Kembali

Breast Cancer

Kanker Payudara Menular?
Kanker Payudara Menular?


Mungkin sebagian dari Charm Girls pernah bertanya-tanya, apakah kanker payudara bisa menular ke orang lain? Apalagi ada beberapa jenis kanker yang dapat berkembang dari infeksi bakteri atau virus, seperti HPV, yang dapat menular.

Sehingga tak mengherankan, jika sebagian dari Charm Girls mungkin masih mempertanyakan apakah kanker payudara itu sama dengan penyakit HPV yang bisa menular atau tidak.

Jadi sebenarnya, apakah kanker payudara menular atau tidak ya? Simak yuk jawabannya di bawah ini!

 

Apakah Kanker Payudara Bisa Menular?

Dilansir dari WHO Internasional, dijelaskan bahwa kanker payudara bukan merupakan sebuah penyakit menular loh. Kamu pun tidak dapat terkena kanker payudara atau menularkan penyakit tersebut ke orang lain.

Kanker payudara sendiri adalah hasil dari pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh seseorang. Penyakit ini tidak sama seperti saudara kanker lainnya yang memiliki penyebab terkait infeksi. Contohnya seperti HPV dan kanker serviks.

Diketahui hingga saat ini, tidak ada kasus mengenai infeksi virus atau bakteri yang dapat mempengaruhi perkembangan kanker payudara.

 

Karena Tidak Menular, Kamu Akan Aman Kok jika Kontak Erat dengan Pengidap Kanker Payudara

Dilansir dari laman American Cancer Society, kontak erat dengan penderita kanker payudara tidak membuatmu mengidap penyakit tersebut. Kontak erat yang dimaksud, adalah sebagai berikut:

1. Bersentuhan fisik

Charm Girls, kamu tidak akan tertular jika kamu bersentuhan fisik seperti berpegangan tangan atau berpelukan dengan penderita kanker payudara.

2. Menggunakan peralatan yang sama

Dirimu juga nggak akan tertular jika menggunakan peralatan yang sama loh. Misalnya, menggunakan peralatan makan dan minum yang sama.

3. Berhubungan seks dengan penderita

Ya, kamu nggak akan tertular penyakit ini jika melakukan hubungan seks dengan penderita kanker payudara.

4. Bersentuhan dengan darah atau kulit penderita

Kamu bisa bersentuhan dengan darah atau kulit penderita kanker payudara karena penyakit ini tidak menular.

5. Menghirup udara yang dihembuskan oleh penderita

Dirimu juga nggak akan tertular penyakitnya, meskipun menghirup udara yang sama dengan penderita kanker payudara.

Nah, kamu pun tidak usah menjauh dari penderita kanker payudara karena kontak erat seperti di atas tidak membuatmu mengidap penyakit tersebut.

 

Penderita Kanker Payudara Bukan untuk Dijauhi, Tetapi Harus Didukung

Kanker Payudara Menular?
Support Kanker Payudara

Di zaman modern ini, mungkin ada sebagian orang yang cenderung menjauhi penderita kanker payudara. Salah satu faktornya adalah ketakutan mengenai apakah penyakit tersebut bisa menular ke kita atau tidak.

Namun, jika dilihat dari penjelasan di atas diketahui bahwa kanker payudara merupakan penyakit yang tidak menular. Sehingga, kamu tidak perlu menjauhi penderita kanker payudara.

Sebaliknya, kamu bisa memberikan dukungan bagi mereka yang mengidap penyakit ini. Kamu bisa menghibur mereka dengan berbagai cara, seperti mengunjunginya, menemaninya, dan sebagainya.

Jangan takut juga untuk berkontak erat seperti memeluk, menyentuh tangan, dan sebagainya terhadap penderita kanker payudara ya. Karena seperti yang sebelumnya sudah diuraikan, kontak erat tak membuatmu mengidap penyakit kanker payudara.

 

Kesimpulan: Kanker Payudara Tidak Menular

Dilihat dari penjelasan di atas, diketahui bahwa kanker payudara bukan penyakit menular. Penyakit ini bahkan tidak dapat menularkannya ke orang lain, meskipun sudah kontak erat dengan penderita kanker payudara.

Penyakit ini tidak sama dengan saudara kanker lainnya, yang bisa menular karena adanya infeksi dari virus atau bakteri. Jadi, kamu jangan khawatir untuk memberikan dukungan penuh terhadap penderita penyakit ini karena kanker payudara itu tidak menular.
 


Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. 
Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. 

Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Komentar (2)
A

Avatar Profile Image
Yusrika Chen
Bener banget Charm!
22 days ago
Balas
Li
Lila
Its so right!
15 days ago
Balas