Kembali

Girl's Life

Jangan Sampai Jadi Gak Pede! Ini 6 Cara Mengatasi Bau Badan Wanita

 Jangan Sampai Jadi Gak Pede! Ini 6 Cara Mengatasi Bau Badan Wanita


Pubertas atau masa puber adalah momen saat anak mulai beranjak remaja. Beberapa dari kamu mungkin udah mengetahui apa itu pubertas, khususnya bahwa saat masa inilah hormon dalam tubuh mengalami perubahan sehingga kadang memicu bau badan yang bikin nggak pede.

Selain perubahan hormon, bau badan bisa muncul ketika keringat bertemu dengan bakteri. Biasanya, lipatan-lipatan tubuh memiliki bau badan yang lebih menyengat dibanding anggota tubuh lain. Nah, ada nggak sih cara mengatasi bau badan wanita?

Tentu saja, ada berbagai cara ampuh yang bisa kamu coba agar tidak bau badan. Tapi sebelum itu, kita cari tahu dulu yuk, kenapa bisa muncul bau badan.

Kenapa ya, kita bisa bau badan?

Bau badan mungkin seringkali membuat Charm Girls jadi nggak pede, terlebih ketika keringat sedang susah dikontrol. Namun, apa sih penyebab sebenarnya dari bau badan dan bagaimana cara menghilangkannya?

Bau badan terjadi ketika bakteri padai permukaan kulit bersentuhan langsung dengan keringat. Ketika kamu berkeringat karena melakukan aktivitas berat, keringat yang kaya akan air, garam, dan lemak akan bercampur jadi satu bersama bakteri dan bau badan pun akan muncul.

Namun, jumlah keringat yang keluar dari tubuhmu nggak selalu memengaruhi bau badan. Itu sebabnya ada seseorang yang banyak berkeringat, tetapi tubuhnya nggak bau. 

Sebaliknya, ada seseorang yang memiliki bau badan nggak sedap meskipun jarang berkeringat. Kalau kamu mengalami hal ini, tentu kamu perlu tahu bagaimana cara menghilangkan bau badan yang ampuh.

Nggak hanya itu, Charm Girls. Masih ada faktor lain yang bisa memengaruhi bau badan, di antaranya:

  • olahraga berlebihan,
  • konsumsi obat-obatan tertentu,
  • stres atau cemas berlebih,
  • cuaca panas,
  • kelebihan berat badan, dan
  • gen tertentu yang ada di dalam tubuhmu.

Uniknya, bau badan tiap orang berbeda-beda, ada yang manis, asam, dan tajam seperti bau bawang. Perbedaan ini biasanya juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di atas.

Cara mengatasi bau badan pada wanita

Bau badan bukan masalah sepele yang bisa diabaikan gitu aja. Soalnya, bau badan yang menyengat bisa menyebabkan orang terdekat atau bahkan kamu sendiri jadi resah. Nah, bagaimana ya cara menghilangkan bau badan tersebut?

1. Jaga kebersihan dirimu

Cara pertama agar tidak bau badan yaitu menjaga kebersihan diri sendiri. Charm Girls dianjurkan untuk mandi setidaknya satu kali sehari, terlebih jika baru kembali dari bepergian. Pasalnya, mandi akan menghilangkan keringat dan bakteri di kulit.

2. Gunakan deodoran sebelum bepergian

Deodoran berfungsi untuk mencegah bau pada lipatan tubuhmu. Maka dari itu, kamu perlu memakai deodoran sebelum bepergian. Bila perlu, bawalah deodoran ke mana pun kamu pergi supaya bisa dipakai kembali ketika bau badan mulai muncul lagi.

3. Gunakan sabun antibakteri

Jika Charm Girls punya masalah bau badan yang bandel, cobalah mengganti sabun di rumah dengan sabun yang memiliki kandungan antibakteri. Senyawa khusus dalam sabun tersebut bisa membunuh bakteri, sehingga bau badan pun dapat teratasi.

4. Pentingnya menjaga kebersihan pakaian

Hal lain yang nggak kalah penting dalam mengatasi bau badan wanita adalah menjaga kebersihan pakaian. Segera ganti pakaian ketika kamu berkeringat atau pulang dari bepergian, sebab pakaian yang kotor bisa menjadi sarang bakteri.

Ingat kalau bakteri dan keringat yang bercampur akan menimbulkan bau badan? Maka dari itu, jagalah kebersihan pakaian dengan rajin mengganti dan mencucinya.

5. Hindari makanan penyebab bau badan

Bau badan nggak sedap juga bisa diakibatkan oleh makanan. Jika Charm Girls sedang berkeringat, makanan penyebab bau badan di bawah ini bisa memperkuat aroma nggak sedap dari tubuh.

Makanan yang perlu kamu kurangi agar tidak bau badan yaitu:

  • bawang putih,
  • bawang bombay, 
  • daging merah, dan
  • makanan laut.

6. Kunjungi dokter bila perlu

Kalau bau badan sangat mengganggu aktivitasmu, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi kelenjar keringat agar permasalahan bau badanmu bisa segera teratasi.

Charm Herbal Ansept+ buat mengatasi bau ketika menstruasi 

Anak perempuan yang sudah melewati pubertas akan mengalami menstruasi pertama. Kadang-kadang, bau badan juga bisa muncul dari miss v saat kamu menstruasi. Untuk itu, kamu perlu menjaga kebersihan diri untuk mencegah munculnya bau nggak sedap di area miss v.

Nah, salah satu solusinya yaitu dengan memakai pembalut herbal berbahan daun sirih seperti CHARM Herbal Ansept+. Pembalut ini mengandung ekstrak lima herbal pilihan berupa daun sirih, kunyit, jahe, lidah buaya, dan manjakani.

Kelimanya adalah bahan antiseptik alami yang akan memberikan perlindungan higienis sehingga bisa mengurangi bau badan pada wanita saat menstruasi. Selain itu, kamu juga lebih terlindungi dari infeksi bakteri di sekitar miss v.

Material pembalut CHARM Herbal Ansept+ juga terbuat dari 100% kapas sehingga cocok untuk semua kulit, termasuk kulit di sekitar area miss v yang sensitif. Jadi, kulit di area miss v akan tetap nyaman tanpa iritasi.

Ditambah lagi, lapisan materialnya yang kuat dan teknologi pori serap ekstra bisa bantu mencegah kebocoran saat menstruasi lagi banyak-banyaknya. Jadi, bau badan hilang, aktivitas pun jadi nyaman!

Baca Juga Disini: 

Efek Hormon Pada Tubuh Saat Menstruasi Apakah Bikin Bau Juga

Stop 7 Kebiasaan Buruk Ini Agar Menstruasi Tidak Berbau

5 Badan Dapur Bantu Kamu Cegah Bau Menstruasi

mengatasi bau badan wanita
agar tidak bau badan
bagaimana cara menghilangkan bau badan
Komentar (103)
A

Avatar Profile Image
Raara Audrellia
Hu
19 days ago
Balas
Fy
Febrii yana sari
P
19 days ago
Balas
An
Anonymous
Membantu bgt
19 days ago
Balas
floating-icon