Kembali

Girl's Life

Pentingnya Kesehatan Mental Sejak Awal untuk Remaja

Pentingnya Kesehatan Mental Sejak Awal untuk Remaja


Beberapa tahun terakhir, istilah “mental health” alias “kesehatan mental” emang makin ramai di medsos. Dibanding orang-orang zaman dulu yang kurang perhatian sama isu ini, sekarang kamu bahkan bisa menemukan bahasan soal kesehatan mental di mana aja.

Kamu sendiri mungkin udah nggak asing dengan istilah “mental disorder”, “psikolog”, “self-love”, “trauma”, dan masih banyak lagi. Terus, sebetulnya apa sih, yang dimaksud dengan kesehatan mental? Apa aja tips untuk menjaga mental agar tetap sehat?

Kesehatan mental yang baik, apa itu? 

Mental yang sehat bukan cuma soal apakah kamu punya gangguan mental atau nggak. Menurut WHO, orang dengan mental yang sehat dapat menghadapi stres dengan baik, produktif dengan caranya sendiri, punya potensi, juga berkontribusi ke masyarakat.

Kalau kamu mampu mengolah berbagai emosi dan merasa cukup puas dengan hidup, ini adalah tanda kalau kesehatan mental kamu cukup baik. Selain itu, berbagai tanda lainnya dari mental yang sehat yaitu kamu:

  • cukup percaya diri,
  • punya tujuan tertentu,
  • bisa bersikap optimistik,
  • merasa puas dengan diri sendiri,
  • nggak terus-menerus menyalahkan diri sendiri, dan
  • percaya diri ketika dihadapkan pada situasi baru.

Terus, gimana kalau kamu cuma bisa memenuhi beberapa ceklis di atas? Nggak jadi masalah, asal kamu tahu gimana cara menghadapi masalah hidup atau seenggaknya punya tempat buat meluapkan dengan cara yang sehat.

Gangguan mental paling umum pada remaja 

Gangguan mental bisa dialami oleh semua orang, termasuk remaja. Namun, untuk bisa disebut memiliki gangguan mental itu nggak sembarangan. Kamu harus mendapatkan diagnosis klinis dari seorang dokter spesialis kejiwaan alias psikiater.

Jadi, kalau kamu sering merasa sedih, belum tentu kamu depresi. Begitu pun jika kamu suka hal-hal yang simetris dan teratur, bukan berarti kamu mengidap gangguan obsesif kompulsif (OCD). Psikiater harus mempelajari kondisi kamu dulu.

Ada banyak banget masalah yang dapat menyerang kesehatan mental. Berikut adalah beberapa gangguan mental yang paling banyak dialami oleh remaja.

1. Gangguan kecemasan 

Rasa cemas yang berlebihan bisa berkembang jadi gangguan kecemasan alias anxiety disorder. Beda dengan rasa cemas biasa, orang yang terdiagnosis sama kondisi ini bisa merasa cemas tanpa pemicu yang jelas sehingga kesulitan menjalani aktivitas.

2. Depresi 

Depresi adalah masalah kesehatan mental yang serius. Pengidap depresi nggak cuma merasakan mood negatif yang parah, tapi juga bisa mengalami insomnia parah, putus asa, susah fokus, dan lebih berisiko mengalami banyak penyakit yang menyerang fisik.

3. Gangguan makan 

Bullying dan obsesi yang berlebihan untuk jadi kurus bisa menjadi penyebab gangguan makan. Ada dua macam gangguan makan yang biasanya terjadi pada remaja, yaitu:

  • anoreksia (sengaja nggak makan sampai lapar banget agar berat badan turun), dan
  • bulimia (makan dalam jumlah banyak, lalu dimuntahkan lagi).

4. Gangguan bipolar 

Masalah kesehatan mental yang satu ini ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem. Gangguan bipolar tentu beda dengan sekadar moody, sebab perubahan mood pengidapnya begitu ekstrem hingga perlu ditangani dengan terapi pengobatan.

5. Gangguan obsesif kompulsif (OCD) 

Pengidap OCD punya pikiran berlebihan (obsesi) yang membuatnya harus melakukan sesuatu berulang-ulang. Beda sama perfeksionis, mereka bahkan bisa menghabiskan berjam-jam untuk melakukan suatu hal sampai pikirannya merasa kalau itu udah cukup.

Cara menjaga kesehatan mental

Mental yang sehat turut berpengaruh sama kondisi fisikmu. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan kalau orang-orang yang memiliki gangguan mental lebih gampang sakit. Inilah salah satu pentingnya menjaga kesehatan mental.

Terus, gimana caranya menjaga supaya kondisi mental tetap sehat? Berikut ini tips yang bisa kamu coba.

  • Ikuti gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga.
  • Meluangkan waktu bersama keluarga, teman, atau pasangan.
  • Bersyukur dengan hal-hal kecil yang kamu miliki.
  • Senang memberi dan berbuat baik kepada orang lain.
  • Mengelola waktu dan stres dengan sebaik mungkin.
  • Nggak memendam masalah sendirian.

Nggak cuma orang dewasa, remaja pun bisa mengalami masalah kesehatan mental. Supaya badan dan pikiran kamu selalu sehat, yuk mulai dengan cara-cara sederhana di atas!

Baca Juga Disini:

Sisi Gelap Media Sosial untuk Remaja

Memahami Putri Anda yang Beranjak Menjadi Dewasa

Menghadapi Perubahan Fisik dan Emosional

kesehatan mental untuk remaja
kesehatan mental adalah
kesehatan mental yang terganggu
tujuan kesehatan mental untuk remaja
kesehatan mental remaja
Komentar (33)
A

Avatar Profile Image
Mutiara Wahyularasati
please aku setuju banget!! pokoknya kalau kita merasa ada yang mengganjal lebih baik diceritakan oleh orang yang dipercaya dan jangan mendiagnosis diri sendiri ya
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Fitria Indah Lestari
Depresi, bipolar, sering aku dengar. Dan ada beberapa tmnku yg mengalami hal itu
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Siti Zulaika
Bener banget. Jangan sepelekan kesehatan mental ya girls
2 months ago
Balas