Kembali

Girl's Life

Apa Itu Pubertas? Mengapa Temanku Sudah Menstruasi Sedangkan Aku Belum?

Apa Itu Pubertas? Mengapa Temanku Sudah Menstruasi Sedangkan Aku Belum?


Charm Girls, buat kalian yang sedang dalam usia remaja sering dengar gak sih istilah pubertas. Istilah ini pasti selalu ada di buku-buku sekolah, salah satu tandanya adalah perubahan fisik. Lalu apa itu pubertas?

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan fase pubertas harus dilalui oleh setiap anak supaya menjadi dewasa, ini adalah fase yang menjembatani masa anak-anak ke masa dewasa Charm Girls, dan ditandai dengan berbagai macam perubahan baik dari segi fisik-biologis maupun segi psikis. Pubertas pada anak perempuan terjadi lebih awal dibandingkan anak lelaki, yaitu pada usia 8 sampai 13 tahun, dengan rata-ratanya terjadi pada usia 10 tahun. 

Charm Girls perlu tau pubertas menyebabkan perubahan fisik, dan mempengaruhi anak laki-laki dan perempuan secara berbeda. 

Baca Juga: Pubertas-proses menuju kedewasaan

Perubahan yang dialami saat pubertas

Pada anak laki-laki, pubertas biasanya diawali dengan testis dan penis yang semakin membesar. Kemudian tumbuh rambut di area kemaluan dan ketiak. Otot yang mulai tumbuh, suara semakin dalam, dan rambut wajah berkembang saat pubertas berlanjut.

Sedangkan apa itu pubertas bagi anak perempuan? 

Nah Charm Girls, tanda pertama pubertas biasanya adalah perkembangan payudara. Kemudian tumbuh rambut di area kemaluan dan ketiak dan menstruasi, hal ini biasanya terjadi terakhir.

Ada beberapa hal yang terjadi selama pubertas baik untuk anak laki-laki maupun perempuan, yakni terkena jerawat, juga biasanya memiliki lonjakan pertumbuhan atau peningkatan tinggi badan yang cepat yang berlangsung selama sekitar dua atau tiga tahun.

Setiap Orang Memiliki Umur Pubertas Yang Berbeda, Kok Bisa Ya?

Mulainya pubertas pada anak perempuan ditandai dengan pertumbuhan payudara atau disebut dengan breast budding. Pada tahapan ini payudara tumbuh seperti gunung kecil yang terkadang sakit jika payudaranya bersentuhan dengan baju atau ketika tidak sengaja tersentuh. 

Jika anak perempuan tumbuh payudara pada usia kurang dari 8 tahun maka kemungkinan anak mengalami pubertas prekoks, sedangkan jika anak perempuan sampai usia 13 tahun belum tumbuh payudara maka disebut mengalami pubertas terlambat ya Charm Girls, jadi usai pubertas seseorang pasti berbeda-beda

Pubertas pada anak disebut juga harus terjadi dalam tahapan yang timbul secara berurutan, menstruasi menunjukkan bahwa pubertas sudah mendekati akhir atau ini tahapan akhir pubertas pada perempuan. IDAI menjelaskan, tahapan pubertas ini harus berjalan berurutan. Menstruasi tidak akan terjadi jika belum ada pertumbuhan payudara ya Charm Girls.

Baca Juga: Perbedaan Fisik Laki-laki dan Perempuan Kayak Gimana Ya?

Kemudian menstruasi menunjukkan bahwa pertambahan tinggi badan Charm Girls sudah mendekati akhir.

Lalu kenapa sih ada remaja lain, masa pubertas yang datang lebih awal biasanya sering terjadi ke anak perempuan, dan terjadi karena beberapa hal, pertama gangguan pada kelenjar tiroid atau ovarium, kondisi genetik seperti sindrom McCune-Albright, gangguan otak karena tumor, infeksi, efek samping radioterapi atau pascaoperasi, dan beberapa penyebab yang tidak diketahui secara pasti, hal ini sebaiknya didiskusikan dengan dokter.

Mengobati pubertas yang terlalu cepat bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan untuk mengurangi kadar hormon dan menghentikan perkembangan seksual selama beberapa tahun.

Kemudian, pubertas yang tertunda adalah ketika anak perempuan belum mulai mengalami pertumbuhan payudara pada usia 13 tahun, atau mereka payudara telah tumbuh tetapi menstruasi belum dimulai pada usia 15 tahun

Penyebab pubertas tertunda juga tidak selalu jelas. Pubertas yang tertunda umumnya lebih sering terjadi pada anak laki-laki. Namun ada beberapa penyebab, yaitu penyakit jangka panjang, seperti cystic fibrosis, diabetes atau penyakit ginjal malnutrisi, mungkin karena gangguan makan atau kondisi seperti cystic fibrosis atau penyakit celiac masalah dengan ovarium, testis, kelenjar tiroid atau kelenjar pituitari. Kemudian gangguan perkembangan seksual, seperti sindrom insensitivity androgen kondisi genetik, seperti sindrom Kallman dan sindrom Klinefelter.

charm
apa itu pubertas
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Ooo gitu yaa, baru tau aku penyebab terlambat pubertas .
4 days ago
Balas