Kembali

Girl's Life

Pahami Kesehatan Mental. Penyebab Sedih Tanpa Sebab

Pahami Kesehatan Mental. Penyebab Sedih Tanpa Sebab


Manusia mempunya perasaan emosi, dari tiap kepala memang ada karakter yang berbeda tetapi kesedihan, kekecewaan, kebahagiaan dan berbagai ekspresi perasaan lainnya pasti dimiliki tiap individu dengan kadar yang berbeda-beda.

Charm Girls, tak jarang seseorang merasakan perasaan sedih tanpa sebab, tiba-tiba menangis usai merenung. Kesedihan bisa saja karena hari yang tak menyenangkan, kegagalan, kematian atau perpisahan bahkan masalah kehidupan sehari-hari tetapi tak jarang datang secara tiba-tiba.

Seseorang perlu dengan baik mengidentifikasi penyebab rasa sedihnya hingga cara menyembuhkan diri dari kesedihan yang dialami salah satunya dengan bertemu dengan psikolog yang paham dengan kesehatan mental ya Charm Girls.

Kondisi kesehatan mental seharusnya tak lagi tabu untuk dibicarakan, karena setiap orang berhak untuk sehat secara mental. Hal ini bisa membantu keberlangsungan hidup lebih baik.

Perlu dipahami bahwa perubahan emosi adalah  hal yang wajar, namun dengan catatan hal itu tidak membawa dampak pada kehidupan sehari-hari. Seperti mengganggu aktivitas bahkan kesehatan fisik hingga perubahan komunikasi sosial atau bahkan jadi berlarut-larut perlu dicurigai sebagai masalah kesehatan mental.

Pemicu sedih tanpa sebab 

Nah Charm Girls, kesehatan mental kini harus dipahami sebagai sesuatu yang berharga juga sebagai representasi rasa cinta pada diri sendiri. Ada beberapa sebab kenapa seseorang merasa sedih tanpa sebab, hari yang biasanya berjalan normal tapi di akhir petang terasa berat dan membuat suasana jadi sedih. Perasaan tiba-tiba sedih ini bisa muncul sebagai gejala medis tertentu hingga tanda masalah kesehatan.

1.  Depresi

Sedih tanpa sebab bisa karena depresi. Rasa sedih yang muncul tiba-tiba dibarengi dengan gejala yang lain, mulai dari cemas, merasa sendiri, mudah tersinggung, pola tidur yang berbah, gelisah, mudah lelah, merasa bersalah, pesimis, kurang minat pada beberapa hal, sakit secara fisik, sulit konsentrasi, hingga ingin bunuh diri.

2. Gangguan bipolar

Gangguan ini bisa memunculkan rasa sedih tanpa sebab. Beberapa gejala gangguan bipolar adalah kurang tidur, mudah marah, impulsif hingga rasa percaya diri yang meningkat. 

Namun untuk mendiagnosis gangguan bipolar, perlu proses yang panjang dengan bantuan profesional jangan sampai seseorang mendiagnosis sendiri kondisi kesehatan mentalnya yang berakibat pada penanganan yang tidak sesuai dan justru tak memberikan bantuan terhadap perubahan kondisi kesehatan mental.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormon juga menyebabkan sedih tanpa sebab salah satunya adalah karena kehamilan, atau premenstrual syndrome (PMS) hingga usai melahirkan ya Charm Girls.

4.  Distimia

Distimia atau persistent depressive disorder (PDD) merupakan salah satu bentuk depresi yang dapat membuat seseorang sedih tanpa sebab. Seseorang juga merasa rendah diri, kurang energi untuk berkegiatan hingga terjebak pada pola pesimis hingga sulit merasa senang atau gembira.

5. Trauma atau memori yang buruk

Alasan sedih tanpa sebab yang lain adalah saat seseorang mengingat kembali kenangan buruk atau rasa trauma di masa lalu yang masih belum selesai dalam pikiran.

Seseorang bisa saja punya banyak pertanyaan atau sesuatu yang belum terucapkan karena trauma dan setiap orang pasti dalam kehidupannya pernah memiliki memori buruk bahkan hingga sulit dilupakan.

Cara mengatasi sedih tanpa sebab

Cara mengatasi rasa sedih tanpa sebab pertama-tama harus diketahui dengan kondisi yang mendasarinya ya Charm Girls. Jika memang rasa sedih itu muncul karena depresi  terapi.

Charm Girls, kamu juga bisa mencoba untuk tenangkan diri dengan tarik nafas yang dalam lalu hembuskan perlahan. Katakan kepada diri sendiri, bahwa semua baik-baik saja dan merasa mampu menghadapinya. 

Kemudian cobalah untuk berpikir positif, alihkan pikirkan negatif dengan lakukan kegiatan atau hobi yang disukai

Selain itu terbukalah, jangan menutup diri dan biarkan diri bisa mengeksplor apapun di sekitar

Perlu juga untuk tidak menyendiri terlalu lama, cari teman atau berada di tengah orang-orang bisa memberikan energi positif

Serta Charm Girls, jangan lupa manjakan diri, beri diri sendiri reward atas apapun yang sudah dilakukan, atas hari yang melelahkan, coba sesekali pergi ke salon atau beli makanan kesukaan. Kunjungi taman atau pergi menonton konser artis idola, penghargaan pada diri membuat seseorang lebih sayang pada dirinya.

Kemudian yang terakhir adalah tidak menyalahkan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, mencoba menerima keadaan, kamu bisa coba menulis perasaan ini di buku catatan.

Perlu mengingat bahwa manusia tidak sendiri dan jangan merasa tidak ada orang-orang yang menyayangi apalagi hidup terus berputar, terus isi kehidupan sehari-hari dengan hal yang baik.

Mulai ceritakan keluh kesahmu, jangan dipendam sendiri ya Charm Girls, ayo terus sayangi diri sendiri dan jangan merasa sendiri! Tetapi jika memang rasa sedih tanpa sebab sudah benar-benar mengganggu segera cari bantuan baik dari teman, orang yang dipercaya atau profesional seperti psikolog, jangan malu meminta bantuan ya.

Baca Juga Disini:

Perubahan Emosi Fase Pubertas dan Pemberontakan

Menghadapi Perubahan Fisik dan Emosional

Perubahan Emosi Menjelang Masa Menstruasi Fakta atau Mitos

sedih tanpa sebab
kenapa sering merasa sedih tanpa alasan
perasaan sedih tanpa seba
Komentar (10)
A

An
Anonymous
Ini aku banget nih sekarang ini sedih mulu
19 days ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
19 days ago
Balas
sh
shardiyanti
masalah nak muda skrg banyak banget, kayaknya seru kalo banyak event buat bahas ginian sih jd lebih terbuka
18 days ago
Balas
floating-icon