Kembali

Edukasi

Pola Tidur yang Baik untuk Remaja Itu Seperti Apa Sih?

Pola Tidur yang Baik untuk Remaja Itu Seperti Apa Sih?


Pertumbuhan tubuh akan terlihat jelas ketika kamu beralih dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Pasalnya, selama masa ini, bakal ada perubahan pada fisik, emosi, dan mental seseorang.

Ada banyak hal yang membantu mendukung pertumbuhan selama masa remaja, salah satunya kualitas tidur. Bahkan, orang yang selama masa pertumbuhannya menerapkan pola tidur yang baik akan terlihat lebih bahagia dan bugar.

Lantas, pola tidur yang baik untuk remaja itu yang seperti apa, sih? Mari kupas tuntas di sini!

Waktu tidur yang baik untuk remaja

Remaja membutuhkan jam tidur yang lebih banyak dari orang dewasa. Kalau orang dewasa perlu tidur selama 7–9 jam per hari, jam tidur remaja idealnya adalah 8–10 jam dalam hari.

Waktu tidur yang baik akan membantu pertumbuhan otak dan tubuh. Kebutuhan energi esok hari pun bisa tercukupi dengan baik. Maka, remaja yang memiliki jam tidur baik akan terlihat bugar dan tidak tampak kelelahan.

Sayangnya, remaja kerap kali memilih begadang untuk mengerjakan tugas sekolah dan mengganti jam tidurnya pada keesokan hari. Namun, tidur malam nggak bisa digantikan dengan tidur siang.

Ini lantaran saat tidur malam, akan terjadi perbaikan sel-sel otak yang telah rusak pada hari sebelumnya. Karena alasan inilah pola tidur yang baik begitu penting untuk remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Untuk mendapatkan waktu tidur yang ideal, para remaja bisa membuat jadwal tidur dan mengatur alarm sebagai pengingat. Tidur 8 jam memang udah paling minimal, tapi ini nggak masalah dibanding kamu bergadang semalaman.

Manfaat tidur yang cukup untuk remaja

Tidur bukan suatu hal yang bisa disepelekan. Kebutuhan tidur bahkan sama pentingnya dengan kebutuhan makan sehari-hari, lho, Charm Girls! Tidur yang cukup justru dapat membawa banyak manfaat jika diterapkan secara rutin.

Yuk, simak apa aja manfaat dari tidur cukup pada remaja!

1. Menjaga berat badan

Jam tidur yang cukup bisa membantu mencegah obesitas. Kurangnya jam tidur akan meningkatkan kadar ghrelin dalam tubuh. Peningkatan hormon ghrelin akan membuat remaja terus merasa lapar sehingga nggak bisa mengontrol siklus makan mereka.

Kurangnya jam tidur juga akan membuat remaja kelelahan sehingga nggak berminat untuk olahraga. Dua hal tersebut bisa membuat kamu lebih rentan mengalami obesitas. Maka dari itu, penting sekali memiliki jam tidur ideal agar berat badan tetap terjaga.

2. Menambah konsentrasi

Ketika tidur, otak akan memperbaiki sel-selnya yang rusak. Dibandingkan remaja yang gemar bergadang, remaja dengan pola tidur yang baik yang cukup bisa berkonsentrasi penuh sehingga pelajaran di sekolah akan lebih mudah dicerna.

Konsentrasi yang dihasilkan dari jam tidur ideal juga bisa meningkatkan produktivitas remaja. Hasilnya, kamu bisa melakukan aktivitas dengan maksimal, mengerjakan berbagai tugas lebih cepat, dan kembali tidur tepat waktu. 

3. Menghindari penyakit

Tentunya kamu udah paham bahwa begadang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Contohnya, begadang dan kurang tidur bisa menyebabkan penurunan kinerja insulin, perubahan hormon makan, dan perubahan perilaku.

Ketiganya bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, seperti diabetes, obesitas, dan masalah pada jantung. Maka dari itu, penting bagi remaja untuk memiliki pola tidur yang baik untuk melindungi dirinya dari berbagai resiko penyakit.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kurang tidur juga bisa menurunkan kekebalan tubuh pada remaja. Kalau udah begitu, kamu akan lebih mudah terserang penyakit. Contoh nyatanya, remaja yang tidur kurang dari 5 jam semalam lebih mudah kena flu dibandingkan remaja dengan jam tidur ideal.

Makanya, memiliki jam tidur yang cukup pada remaja jadi sebuah bentuk perlindungan untuk tubuh. Remaja dengan sistem imun yang cukup kuat tentunya bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan nggak gampang sakit.

5. Meningkatkan suasana hati

Manfaat lain yang nggak terduga dari tidur yang cukup adalah meningkatnya suasana hati. Kamu bahkan cuma perlu tidur delapan jam semalam untuk mendapatkan manfaat ini, lho! Besoknya, kamu bisa bangun di pagi hari dengan mood yang baik.

Tidur cukup juga membuatmu terhindar dari rasa lelah, sehingga seluruh tubuh terasa nyaman untuk beraktivitas. Dibandingkan remaja yang senang bergadang, remaja yang tidur cukup cenderung terlihat lebih bersemangat.

6. Membuat tubuh jadi bugar

Tidur bisa mengistirahatkan tubuh dan otak yang telah bekerja seharian. Tidur yang cukup dipercaya bisa meningkatkan motorik halus, kekuatan otot, dan daya tahan otot sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar setelah beristirahat selama 8-10 jam. 

Kesalahan pola tidur yang sering dilakukan remaja

Remaja seringkali tidur larut karena beberapa alasan, seperti menyelesaikan tugas atau bermain HP. Padahal, tidur larut sangat nggak baik untuk masa pertumbuhan remaja. Berikut ini kesalahan pola tidur pada remaja yang sebaiknya segera dihindari.

  • Begadang.
  • Tidur kurang dari lima jam sehari.
  • Mengganti jam tidur di siang hari.
  • Bangun terlalu siang.

Selain karena kebiasaan buruk di atas, kadang-kadang kualitas tidur juga bisa menurun ketika remaja mengalami menstruasi. Alasannya tentu karena takut akan bocor, apalagi ketika haid lagi banyak-banyaknya.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Kamu bisa mengusir masalah tidur saat haid dengan memakai pembalut malam yang pas. Pembalut malam Charm Safe Night dirancang sedemikian rupa untuk mencegah bocor dan kerut, bahkan pada hari-hari pertama haid

Ada berbagai varian pembalut malam panjang Charm Safe Night yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, mulai dari Charm Safe Night Wing 29 cm hingga Charm Safe Night Gathers 42 cm yang paling panjang dan dilengkapi tiga lapisan penyerap.

Selain membantu supaya tidur jadi lebih nyaman, pembalut malam juga bisa membantu menjaga kebersihan reproduksi dengan mencegah bocor. Ditambah dengan kebiasaan sehat dan pola tidur yang baik, masa remaja akan jadi masa emasmu!

Baca Juga Disini:

Apa ya Bedanya Pembalut Siang dan Malam

Ini Fakta Fakta Pembalut Charm Malam  

Pembalut Charm Malam Cegah Bocor dan Tidur pun Jadi Nyaman

pola tidur yang baik untuk remaja
Komentar (569)
A

An
Anonymous
Terimakasih , sangat membantu sekali
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Linar Linarsyah Anggareini
wah jadi bangun terlalu siang juga termasuk
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Bang Benka
A
7 months ago
Balas
floating-icon