Kembali

Tentang Menstruasi

Warna Darah Menstruasi Kecoklatan, Kenapa Ya?
Warna Darah Menstruasi Kecoklatan, Kenapa Ya?


Warna darah menstruasi bisa beragam, Charm Girls. Bisa juga berwarna merah, kecoklatan, keabuan, atau tidak jarang juga ada flek coklat.

Apa itu flek coklat?

Munculnya flek coklat yang sekilas terlihat seperti warna darah menstruasi di luar jadwal menstruasi sering kali menyebabkan kekhawatiran, apakah hal tersebut normal atau tidak bagi para wanita. Tapi tenang Charm Girls, tubuh wanita secara alami memang akan mengeluarkan cairan atau lendir dengan variasi warna dan tingkat kekentalan yang berbeda-beda kok! Hal ini tergantung dengan momentum siklus menstruasi kalian, dan salah satunya adalah flek coklat. Flek coklat pada umumnya akan keluar sebelum dan sesudah jadwal menstruasi. Ciri-ciri flek coklat saat di luar jadwal menstruasi adalah warna darah menstruasi berwarna merah muda hingga kecoklatan, volume darah lebih sedikit, mudah mengering, dan meninggalkan noda di celana dalam.

Baca Juga: Ini penyebab warna darah menstruasi pink

Penyebab keluarnya flek coklat dan warna darah menstruasi yang bisa berbeda-beda

Nah, penyebab flek coklat yang muncul saat sebelum atau sesudah masa menstruasi bisa disebabkan oleh berbagai hal, dari yang tergolong normal hingga tidak normal. Supaya kamu gak khawatir, yuk mending kita baca dulu bareng-bareng untuk mengetahui beberapa penyebab flek coklat dan warna darah menstruasi yang tergolong normal dan tidak normal.

Flek coklat yang tergolong normal

Charm Girls, flek coklat yang kamu alami di luar jadwal menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa hal ini yang merupakan flek coklat yang tergolong normal:

1. Gejala PMS

Penyebab flek coklat yang paling umum adalah gejala PMS, yang menandakan bahwa kamu akan memasuki masa menstruasi kamu dalam waktu dekat. Umumnya flek coklat pada gejala PMS ini akan muncul selang 1-2 hari sebelum memasuki masa menstruasi.

2. Sisa darah menstruasi

Flek coklat juga bisa jadi disebabkan oleh cairan keputihan yang sedikit bercampur dengan darah lama sisa menstruasi kamu. Flek coklat ini akan muncul di masa setelah menstruasi, karena sisa darah yang masih menempel pada dinding rahim dapat keluar sewaktu-waktu dan menjadi cairan atau darah menstruasi dengan warna coklat.

Warna Darah Menstruasi Kecoklatan, Kenapa Ya?
Penyebab Menstruasi Sedikit dan Berwarna Coklat

3. Baru melakukan Pap Smear

Pemeriksaan di area vagina dapat menyebabkan munculnya flek coklat. Namun nggak perlu khawatir Charm Girls, flek coklat ini nantinya akan hilang dengan sendirinya kok.

4. Ciri-ciri hamil

Penyebab keluarnya flek coklat atau warna darah menstruasi kecoklatan juga bisa jadi merupakan tanda kehamilan. Hal ini terjadi karena sel telur berhasil dibuahi oleh sperma dan menempel ke dinding rahim. Flek coklat yang keluar sebagai tanda kehamilan biasanya disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit kepala, mual dan muntah, perut terasa kram, dan lainnya.

Flek coklat yang tergolong tidak normal

Meski flek coklat yang terjadi di luar masa menstruasi merupakan hal yang normal, namun ada juga flek coklat yang tergolong tidak normal, Charm Girls.

1.   Penyakit radang panggul

Penyakit ini merupakan infeksi pada organ reproduksi wanita, seperti rahim, leher rahim, indung telur, atau tuba falopi. Dan salah satu gejala yang timbul dari penyakit ini adalah keluarnya flek coklat yang memunculkan aroma tidak sedap.

Warna Darah Menstruasi Kecoklatan, Kenapa Ya?
Radang Panggul

2.   Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS merupakan penyakit yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon androgen dalam tubuh yang mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur sehingga memicu munculnya flek coklat di antara waktu menstruasi.

3.   Kanker serviks

Gejala kanker serviks biasanya adalah rasa nyeri saat berhubungan seks, pendarahan setelah berhubungan seks, dan flek coklat yang muncul saat sebelum atau sesudah mens, hingga siklus menstruasi yang berlangsung lebih lama.

So Charm Girls, itu dia beberapa penyebab warna darah menstruasi atau flek coklat yang tergolong normal dan tidak normal. Nah, jika saat ini kamu masih khawatir dengan penyebab flek coklat yang kamu alami, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya! Supaya ada penindakan lebih lanjut jika memang terjadi suatu hal yang tidak diharapkan Charm Girls!

menstruasi
warna darah menstruasi
warna darah menstruasi kecoklatan
flek coklat
warna darah haid
Komentar (3)
A

An
Anonymous
informatif bgt minn!❤️
15 days ago
Balas
An
Anonymous
iya min
12 days ago
Avatar Profile Image
Oktrin Dwi Lestari
ifonya berguna seperti saya yang baru berumur 11 tahun sudah menstruasi saya setiap awal pms selalu darah warna coklat
12 days ago
Balas