nuryahayu
Bener2 ngebantu dan ngasih wawasan lebih luas tentang kewanitaan🥰
a month ago
Balas
An
Anonymous
Makasih udah dikasih tau. Setelah baca artikel ini aku jadi tau indikator masa subur wanita.
a day ago
Balas