Kembali

Girl's Life

Jangan Takut Kalau Kamu Belum Juga Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jangan Takut Kalau Kamu Belum Juga Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Setiap orang mengalami menstruasi pertama pada usia yang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin haid untuk pertama kalinya ketika SD, tapi nggak sedikit juga yang baru mengalami menstruasi saat menginjak usia SMA. Menstruasi yang datang pertama kali ini dinamakan menarche.

Ada beragam faktor yang bisa memengaruhi kapan terjadinya menarche, mulai dari gen tertentu yang ada di dalam tubuhmu sampai pola makan. Kadang-kadang, beberapa di antaranya nggak dapat dikontrol sehingga kamu pun nggak tahu kapan menarche akan terjadi.

Lantas, ada nggak ya, cara agar cepat menstruasi bagi anak yang belum menstruasi? Yuk, kita kupas dulu apa aja penyebab telat haid dan tips mempercepat datangnya haid pertama!

Penyebab menstruasi pertama telat

Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina sebagai hasil dari meluruhnya dinding rahim. Ini merupakan salah satu tanda bahwa kamu sedang mengalami masa puber. Seluruh tubuhmu mengalami banyak banget perubahan selama masa puber, lho!

Nah, menarche biasanya terjadi saat seorang perempuan berusia 11 sampai 15 tahun. Selain menstruasi, akan timbul tanda-tanda pubertas lainnya seperti tumbuhnya rambut halus pada kemaluan, pinggul bertambah lebar, dan payudara membesar.

Namun, beberapa perempuan ternyata mengalami haid pertama setelah usianya lebih dari 15 tahun. Sebelum mengulik cara agar cepat menstruasi bagi anak yang belum menstruasi, kita pahami dulu yuk, apa aja penyebabnya.

1. Masalah gizi

Hayo, siapa yang suka nahan lapar karena takut berat badan naik? Jangan ya, Charm Girls, sebab asupan gizi itu penting banget untuk remaja selama masa pertumbuhan. Terlalu gemuk ataupun kurus sama-sama bisa bikin kamu telat haid.

Diperlukan lemak yang cukup supaya tubuh bisa menghasilkan estrogen dengan jumlah yang pas. Estrogen adalah salah satu hormon penting dalam proses menstruasi. Kalau jumlahnya terlalu banyak atau sedikit, siklus haid bisa jadi kacau-balau.

2. Gangguan hormon

Proses menstruasi sangat bergantung sama hormon-hormon yang dihasilkan ovarium (indung telur) dan otak. Kalau produksi berbagai hormon ini terganggu, haid pertamamu mungkin bisa datang lebih telat dari seharusnya.

Gangguan produksi hormon biasanya disebabkan karena gangguan pada kelenjar atau organ yang menghasilkannya. Contohnya, masalah pada ovarium dapat mengganggu produksi hormon estrogen dan progesteron.

3. Kondisi medis tertentu

Telat haid bisa disebabkan oleh adanya penyakit kronis dalam tubuh, seperti diabetes, ginjal, cystic fibrosis, dan lainnya. Kondisi medis tertentu akan mempersulit tubuh untuk tumbuh dan berkembang seperti anak-anak pada umumnya.

Selain itu, adanya masalah pada kromosom atau DNA bisa bikin menstruasi anak jadi terlambat. Apabila kamu nggak kunjung mendapatkan menstruasi diikuti gejala tertentu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Cara agar cepat menstruasi bagi anak yang belum menstruasi

Waktu datangnya menstruasi pertama alias menarche tentunya berbeda-beda. Nah, menarche yang datang terlambat tergantung pada faktor penyebabnya seperti yang telah disebutkan di atas.

Bisa jadi juga pola hidupmu selama ini kurang baik sehingga hormon dalam tubuh pun jadi nggak seimbang. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar menstruasi pertama datang sesegera mungkin:

1. Mengubah pola hidup

Pola hidup yang buruk bisa menghambat pertumbuhan sehingga menstruasi pertama pun jadi terlambat. Maka dari itu, penting banget bagi remaja untuk mulai menerapkan pola hidup yang baik dan sehat..

Kamu bisa mulai dengan menghindari begadang, tidur cukup minimal 8 jam, dan minum banyak air. Selain itu, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama sayuran, buah-buahan, dan lemak sehat dan ikan.

2. Lakukan diet sehat dan menjaga pola makan

Berat badan berlebih maupun kurang bisa menyebabkan telat haid. Maka dari itu, salah satu cara agar cepat menstruasi bagi anak yang belum menstruasi adalah melalui diet sehat agar berat badan tubuh jadi ideal.

Diet yang dimaksud tentu saja diiringi dengan menjaga pola makan. Jangan sampai kamu menahan lapar untuk mengurangi berat badan atau makan sembarangan demi menambahnya. Hal tersebut malah akan membawa dampak buruk untuk tubuh.

3. Kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat

Sebagai pelajar, terkadang kamu nggak sadar telah melakukan banyak aktivitas berat dalam sehari. Padahal, hal itu nggak baik untuk kamu yang ingin segera mendapatkan menstruasi pertama.

Aktivitas fisik yang terlalu berat juga akan membuatmu stres dan memengaruhi hormon di dalam tubuhmu. Lakukan aktivitas sewajarnya, kemudian beristirahat dengan cukup di malam hari. Cara ini akan membantumu agar cepat menstruasi.

4. Melakukan terapi hormon jika dokter menyarankan

Saat ini, ilmu pengetahuan sudah semakin maju. Bagi para remaja yang nggak kunjung mendapatkan haid pertama karena penyakit atau masalah hormon, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter. Mungkin saja, terapi hormon bisa membantumu.

Dokter akan menawarkan terapi ini apabila hormon estrogen yang ada di dalam tubuhmu nggak seimbang. Dengan melakukan terapi ini, diharapkan kamu bisa segera mendapatkan menstruasi pertama, ya!

Nah, itu dia beberapa cara agar cepat menstruasi bagi anak yang belum menstruasi. Jangan sedih kalau kamu belum juga haid, sebab setiap orang mengalami haid pada waktu yang berbeda-beda.

Meski begitu, kalau cara di atas belum berhasil, berkonsultasi bersama dokter tentunya menjadi pilihan yang tepat dan aman.

Baca Juga Disini:

Penyebab Tanda Tanda Menstruasi Pada Anak Telat

Apa itu Pubertas Mengapa Temanku Sudah Menstruasi Sedangkan Aku Belum

Masalah Menstruasi Pada Masa Pubertas

cara agar cepat menstruasi bagi anak yang belum menstruasi
Komentar (31)
A

AN
Alifia Nur Laily Maulidina
wahh artikel sangat bagus
19 days ago
Balas
An
Anonymous
terimakasih sangat membantu
19 days ago
Balas
Si
Siti iprohul puadah
Terima kasih min
19 days ago
Balas
floating-icon