Kembali

Girl's Life

Inilah Gerakan Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V

Inilah Gerakan Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V


Banyak perempuan melakukan berbagai cara untuk merapatkan dan mengencangkan otot miss v, salah satunya lewat olahraga sederhana seperti senam Kegel. Yup, kamu nggak salah dengar; ada gerakan olahraga yang dipercaya bisa bikin miss v jadi lebih kencang.

Beda dari senam yang selama ini kita kenal, senam Kegel cuma melibatkan otot dasar panggul, termasuk otot yang ada di sekitar miss v. Penasaran, gimana senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v? Simak lebih lanjut di sini, yuk!

Manfaat senam Kegel

Senam Kegel, atau latihan Kegel, adalah gerakan yang bertujuan buat menguatkan otot dasar panggul. Makanya, senam Kegel juga sering disebut sebagai senam dasar panggul atau latihan dasar panggul.

Beda sama senam aerobik yang melatih keseluruhan tubuh, manfaat senam Kegel lebih terasa pada otot perut bagian bawah, kandung kemih, dan miss v. Senam ini menjaga otot-otot tersebut tetap fit sehingga rahim, kandung kemih, serta perut bagian bawah nggak merosot ke arah vagina.

Fungsi utama senam Kegel adalah mencegah keluarnya urine atau feses yang nggak disengaja. Ini biasanya dialami sama orang-orang yang bermasalah dalam menahan buang air kecil atau buang air besar.

Nggak cuma itu, senam Kegel sederhana kabarnya juga ampuh untuk merapatkan miss v dan membantu orang-orang yang sulit orgasme saat berhubungan seksual. Jadi, di balik gerakannya yang sederhana, senam Kegel punya banyak banget keunggulan.

Senam Kegel sederhana untuk merapatkan miss v

Melakukan senam Kegel untuk merapatkan miss v sebetulnya susah-susah gampang. Pada awalnya, kamu harus bisa menemukan dan merasakan otot panggulmu. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan olahraga simpel ini.

Supaya lebih gampang, coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Rasakan otot dasar panggulmu

Untuk menemukan letak otot dasar panggul, coba tahan aliran urine ketika kamu buang air kecil. Caranya sama seperti kalau kamu ingin menahan kencing. Setelah ketemu, kamu bisa menentukan posisi yang pas buat memulai senam Kegel.

2. Mulai gerakkan otot

Begitu kamu tahu otot mana yang harus digerakkan, kamu bisa mulai mencoba senam ini untuk merapatkan miss v. Cukup ikuti langkah-langkah berikut, ya!

  1. Pastikan kamu udah buang air kecil hingga tuntas. Kalau udah, kamu bisa duduk atau berbaring.
  2. Kencangkan otot dasar panggulmu, tahan kuat-kuat selama 3–5 detik.
  3. Rilekskan kembali otot dasar panggul selama 3–5 detik.
  4. Ulangi sebanyak 10 kali, tiga kali sehari (pagi, siang, dan malam).

3. Fokus dan atur napas

Untuk mendapatkan hasil terbaik, coba atur napas dan jagalah badan serileks mungkin selama kamu melakukan senam Kegel. Jangan menahan napas, tapi justru bernapaslah dengan santai dalam ritme yang teratur.

Senam Kegel sederhana memang lumayan ampuh untuk merapatkan miss v, asal kamu fokus dengan gerakan yang sedang kamu lakukan. Jangan sampai kamu malah salah mengencangkan otot perut, paha, bokong, atau dada.

4. Konsisten dan sabar

Coba lakukan gerakan simpel di atas sebanyak 10–15 kali pengulangan dalam sehari. Asalkan kamu konsisten, fokus, dan sabar, senam Kegel bisa bikin otot dasar panggul jadi lebih kuat dan memberikan hasil yang kamu harapkan.

Sebagai gambaran, orang-orang yang susah menahan buang air kecil biasanya mulai membaik setelah 4–6 minggu melakukan senam Kegel. Gejala akan mulai berkurang sehingga mereka bisa beraktivitas seperti biasa.

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan senam Kegel

Senam Kegel merupakan salah satu olahraga sederhana yang banyak dilakukan orang untuk merapatkan dan mengencangkan otot miss v. Senam ini pada dasarnya nggak rumit, tapi tetap ada “dos dan don’ts” yang sebaiknya kamu perhatikan.

Supaya hasilnya optimal, coba lakukan ini saat senam Kegel.

  • Kamu bisa melakukan senam Kegel sambil duduk atau berbaring. Jika otot dasar panggulmu lemah, kamu bisa mulai senam Kegel sambil berbaring.
  • Lakukan senam secara bertahap. Contohnya, satu sesi senam Kegel awalnya terdiri dari 5 kali pengulangan, masing-masing selama 3–5 detik. Lakukan dua kali sehari sampai otot panggulmu terasa lebih kuat.
  • Bernapas secara teratur ketika senam Kegel. Jangan menahan napas karena ini malah bakal bikin otot jadi tegang.

Sementara itu, berikut ini hal-hal yang sebaiknya kamu hindari.

  • Melakukan senam Kegel terlalu dini. Banyak ahli kesehatan berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mulai melakukan senam Kegel adalah pada usia 20-an.
  • Melakukan senam Kegel saat buang air kecil, sebab kebiasaan ini malah dapat merusak kandung kemih dan ginjal.
  • Terlalu sering melakukan senam Kegel. Meski bermanfaat, senam Kegel secara berlebihan malah bisa bikin otot vagina jadi terlalu tegang.

Senam Kegel adalah latihan sederhana untuk memperkuat otot dasar panggul. Kalau kamu penasaran sama senam yang satu ini, ikuti langkah-langkahnya dengan benar supaya hasilnya optimal, ya!

senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v
Komentar (390)
A

An
Anonymous
Terimakasih, sangat membantu
11 days ago
Balas
EL
Eka Lestari
Iyaa
11 days ago
Balas
An
Anonymous
Okey Cha 👌🏻😁, makasih artikel tentang senam kegel yaa. Aku jadi tau deh tentang senam kegel itu.
11 days ago
Balas