Kembali

Stay Productive

Olahraga asik di masa menstruasi
Olahraga asik di masa menstruasi


Kram pada bagian perut, lemas, pusing, mual, pegal-pegal di seluruh badan adalah beberapa keluhan yang normal banget dirasakan pada masa menstruasi berlangsung. Hampir dari semua anak perempuan mengalami hal itu kok, Charm Girls. Apakah kalian juga merasakan gejala-gejala haid seperti itu?

Nah, selain tubuh yang nggak stabil dan dipengaruhi hormon saat menstruasi yang bikin mood jadi nggak karuan, pembawaannya jadi pengen rebahan alias mager banget untuk bergerak… Apalagi harus pergi olahraga? Iya kan, Charm Girls?

Baca Juga : Aktif berolahraga walaupun lagi ‘dapet’ - Charm Girl's Talk

Rebahan di kasur, sambil scrolling sosial media atau online shop kayaknya jadi cara yang paling benar untuk membuat tubuh dan mood jadi lebih nyaman. Eh tapi, siapa sangka kalau berolahraga dapat meringankan gejala haid yang nggak enak itu lho, Charm Girls?

Masih nggak percaya? Nah, berikut ini beberapa olahraga dan tips yang bisa kamu gunakan saat ingin berolahraga asik pas masa menstruasi!

  1. Yoga
Olahraga asik di masa menstruasi
Yoga

Yoga adalah sebuah olahraga yang hype banget, lho Charm Girls. Dulu yoga yang lebih sering
dianggap meditasi dianggap dapat mengatasi nyeri tubuh dan meredakan bad mood! Cocok
banget untuk kamu yang lagi merasakan nyeri haid. Selain itu, yoga juga bagus untuk
menambah tenaga dan energi.

Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan yang ringan saja. Seperti, meregangkan kaki, tangan
dan lengan serta punggung. Lalu lanjutkan dengan pose-pose sederhana dengan mengatur
nafas juga ya, Charm Girls. Dijamin deh, tubuh yang berkeringat akan menjadi moodbooster
banget.

Ohya, hindari gerakan-gerakan yang terlalu berat untukmu, karena bisa saja terjadi cedera!
Nanti bukan menjadi lebih segar, badan malah menjadi lebih sakit. So, be careful, Charm Girls.
Nggak usah memaksakan diri, okay?

 

  1. Dance atau Zumba 

Olahraga yang satu ini, seru banget lho, Charm Girls. Alatnya mudah banget, cukup dengan
musik favorit kamu! Mau lagu K-Pop sampai lagu rock, bisa banget dibawa dance! Dengan
zumba atau dance, tubuhmu akan banyak sekali bergerak dan otot akan merenggangkan
dirinya. Sehingga, akan meredakan rasa nyeri haid.

Lagu asyik pilihanmu juga dapat membuat mood kamu lebih baik! Biarpun sedang ada di masa
menstruasi, kamu bisa jadi dancer atau anggota girlband kesukaanmu lho, hehehe. Jadi, tunggu
apa lagi? Let’s move it move it, Charm Girls!

  1. Bersepeda
Olahraga asik di masa menstruasi
Bersepeda

Olahraga yang lagi viral lainnya nih, main sepeda! Dengan bersepeda, ototmu tidak akan
begitu kaget dan dapat mengurangi potensi cedera daripada kebanyakan bentuk olahraga
lainnya. Jantungmu akan lebih rajin untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh otot
termasuk rahim, Charm Girls!

Dengan bersepeda, kamu juga dapat mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar rumahmu.
Lumayan banget untuk jadi bahan upload di sosial media. Tuh kan? Kata siapa nyeri haid bikin
kamu nggak bisa tetap eksis?

Ohya, karena olahraga ini dilakukan di luar rumah, ada baiknya kamu menggunakan pembalut
bersayap atau celana menstruasi yang nyaman!

  1. Jogging
Olahraga asik di masa menstruasi
Jogging

Berjalan kaki atau jogging adalah olahraga yang paling gampang untuk dilakukan. Tak perlu
jauh-jauh, cukup di sekitar rumah saja, Charm Girls. Kamu juga dapat menyesuaikan dengan
waktu yang kamu punya, mau pagi atau sore, dua-duanya sama asyiknya!

Nah, karena olahraga ini dilakukan di luar ruangan juga, jadi ingat untuk menggunakan
pembalut bersayap atau celana menstruasi agar nyaman seharian, okay?!

 

  1. Pilates

Pilates masuk ke dalam olahraga yang asik untuk dilakukan saat masa menstruasi, lho, Charm
Girls! Selain membuat tubuh kamu menjadi rileks, gerakan pilates juga menggunakan otototot
dasar panggul jadi bisa banget untuk mengurangi nyeri haid.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat berolahraga ketika masa menstruasi

  • Pada masa menstruasi, tubuhmu mungkin tidak sekuat biasanya. Jadi tak perlu
    memaksakan diri ya, Charm Girls. Tujuan utama dari olahraga kan untuk kesehatan,
    bukan untuk membuatmu cedera. So, take care! Di hari-hari pertama menstruasi, kamu
    bisa memilih olahraga dengan tempo yang agak ringan, kemudian tambah intensitasnya
    seiring dengan berakhirnya menstruasimu.
  • Pastikan tubuhmu tetap terhidrasi! Bawa botol minum favorit bersamamu saat
    berolahraga ya.
  • Olahraga akan membuat tubuhmu banyak bergerak, jadi ingatlah untuk menggunakan
    pembalut bersayap agar pembalut kamu gak geser tetap pada tempatnya dan bisa
    menampung maksimal ya.
Olahraga asik di masa menstruasi
Pembalut Bersayap
  • Bersihkan tubuhmu setelah selesai berolahraga! Ini wajib banget loh, Charm Girls!
    Jangan sampai keringat hasil olahraga diam pada kulitmu dan berubah jadi bakteri! No!
    Mandi setelah olahraga juga akan membuat tubuhmu kembali segar dan bersih.
    Gunakan juga waktumu ini untuk mengganti pembalut, ya!
  • Kamu bisa cek ke instagram @charmidn ya di section IG TV yang sudah tersedia
    berbagai video olahraga yang sesuai dengan hari menstruasimu, Charm Girls.

 

Komentar (0)
A