Kembali

Girl's Life

Gangguan Mental Pengaruhi Masa Menstruasi? Ini Alasannya!

Gangguan Mental Pengaruhi Masa Menstruasi? Ini Alasannya!


Charm Girls, hormon memang dapat mempengaruhi emosi hingga siklus masa menstruasi wanita. Tetapi, wanita dengan kondisi kesehatan jiwa tertentu, mungkin memiliki gejala lain yang berkaitan dengan siklus menstruasi loh.

Gangguan Mental Pengaruhi Masa Menstruasi? Ini Alasannya!
Perubahan emosi saat menstruasi

Misalnya nih, menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI), wanita yang memiliki gangguan kecemasan dilaporkan memiliki siklus yang enggak teratur. Kondisi kesehatan jiwa ini bahkan diketahui dapat menyebabkan masalah atau malah memperburuk menstruasi.

Pada zaman sekarang nih, sudah saatnya kita para Charm Girls untuk mengetahui dan memperhatikan lebih mendalam tentang kesehatan mental. Termasuk adanya gangguan mental pada wanita.

Nah, gangguan mental itu sendiri banyak jenisnya loh. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa, gangguan mental itu terdiri dari berbagai masalah dan dengan gejala yang berbeda-beda.

Namun, pada umumnya gangguan mental dicirikan oleh beberapa kombinasi, seperti pemikiran abnormal, emosi, perilaku, dan hubungan dengan orang lain.

Baca Juga: Perubahan emosi menjelas masa menstruasi, Fakta atau mitos?

Untuk lebih jelasnya lagi yuk simak lebih lanjut tentang gangguan mental pada wanita berikut ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Gangguan Mental pada Remaja yang Bisa Ganggu Masa Menstruasi! 

1. PMS (Premenstrual syndrome)

Nah sebagian besar wanita itu memiliki beberapa gejala PMS dalam satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Gejala pada PMS dapat menyebabkan kembung, sakit kepala, dan suasana hati yang buruk.

Lalu pada wanita yang menderita gangguan depresi atau kecemasan, gejala PMS akan terasa lebih buruk. Banyak wanita yang melakukan pengobatan untuk PMS, diketahui mengalami depresi atau kecemasan.

2. Gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD)

PMDD ialah kondisi yang sama dengan PMS. Namun gejalanya lebih parah, seperti depresi berat, mudah marah, dan tegang.

Gejala PMDD bisa sangat sulit untuk dikelola sehingga kehidupan sehari-hari kamu bisa terganggu. PMDD ini lebih sering terjadi pada wanita dengan kecemasan atau depresi.

3. Menstruasi tidak teratur

Studi menunjukkan bahwa wanita dengan gangguan kecemasan atau gangguan penggunaan narkoba, lebih cenderung memiliki siklus menstruasi yang pendek (lebih pendek dari 24 hari).

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga punya kaitan dengan adanya gangguan makan dan depresi. Selain itu, wanita dengan gangguan bipolar juga dua kali lebih mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur nih Charm girls.

Baca juga: Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi

Cara menjaga kesehatan jiwa & raga saat menstruasi

Ada banyak gejala fisik dan emosional umum yang menyertai perubahan hormon sepanjang siklus menstruasi kamu. Beberapa di antaranya mungkin bisa berdampak langsung pada kesehatan mental kamu nih Charm Girls.

Lalu bagaimana sih cara menjaga kesehatan jiwa dan raga saat menstruasi? Berikut beberapa tipsnya, seperti yang dilansir dari situs Divacup.

1. Perbanyak Istirahat

Gangguan Mental Pengaruhi Masa Menstruasi? Ini Alasannya!
Banyak istirahat saat menstruasi

Kurang tidur itu dapat berdampak negatif pada kesehatan mental kamu Charm Girls. Apalagi saat menstruasi terjadi. Pasalnya, kadar hormon kamu turun selama periode menstruasi, yang menyebabkan kamu lebih mudah lelah. Kekurangan zat besi juga dapat mempengaruhi tingkat energi kamu nih, makanya penting untuk banyak istirahat.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas olahraga yang teratur juga penting untuk kesehatan fisik dan mental kamu loh. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengatur kadar hormon di tubuh kamu. Yang kamu butuhkan untuk merasakan manfaatnya adalah berolahraga seminggu tiga kali selama satu jam.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Penting mendapatkan banyak protein, lemak baik, dan karbohidrat kompleks saat sedang menstruasi, untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Jika kamu mengalami kram yang parah, coba untuk menghindari makanan olahan manis dan mentah.

Selain itu, karena tubuh kekurangan zat besi selama proses menstruasi, pastikan untuk banyak makan makanan kaya zat besi seperti kacang lentil, biji-bijian, daging merah dan sayuran berdaun hijau gelap.

4. Tubuh Tetap Terhidrasi

Gangguan Mental Pengaruhi Masa Menstruasi? Ini Alasannya!
Tubuh terhidrasi saat menstruasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa tetap terhidrasi dapat membantu kesehatan mental kamu nih. Perlu diingat, rata-rata, orang kehilangan sekitar 1-2 ons darah selama periode menstruasi, dan berkontribusi kehilangan cairan tambahan. Makanya, penting untuk minum banyak air demi menggantikan kehilangan cairan di tubuh.

5. Memanjakan Diri Sendiri

Setiap orang harus memanjakan diri, terutama saat PMS dan haid. Pada saat menstruasi, penting bagi kamu untuk memanjakan diri sendiri.

Kamu bisa melakukan hal-hal seperti pergi ke spa untuk merilekskan badan, mandi santai, menggunakan aromaterapi, atau mendengarkan playlist bahagia apa pun yang akan membuatmu merasa lebih santai dan senang.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu ikuti untuk menjaga kesehatan mental kamu pada saat menstruasi ya. Jika dirimu masih kesulitan menghadapi gangguan mental kamu saat menstruasi, tidak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter ya.

charm
pembalut charm
masa menstruasi
masa menstruasi adalah
gangguan mental pada remaja
kesehatan jiwa adalah
cara menjaga kesehatan jiwa
Komentar (7)
A

HS
Hayfa Syahla W.
sangat informatif kak, makasih
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls! :)
6 months ago
IM
Insyirah Meizaluna A. P.
thanks ilmunya kak
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls :) semoga bermanfaat!
6 months ago
ik
ikha
sangat menginspirasi nih, btw makasih
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Waaaa terimakasih banyak Charm Girls :) yuk cek informasi lainnya di charmgirlstalk.com
6 months ago
floating-icon