Kembali

Girl's Life

Oligomenorea Adalah Pendarahan, Berbahaya Atau Tidak Ya?

Oligomenorea Adalah Pendarahan, Berbahaya Atau Tidak Ya?


Pengertian Oligomenorea 

Charm Girls, banyak istilah yang ada dalam kesehatan reproduksi perempuan, ada satu hal yang dinamakan dengan Oligomenorea. Nah, biasanya siklus menstruasi perempuan itu berlangsung selama 28 hari, tetapi ada juga yang berlangsung selama 25 atau 35 hari dan hal itu masih dikatakan normal.

Hal-hal seperti terlambat datang bulan kadang membuat perempuan menjadi resah ya Charm Girls. Pada intinya Oligomenorea adalah pendarahan ringan atau menstruasi yang jarang terjadi atau tidak normal pada perempuan yang sedang menstruasi. Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai dampak dari siklus bulanan. Kondisi ini mengacu pada siklus menstruasi yang normal dan bergeser lebih dari 35 hari. Hingga menyebabkan hanya mendapatkan menstruasi sekitar empat hingga sembilan kali per tahun, maka hal itu dinamakan oligomenorea.

Angka kejadian oligomenorea mencapai 12 persen hingga 15 persen. Oligomenorea jadi salah satu jenis gangguan pendarahan yang paling umum loh Charm Girls.

Pada umumnya, oligomenorea disebabkan oleh perubahan gaya hidup beberapa dekade terakhir seperti faktor emosional, berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk, serta olahraga yang terlalu berat.

Penyebab terjadinya oligomenorea 

Charm Girls, perlu diketahui beberapa penyebab kemungkinan terjadinya oligomenorea:

  • Perempuan muda yang kerap berolahraga, apalagi olahraga berat bisa mengalami kondisi ini loh Charm Girls
  • Gangguan makan seperti anoreksia juga bisa jadi penyebabnya
  • Terjadi umumnya pada remaja atau perempuan perimenopause karena kadar hormon yang berfluktuasi
  • Diabetes dan tiroid juga berpengaruh dan jadi masalah
  • Kadar protein tinggi prolaktin pada perempuan juga bisa sebabkan oligomenorea, umumnya ditemukan pada obat antipsikotik dan antiepilepsi
  • Di antara beberapa faktor etiologi, penyakit ovarium polikistik (PCOD) adalah faktor yang mendasari untuk oligomenorea.

Gejala-gejala terjadinya oligomenorea 

Setelah tadi dijelaskan apa itu oligomenorea, Charm Girls juga perlu mengetahui gejalanya, hal ini menjadi penting untuk langkah pencegahan saat perempuan mengalami terlambat datang bulan yang terlalu sering.

Hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi bisa terjadi karena sejumlah faktor yang berbeda dari tiap perempuan, ada yang kembali ke kondisi semula yakni normal.

Perlu kamu sadari sejumlah kondisi gejala oligomenorea:

-Tidak menstruasi lebih dari 35 hari atau tak menstruasi selama lebih dari 90 hari

-Periode menstruasi per tahun kurang dari sembilan kali atau paling banyak empat kali

-Siklus haidnya tidak teratur

-Menstruasi cenderung ringan dari biasa

-Saat ada pendarahan terjadi, kemungkinan timbul karena sindrom pramenstruasi, kram, dan kembung, tetapi bisa jadi tak terjadi gejala sama sekali

-Darah mungkin berwarna coklat tua atau merah muda pucat

-Kemungkinan ada gumpalan atau lendir saat menyeka pada pembalut hingga pakaian dalam.

Apakah perlu penanganan jika terjadi oligomenorea?

Nah Charm Girls, hal yang sebenarnya perlu diwaspadai, adalah saat oligomenore merupakan gejala dari masalah kesehatan lain, seperti gangguan makan atau olahraga berlebihan, hal ini perlu untuk diobati.

Dijelaskan tadi bahwa oligomenore adalah kondisi saat perempuan mendapatkan menstruasi sekitar empat hingga sembilan kali per tahun, kondisi itu bisa tingkatkan risiko hiperplasia endometrium dan kanker endometrium.

Untuk mengetahui penyebab seseorang mengalami oligomenorea dokter akan bertanya beberapa hal seperti sudah berapa lama seseorang mengalami oligomenorea, lalu seberapa sering mengalaminya dan bagaimana kondisi pendarahan saat menstruasi.

Dokter juga akan melakukan identifikasi dengan bertanya terkait penyakit tertentu yang diderita, pola makan dan asupan nutrisi, aktivitas fisik dan olahraga, obat yang dikonsumsi, gejala yang dirasakan dan lainnya.

Mungkin juga akan dilakukan pemeriksaan berat dan tinggi badan, pemeriksaan tanda vital seperti detak jantung atau tekanan darah, palpasi dengan meraba leher untuk periksa tiroid saat menelan, tes darah untuk periksa kadar hormon tiroid, pemeriksaan panggul, pap smear untuk periksa kondisi serviks atau mulut rahim. Hingga mungkin pemeriksaan ultrasonografi (USG), rontgen, dan MRI jika dicurigai terdapat tumor.

Dari semua hal yang dijelaskan tersebut Charm Girls sebenarnya tak perlu khawatir berlebihan ya, karena 

oligomenore bukan kondisi yang serius. Periode menstruasi dapat disesuaikan dengan perubahan penggunaan kontrasepsi hormonal atau progestin. 

Selain karena faktor stres dan olahraga yang berlebihan, oligomenorea bisa jadi pertanda adanya penyakit loh Charm Girls, baik pada organ reproduksi ataupun pada anggota tubuh lainnya. Segera cari tahu kondisi medis kamu ya, karena ada risiko kanker hiperplasia endometrium dan kanker endometrium yang mengintai. Walau bukan kondisi yang serius tapi jangan dianggap remeh ya Charm Girls.

Kekurangan hormon estrogen pada perempuan akibat oligomenorea dapat berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti tulang rapuh atau osteoporosis, penyakit jantung di usia tua, penyusutan payudara hingga gangguan kesuburan.

Untuk pengobatannya, Charm Girls bisa langsung melakukan pengecekan langsung ke dokter terkait ya!  Jika karena stres coba untuk relaksasi diri dengan banyak istirahat dan hindari pikiran-pikiran negatif.

Jika karena olahraga yang berlebihan, coba kurangi olahraga berat dan ganti dengan yang lebih ringan serta kurangi durasinya. Ada beberapa terapi yang khusus untuk oligomenorea yang disebabkan oleh gangguan makan dan depresi.

Terpenting, adalah selalu jaga kesehatan ya Charm Girls dengan jaga berat badan, cukupi kebutuhan nutrisi dengan baik, olahraga dengan beban yang sesuai dan istirahat yang cukup.

Baca Juga Disini : 

Kanker Payudara Menular?

Inilah Penyebab dan Gejala Kista Ovarium yang Harus Kamu Tau

Apa itu Miom Yuk Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

polimenorea
Jenis-jenis haid
polimenorea adalah
Komentar (20)
A

An
Anonymous
Wow
21 days ago
Balas
An
Anonymous
Terimakasih, sangat bermanfaat sekali
21 days ago
Balas
An
Anonymous
ku baru tau infonya, thanks Cha!
21 days ago
Balas
floating-icon