Kembali

Girl's Life

Keputihan karena Stress? Berbahaya Gak, ya?

Keputihan karena Stress? Berbahaya Gak, ya?


Keputihan adalah cairan lengket yang keluar dari vaginamu. Ini adalah hal yang normal banget dialami oleh wanita yang sudah puber. Termasuk remaja kayak kita-kita, nih.

Seharusnya, keputihan adalah hal yang normal terjadi sesuai dengan siklus menstruasi kita. Tapi kadang kala, Charm Girls bisa mengalami yang namanya keputihan tidak normal. 

Penyebabnya ada banyak, termasuk salah satunya adalah stress yang berlebihan pada tubuh kita. Yap, keputihan karena stress bisa juga terjadi, lho.

Soalnya, setiap seorang wanita mengalami stres atau depresi, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang berpotensi menyebabkan gangguan hormonal. Nah, gangguan hormonal ini bisa menyebabkan pH vagina tidak seimbang dan memicu keputihan berlebih.

Selain itu, hormon stres juga akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita akan terganggu. Maka dari itu, kita bakalan lebih rentan terkena infeksi jamur atau pun bakteri yang bisa menyebabkan keputihan tidak normal.

Jenis-jenis Keputihan karena Stress

Banyak penelitian sudah mengonfirmasi hubungan antara stress dan/atau depresi yang sedang dialami wanita dengan keputihan yang abnormal. 

Jika Charm Girls sedang merasa stres, imun tubuh akan menurun. Jamur atau bakteri tersebut bisa lebih mudah menyerang, dan sistem kekebalan tubuhmu tidak bisa melawannya.

Nah sekarang, apa penyebabnya, ya? Biasanya, keputihan tidak normal bisa disebabkan adanya infeksi jamur dan/atau bakteri. Di antaranya infeksi jamur candida dan bacterial vaginosis.

Keputihan akibat infeksi jamur

Sekitar 75% wanita pernah setidaknya sekali mengalami keputihan jenis ini. Sementara 40-50% di antaranya, akan mengalami keputihan berulang.

Biasanya, keputihan akibat infeksi jamur bisa kambuh kalau wanita tersebut sedang hamil, mengonsumsi pil KB, punya penyakit diabetes melitus atau HIV.

Bisa juga kalau kamu sedang dalam pengobatan antibiotik jangka panjang dan sering menggunakan celana dalam ketat yang kurang menyerap keringat.

Keputihan akibat bacterial vaginosis

Selain keputihan yang diakibatkan infeksi jamur, ada pula wanita yang mengalami keputihan akibat infeksi bacterial vaginosis. Hal ini bisa terjadi ketika pH dan kondisi normal vagina sedang terganggu.

Vagina kamu seharusnya memiliki jumlah bakteri Lactobacillus yang cukup banyak. Tapi, karena sistem imun tubuh kamu gak bisa melawan serangan bacterial vaginosis, mereka pun bisa berkembang biak lebih cepat dan menekan jumlah bakteri Lactobacillus jadi lebih sedikit. Alhasil, keputihan tidak normal pun terjadi.

Ciri keputihan karena stress yang diakibatkan bacterial vaginosis adalah jumlah cairan keputihannya sangat banyak, berwarna putih keabuan, dan berbau amis.

Biasanya, wanita yang sering berganti pasangan seksual, melakukan seks oral, dan mencuci vagina dengan douche (pencuci vagina yang disemprot) lebih berisiko mengalaminya.

Ini Tandanya Keputihan karena Stress!

Mungkin karena sudah rutin mengalami keputihan, kita jadi agak bingung nih membedakan mana keputihan yang normal dan mana keputihan akibat stress. Kalau gitu, apa aja tanda-tandanya, ya?

Ciri ciri keputihan karena stress ada banyak, salah satunya volume cairan keputihan yang bakal lebih banyak dari biasanya. Soalnya, hormon stress bisa memicu produksi keputihan lebih banyak. Kalau dirasa sudah gak wajar, bisa jadi itu ciri keputihan karena stress, Charm Girls.

Charm Girls juga mungkin merasakan gatal berlebih pada vagina, khususnya di bagian dalam vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar.

Selain itu, warna cairan keputihan juga agak berbeda dari biasanya. Normalnya sih, cairan keputihan itu berwarna bening atau putih dan konsistensinya seperti air, serta sedikit lengket. Cairan keputihan juga seharusnya tidak berbau atau mengeluarkan bau yang menyengat.

Tapi kalau warna keputihan saat stress, biasanya berubah jadi keabuan, kekuningan, kehijauan, atau kecoklatan. Konsistensinya juga lebih kental. Semua itu diiringi juga dengan bau tidak sedap yang mengganggu.

Kalau dibiarkan begitu aja, Charm Girls bakal merasa sangat tidak nyaman, loh. Daerah vagina akan terasa lembab atau selalu terasa basah. Pastinya bakal gak enak banget kan, apalagi kalau itu terjadi sepanjang kamu berada di sekolah?

Solusi paling praktis kalau keputihan lagi mengganggu banget adalah dengan pantyliner. Charm Girls bisa coba Charm Pantyliner Comfort Slim. Pantyliner yang tipis banget, tapi punya daya serap cepat sehingga bisa diandalkan kalau keputihan berlebih lagi menyerang.

Saking tipisnya, kamu bakalan merasa gak pakai sama sekali, lho. Pantyliner satu ini juga lembut banget dan sesuai dengan kontur tubuh. Jadi gak perlu khawatir bergeser atau mengganggu aktivitas padat seharian.

Baca Juga Disini:

Manfaat Melakukan Pap Smear Untuk Keputihan

Merasa Gak Nyaman Akibat Dari Keputihan Yang Berlebih

Apa itu Klamidia Berbahaya Atau Tidak Ya

ciri ciri keputihan karena stress
ciri keputihan karena stress
warna keputihan saat stress
Komentar (34)
A

An
Anonymous
thx
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
mira dewi
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Avatar Profile Image
dera ludin
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
An
Anonymous
👍
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
mira dewi
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Avatar Profile Image
dera ludin
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
An
Anonymous
Ya
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
mira dewi
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Avatar Profile Image
dera ludin
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
floating-icon