Kembali

Girl's Life

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid. Apa Saja ya?

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid. Apa Saja ya?


Mungkin banyak Charm Girls yang penasaran, apakah sedang haid boleh berolahraga? Katanya sih, olahraga saat haid bisa membantu mengurangi gejala sakit perut, kembung, badan lemas, hingga sakit kepala.

Tapi, katanya ada beberapa olahraga yang dihindari saat sedang menstruasi karena justru bisa memperburuk keluhan selama menstruasi. Wah, apa aja tuh?

1.Latihan kardiovaskular intensitas tinggi

Latihan kardiovaskular adalah jenis olahraga yang bisa bermanfaat untuk jantung. Misalnya, lari, bersepeda, aerobik, atau muay thai. 

Selama menstruasi, hormon progesteron dan estrogen kamu berada pada titik terendah. Makanya kamu jadi merasa lemas dan mudah lelah. Justru kalau Charm Girls memaksakan diri, kondisi tubuh bakal jadi lebih parah. 

 

2.Pose yoga terbalik

Selain itu, hindari juga pose yoga terbalik, Charm Girls. Pose terbalik pada yoga memaksa kamu meletakkan kaki di atas. Posisi tersebut justru bisa memicu penyumbatan pembuluh darah di rahim. Hasilnya, aliran haid jadi berlebihan, deh.

3.Angkat beban

Buat Charm Girls yang suka nge-gym, sebaiknya hindari dulu angkat beban, deh. Soalnya, angkat beban saat haid justru bisa memicu penyumbatan pada pembuluh darah di perut dan malah bikin kram tambah parah!

4.Berenang

Charm Girls mungkin sering mendengar berenang jadi salah satu olahraga yang dilarang saat haid. Padahal sebenarnya kamu masih boleh berenang, kok. Asalkan aliran darah haid sudah tidak deras, ya.

Masalahnya, kalau kamu masih mengalami gejala kram perut, nih. Soalnya, kalau kram sampai kambuh ketika kamu lagi di dalam air, wah itu bahaya banget. Kram bisa terasa jauh lebih sakit, kamu pun gak tahan, panik, dan menyebabkan sesak napas yang meningkatkan risiko tenggelam.

5.Gerakan tertentu

Biasanya ketika haid, Charm Girls bakal merasakan yang namanya nyeri di bagian panggul dan perut bawah. Nah, gerakan tertentu seperti squat, justru bisa memperburuk rasa nyeri di bagian itu, kan? Makanya, hindari dulu melakukan gerakan tersebut.

Gerakan lainnya bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh kamu, ya. Jangan lakukan gerakan workout yang dirasa malah bakal bikin kondisi badan Charm Grisl terasa lebih sakit. 

Mau olahraga saat haid? Bisa, dong!

Memang banyak olahraga yang tidak boleh saat haid. Tapi masih banyak juga kok, olahraga yang relatif aman dilakukan selama menstruasi. Haid bukan berarti Charm Girls hanya bisa rebahan aja.

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, workout saat haid sebenarnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengurangi rasa sakit pada tubuh sebagai gejala menstruasi. Tak hanya gejala fisik, tapi juga bisa memperbaiki suasana hati dan mood swing yang kamu rasakan, lho.

Olahraga yang kamu lakukan gak perlu terlalu berat atau dilakukan dalam waktu yang lama dan intensitas tinggi. Misalnya beberapa pilihan di bawah ini. Sebagian bahkan termasuk olahraga di rumah, lho.

1.Senam ringan

Gerakan aerobik yang tidak terlalu berat atau rumit sangat bisa membantu sirkulasi darah kamu, lho. Bisa banget dicoba untuk mengatasi badan pegal saat haid. Jadi lebih semangat!

Kamu bahkan gak perlu keluar-keluar rumah. Kamu bisa senam ringan di kamar aja, bermodalkan video tutorial di YouTube. Praktis!

2.Yoga dan pilates

Ingat ya, sebaiknya hindari gerakan yoga yang memaksa kamu berposisi terbalik seperti sikap lilin, handstand, shoulder stand, dan gerakan lainnya yang membuat posisi kaki berada di atas.

Cukup lakukan yoga dan pilates yang ringan hanya untuk sekadar meregangkan otot agar lebih rileks aja.

3.Kardio yang ringan

Latihan kardiovaskular dalam intensitas tinggi memang sebaiknya dihindari. Tapi kalau masih dilakukan secara ringan dan dalam batasan tertentu, justru bagus untuk tubuh, lho.

Charm Girls misalnya bisa coba bersepeda. Gerakan otot tungkai kaki ketika bersepeda bisa membantu mengurangi rasa kram di perut dan nyeri punggung. 

Selain bersepeda, kamu juga bisa coba berjalan kaki. Olahraga ini sangat ringan tapi tetap bermanfaat menjaga kesehatan fisik. Tak itu saja, jalan kaki juga bisa mengurangi mood swing, lho.

4.Push-up dan sit-up

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah boleh sit-up saat haid? Boleh aja, kok. Justru olahraga perut seperti sit-up selama menstruasi adalah cara yang bagus untuk melonggarkan otot-otot perut dan mengurangi rasa sakit. 

Selain sit-up, coba push-up juga, deh. Gerakannya mudah dan simpel, bisa dilakukan di ruangan kecil seperti di kamar.

5.Gerakan duduk dan berdiri

Alternatif lain, kamu juga bisa melakukan gerakan duduk dan berdiri hanya menggunakan kursi. Cukup duduk selama 3 detik, lalu berdiri. Ulangi gerakan itu beberapa kali untuk meregangkan otot kaki dan melatih pernapasan. 

Tetap nyaman olahraga saat haid

Sudah tahu kan, apa saja olahraga yang tidak boleh dilakukan saat haid dan apa saja yang boleh? Olahraga saat mesntruasi sangat boleh tetapi tetap perhatikan kondisi tubuh ya. Agar tetap nyaman berolahraga selama menstruasi, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan, nih.

  1. Awali dengan peregangan agar tidak tegang, meningkatkan aliran darah, dan tentunya tidak cedera.
  2. Jangan lupa minum agar tidak dehidrasi. Kalau kurang minum, gejala menstruasi kamu malah bisa tambah parah, lho.
  3. Minum obat pereda nyeri juga gapapa. Misalnya, ibuprofen atau parasetamol.
  4. Jangan terlalu lama workout saat haid. Kurangi durasi olahraga dari baisanya untuk menghindari kelelahan dan dehidrasi.
  5. Gunakan pembalut dengan daya serap ekstra agar gak bocor ketika lagi asyik berolahraga.

Eh, sekarang gak perlu bingung cari pembalut anti bocor yang gak hanya nyaman dipakai ketika berolahraga, gak berkerut, dan gak terlalu tebal. Ada Charm Extra Maxi Wing yang siap melindungi kamu selama menstruasi.

Saat berolahraga, Charm Girls mungkin merasa tidak nyaman kalau pakai pembalut yang terlalu tebal. Apalagi kalau lagi pakai baju olahraga yang agak ketat. Duh, risih kalau kelihatan orang!

Tenang aja, Charm Extra Maxi Wing adalah pembalut paling tipis dari Charm. Ketebalannya cuma 0,1 cm! Beneran berasa kayak gak pakai apa pun!

Permukaannya juga lembut banget, bikin kamu bebas bergerak dan beraktivitas. Gak perlu takut iritasi karena gesekan saat olahraga. Bantalannya yang fleksibel juga pas di tubuh kamu. Gak perlu khawatir nyelip karena pembalut ini bakal kembali ke bentuk semula!

Dengan pori serap extra yang bakal menyerap cairan kering seketika. Gak usah khawatir bocor walaupun haid lagi banyak-banyaknya. Udah gak zaman lagi, olahraga tapi takut bocor. Pakai Charm Extra Maxi Wing aja!

Baca Juga Disini:

Bikin Panik Kaya PPN Naik Bibir Kemaluan Bentol dan Gatal

Begini Cara Mengobati Miss V yang Lecet dan Perih

Inilah Gerakan Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V

olahraga yang dilarang saat haid
apakah sedang haid boleh berolahraga
workout saat haid
Komentar (215)
A

An
Anonymous
Info yg bermanfaat
3 months ago
Balas
DD
Dwi Dian Widyastutik
Mkah informasi nya
3 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
3 months ago
Balas
floating-icon