Kembali

Girl's Life

Seberapa sering mengalami gangguan menstruasi?

Seberapa sering mengalami gangguan menstruasi?


Charm Girls, menstruasi adalah ketika lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh keluar dari vagina. Menstruasi pada remaja adalah tanda saat dia memasuki tahap pubertas loh. 

Menstruasi bukan hanya sekadar proses keluarnya darah dari tubuh perempuan. Siklus menstruasi terjadi rata-rata setiap 28 hari, namun ada juga yang mengalaminya 25-35 hari, dan itu masih termasuk normal. Banyak hal yang terjadi saat menstruasi dan fase-fase yang berlangsung.

Fase menstruasi ini perlu diketahui sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan reproduksi Charm Girls. Bukan hanya itu Charm Girls, perempuan juga perlu paham gangguan yang ada dalam proses menstruasi mulai dari darah yang keluar terlalu sedikit, terlalu berlebih, terlambat hingga menstruasi yang datang terlalu cepat atau bahkan tak mengalami menstruasi sama sekali.

Nah beberapa gangguan atau perubahan yang terjadi saat menstruasi bisa berujung fatal jika tidak disikapi dengan benar.

Faktor terjadi gangguan menstruasi 

Charm Girls tahukah kalian ada sejumlah hal yang bisa tingkatkan risiko seseorang mengalami gangguan menstruasi loh, perhatikan hal-hal yang terjadi pada tubuh untuk pelajari kondisi medis sebelum bertindak menanganinya sesuai dengan prosedur yang tepat. Perlu diingat untuk tidak mendiagnosis diri sendiri dan diskusikan kondisi kesehatan dengan dokter.

Pertama adalah Usia. Risiko lebih tinggi mengalami nyeri haid terjadi pada remaja perempuan berusia 11 tahun yang mengalami haid lebih awal. 

Siklus menstruasi yang lebih panjang dan periode haid yang lebih lama juga mengintai. Sebelum siklus ovulasi teratur, gangguan amenorrhea juga dapat dialami oleh remaja. 

Kemudian berat badan yang tidak normal, baik kelebihan atau kekurangan bisa tingkatkan resiko amenorrhea atau juga dysmenorrhea.

Stres juga bisa sebabkan risiko gangguan menstruasi baik emosional maupun fisik, stres dapat menghalangi hormon LH (luteinizing Hormone) untuk lepas dari tubuh. Hal tersebut dapat sebabkan amenorrhea sementara.

Siklus dan aliran menstruasi, lebih panjang atau lebih berat umumnya, berkaitan dengan rasa nyeri dan kram.

Gejala gangguan menstruasi

Charm Girls, kamu perlu waspada terhadap beberapa tanda yang menjadi gejala gangguan menstruasi, mulai dari:

-Perubahan siklus menstruasi,

Rata-rata perempuan punya siklus menstruasi selama 24 sampai 35 hari. Jika lebih pendek atau panjang dalam beberapa bulan secara rutin, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter ya

-Jumlah darah , 

Jumlah darah yang dihasilkan saat menstruasi juga bisa tunjukkan kondisi menstruasi seseorang, jika terlalu banyak atau terlalu sering ganti pembalut artinya darah menstruasi sangat deras, hal itu perlu diwaspadai.

-Adanya gumpalan darah saat menstruasi

-Perdarahan terjadi lebih dari seminggu

-Kelelahan terus menerus ketika menstruasi

-Sakit kepala

-Kulit lebih pucat

-Nafas pendek

-Nyeri menstruasi (dysmenorrhea) yang biasanya dirasakan pada hari-hari awal menstruasi

-Oligomenore gangguan menstruasi tak terjadi lebih dari 35 hari atau lebih dari 90 hari tanpa menstruasi

Penyebab terjadinya gangguan menstruasi 

Charm Girls, faktor penyebab gangguan menstruasi bisa terjadi karena berbagai hal mulai dari psikis (stres), gangguan hormon, kehamilan, berat badan yang turun atau naik drastis, penyakit yang menyertai, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), dan lain-lain.

Biasanya karena hormonal, saat perempuan mengalami menstruasi lebih cepat artinya memiliki hormon estrogen dan progesterone yang berlebihan.

Gangguan menstruasi juga bisa terjadi karena penyebab kelainan non-organ, seperti koagulopati, yakni gangguan fungsi pembekuan darah yang menyebabkan darah sulit membeku.

Diagnosis Gangguan Menstruasi

Hal yang membuat khawatir ini perlu diatasi loh Charm Girls, sesuai dengan faktor pemicu atau penyebabnya. Charm Girls bisa lakukan pemeriksaan Pap Smear, pemeriksaan darah, USG bagian pelvik, uterus, dan ovarium, biopsi, sonohysterogram, tes kehamilan.

Gangguan menstruasi yang terjadi hanya sesekali biasanya tergolong normal dan tak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika gejalanya sering muncul dan berlangsung dalam jangka panjang atau lama, maka segera konsultasikan ke dokter, jangan lakukan diagnosis sendiri.

Charm Girls, pengobatan gangguan menstruasi bisa dilakukan dengan obat-obatan yang diberikan sesuai dengan kondisi kesehatan. Obat yang digunakan bisa meredakan atau menurunkan gejala gangguan menstruasi. Tapi yang terpenting jangan obati sendiri ya Charm Girls, konsultasikan kondisi medis kalian pada dokter untuk tau pengobatan yang tetap.

Selain itu, saat alami gangguan kesehatan, Charm Girls juga mungkin diarahkan untuk lakukan tindakan Medis bisa dengan, endometrium abrasi, reseksi endometrium, hingga histerektomi.

Penanganan untuk setiap jenis gangguan menstruasi berbeda, tergantung pada penyebabnya. Oleh sebab itu, Charm Girls akan disarankan memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang sesuai.

Baca Juga Disini: 

Menstruasi Gak Takut Pengap Sensasi Dingin Dari Ekstrak Daun Mint

Apa sih Datang Bulan dan Menstruasi Itu

Kenalan Yuk Dengan Hormon Saat Menstruasi Pada Wanita

gangguan menstruasi adalah
gejala gangguan haid
gangguan siklus haid
Gangguan Menstruasi
Komentar (85)
A

Avatar Profile Image
husna alma
sangat bermanfaat sekali artikel nya bagus
22 days ago
Balas
An
Anonymous
Oke bos
22 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Mutia Oktaviani
Qye
22 days ago
Balas
floating-icon