Kembali

My Growing Up Body

Macam-macam darah haid dan aromanya
Macam-macam darah haid dan aromanya


Charm Girls, kamu pernah menyadari bahwa macam-macam darah haid berbeda- beda? Bukan  hanya warnanya bahkan aroma darah haid bisa berbeda juga lho! 

Si merah yang penting dalam kehidupan 

Darah adalah cairan tubuh yang terbuat dari jaringan hidup, mengalir di seluruh bagian tubuh  lewat kumpulan jaringan pembuluh darah. Fungsinya juga penting banget, Charm Girls. Darah akan mengirimkan zat gizi ke sel-sel di dalam tubuh, membuang limbah proses  metabolisme dari dalam sel dan yang terpenting; mengantarkan oksigen dari paru-paru ke  seluruh organ dan jaringan tubuh. 

Ya, jika kamu perhatikan darah menstruasi itu tidak hampir banyak berbeda, hanya saja darah  menstruasi mengandung sisa jaringan dari dinding rahim yang luruh setelah proses ovulasi.  Ohya, dari aromanya kamu bisa tau bahwa darah menstruasi berbeda! 

Baca Juga : Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!

Macam-macam darah haid punya aroma yang khas. Baunya begitu tajam padahal sama-sama  darah? Bahkan, saking aromanya kurang sedap, beberapa cewek malah jijik dengan darah  haidnya sendiri, Charm Girls!

Aroma darah ada hubungannya dengan aroma tubuh! 

Tubuh manusia tuh punya aroma alami. Nggak hanya tubuh, area intim cewek atau vagina, juga  mengeluarkan bau yang berbeda-beda. Aroma tubuh dapat berubah tergantung pada pola  makan dan kesehatan, banyak hal yang membuat bau tubuh muncul ditentukan oleh genetika. Salah satunya feromon! 

Macam-macam darah haid dan aromanya
Bau Darah Haid 

Feromon merupakan senyawa kimia tubuh yang dapat mempengaruhi reaksi sosial; artinya  orang lain punya caranya sendiri untuk menyadarinya; begitupun juga kamu. Feromon pada  manusia sangat berbeda, tergantung individu masing-masing, Charm Girls. Nah, feromon juga  dapat mempengaruhi naik turunnya hormon estrogen pada tubuh cewek dan tentunya masa  menstruasi. 

Lanjut lagi tentang macam-macam bau darah haid 

Vagina cewek yang sehat ternyata memang memiliki aroma yang berbeda pada waktu yang  berbeda dalam sebulan. Tergantung pada aroma unik yang dimiliki tubuh Anda, bau area intim  cewek juga akan terus berubah seiring dengan terjadinya siklus menstruasi yang berbeda.  Selain itu, faktor seperti berkeringat dan berolahraga juga bisa membuat area intim wanita  berbau dengan cara tertentu, tapi cuma untuk sementara aja kok!

Macam-macam bau darah haid 

Macam-macam bau darah haid pun masih bisa dibagi ke dalam beberapa jenis lagi, tergantung  dari beberapa faktor kesehatan kamu, Charm Girls! 

Macam-macam darah haid dan aromanya
Macam-Macam Bau Darah Haid 

Aroma metalik  

Darah menstruasi bisa menghasilkan bau logam yang cukup menyengat, seperti bau koin  tembaga. Biasanya sih gara-gara banyaknya zat besi dalam darah yang dikeluarkan dan kamu  nggak perlu takut sama sekali! 

Aroma busuk 

Kalo darahmu tercium seperti aroma busuk berarti itu disebabkan oleh benda asing, seperti  pembalut atau tampon yang sudah terlalu lama tidak diganti. Hayooo, jangan malas untuk  mengganti pembalutmu ya, setidaknya setiap 4 jam sekali! Kalo nggak, vagina bisa jadi lembab  dan virus, jamur, atau bakteri jahat akan mudah berkembang biak…. Ih, serem! 

Bau darah yang seperti bau ketiak 

Hal ini bisa dipicu oleh kelenjar keringat apokrin yang berada di area genital. Keringat apokrin  bercampur dengan bakteri di kulit, sehingga darah haid justru berbau seperti bau badan atau  bau ketiak. Segera mandi dengan sabun, ganti pembalut, dan pilih pakaian dalam yang  menyerap, ya, Charm Girls!

Darah haid bau amis  

Namanya juga darah jadi itu sebenarnya wajar jika beraroma amis, tetapi kalo amisnya sudah  terlalu menusuk, maka takutnya ada infeksi bakteri vaginosis pada vagina, Charm Girls!  Bakterial vaginosis adalah infeksi vagina yang dipicu oleh pertumbuhan bakteri berlebih.

Seperti itulah macam-macam bau darah haid~ 

Selama aromanya masih wajar seperti darah haid umumnya, kamu tidak perlu khawatir. Namun  jika ada bau yang sangat mengganggu, disertai gejala gatal atau panas, sakit; 

please 

segera  kasih tahu Papa dan Mama untuk mengajakmu segera periksa ke dokter demi mendapatkan  pemeriksaan yang tepat, Charm Girls!

Komentar (0)
A