Kembali

Girl's Life

Gimana ya Cara Menghitung Telat Haid?

Gimana ya Cara Menghitung Telat Haid?


Biasanya, telat haid bakal langsung dikaitkan sebagai tanda kehamilan. Tapi sebenarnya, gak selalu begitu, kok. Kita-kita yang masih remaja ini bisa banget mengalami menstruasi terlambat tapi tidak hamil.

Perlu diketahui, siklus menstruasi tiap wanita bisa berbeda satu dengan lainnya. Ada yang haidnya memang teratur, ada yang biasa telat 3 hari sampai seminggu, bahkan ada yang cuma dua bulan sekali.

Tentunya, telat menstruasi tuh bisa banget bikin kita cemas. Terus, bagaimana cara menghitung telat haid biar kita gak panik lagi? 

Cara menghitung telat haid

Sebelumnya, Charm Girls wajib tahu dulu tentang apa itu siklus haid. Siklus haid adalah periode dimulainya menstruasi di bulan ini hingga satu hari sebelum menstruasi hari pertama di bulan selanjutnya. Rata-rata siklus haid wanita adalah 28 hari.

Kalau sudah telat haid 1 minggu atau lebih, mungkin Charm Girls bakalan panik nih. Tapi sebenarnya, terlambat menstruasi selama beberapa hari itu normal banget, kok. Begini hitungan telat haid yang bisa kamu lakukan.

Kamu wajib tahu juga bahwa siklus menstruasi ini bisa berbeda satu sama lain. Semuanya tergantung kondisi hormon tubuh kita, kondisi fisik, dan juga kondisi kesehatan tubuh. 

Selain itu, ada juga wanita yang siklus haidnya suka berubah dari waktu ke waktu. Ada wanita yang siklus haidnya lebih panjang atau lebih pendek dari biasanya. 

Namun yang masih masuk batas normal sih, antara 21-35 hari yang dihitung dari hari pertama haid terakhir.

Kalau periode keterlambatan haid kamu masih masuk ke batas normal, dengan rata-rata kurang lebih sekitar 2-3 hari dari bulan lalu, itu artinya gak ada yang perlu dikhawatirkan.

Contohnya begini deh, misal kamu mengalami haid di tanggal 5 Agustus. Hitungan untuk bulan September, menstruasi kemungkinan bakal jatuh di tanggal 1-3 September kalau siklus rata-ratanya 28 hari.

Nah, kalau siklus haid kamu kurang dari 27 hari, mungkin periode menstruasi kamu bakal lebih cepat jadi tanggal 29 atau 30 Agustus. Jadi, memang bisa aja wanita mengalami haid dua kali dalam sebulan.

Biar kamu tahu perkiraan siklus menstruasi kamu, coba pakai aplikasi kalender menstruasi yang banyak tersedia. Salah satunya di situs charmgirlstalk.com ini.

Jadi kamu bisa tahu nih, jadwal menstruasi kamu sebenarnya. Kalau kamu telat haid, apakah benar terlambat atau memang masih batas normal. Gak perlu hitung manual lagi!

Tips biar gak telat haid!

Sudah tahu bagaimana cara menghitung telat haid, kan? Sekarang saatnya cari tahu bagaimana cara mengatasi terlambat menstruasi biar siklus kamu tetap teratur. Tenang aja, gak perlu pakai obat telat datang bulan di apotik, kok!

1.Konsumsi jahe

Bukan rahasia kalau ada banyak bahan herbal yang punya berjuta manfaat buat tubuh kita. Salah satunya jahe ini, yang gak hanya bisa meredakan nyeri saat PMS tapi juga bisa jadi cara melancarkan haid yang telat 10 hari atau lebih. Kamu bisa mengkonsumsi jahe menjadi sensasi lebih nikmat seperti teh jahe atau wedang jahe.

2.Konsumsi kayu manis

Selain jahe, bahan herbal lain yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi telat haid pada remaja adalah kayu manis. Kayu manis ternyata memiliki kandungan alami yang bisa menenangkan tubuh.

Cukup olah kayu manis sebagai minuman dan konsumsi sebagai obat telat datang bulan paling manjur.

3.Konsumsi kunyit

Bahan herbal terakhir yang bisa kamu coba adalah kunyit. Charm Girls bisa mengolahnya jadi jamu karena kandungan zat aktifnya dipercaya bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang memicu datangnya menstruasi.

4.Konsumsi vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat dipercaya bisa meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron yang bisa memicu peluruhan dinding rahim. Menstruasi bisa datang tepat waktu!

5.Olahraga yoga

Bukan rahasia kalau yoga sangat bermanfaat buat tubuh kita. Charm Girls bisa mencoba beberapa gerakan yoga yang dipercaya efektif untuk memperbaiki siklus haid yang gak lancar.

Beberapa gerakan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah dan melancarkan menstruasi adalah Reclining Twist dan Arching Pigeon.

6.Jangan olahraga terlalu berat

Selain yoga, Charm Girls juga bisa melakukan berbagai olahraga lain agar aktivitas fisik tubuh tetap maksimal. Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat, ya. 

Olahraga yang terlalu berat malah bisa menyebabkan haid terlambat, lho. Cukup lakukan olahraga yang ringan-ringan aja asal tetap rutin.

7.Jaga berat badan

Berat badan berlebihan alias obesitas atau berat badan yang turun terlalu drastis dalam waktu singkat juga bisa jadi salah satu penyebab siklus menstruasi gak lancar, lho.

Makanya, disarankan agar Charm Girls menjaga berat badan tetap stabil dengan melakukan diet dan pola hidup yang sehat.

Lakukan cara mengatasi terlambat haid di atas secara rutin agar siklus menstruasi kembali normal. Nah, kalau sudah normal jangan lupa pakai pembalut yang super nyaman kayak Charm Body Fit Extra Maxi.

Charm Body Fit Extra Maxi sudah dilengkapi teknologi bantalan elastis yang selalu kembali ke bentuk semula. Anti kerut dan anti bocor dengan double block line yang bikin Charm Girls bisa bebas beraktivitas padat seharian dengan tetap aktif dan percaya diri.

Baca Juga Disini:

Berbahaya Atau Tidak Ya Oligomenorea

Seberapa Sering Menga;ami Gangguan Menstruasi

Bagaimana Sih Cara Agar Darah Haid Dapat Keluar Deras

Bagaimana cara menghitung telat haid
menghitung telat haid
hitungan telat haid
Komentar (17)
A

An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
husna alma
terimakasih artikel nya bermanfaat
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
husna alma
terimakasih artikel nya bermanfaat
a month ago
An
Anonymous
thx
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
husna alma
terimakasih artikel nya bermanfaat
a month ago
floating-icon