Kembali

Girl's Life

Chingu, Suka Telat Haid? 5 Olahraga Melancarkan Haid

Chingu, Suka Telat Haid? 5 Olahraga Melancarkan Haid


Situasi ketika telat menstruasi memang bisa bikin kamu stres. Tak mengherankan, kalau berbagai cara dilakukan untuk menjaga siklus menstruasimu tetap teratur.

Nyatanya, ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan siklus menstruasimu loh. Yups, apalagi kalau bukan dengan olahraga.

Berbagai penelitian dan studi sejauh ini, memang terus menerus menyatakan kalau olahraga itu sangat baik untuk kesehatan. Belum ada bukti ilmiah kuat yang melarang keras seseorang wanita untuk melakukan olahraga ketika menstruasi. 

Walaupun begitu, siapa yang menyangka kalau ternyata olahraga juga memiliki manfaat untuk melancarkan siklus haid kamu loh.

Meskipun dapat membantu melancarkan siklus menstruasi kamu, namun sejatinya tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Lantas, apa saja sih jenis olahraga melancarkan haid?

Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Melancarkan Siklus Menstruasi Kamu

Dilansir dari laman Moms Money yang mengutip Women Health, ada beberapa olahraga untuk membantu melancarkan siklus menstruasi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Olahraga ringan

Yups, olahraga ringan seperti jogging, berenang, bersepeda bisa melancarkan menstruasi kamu loh. Tak hanya itu, olahraga ringan ini adalah jenis latihan yang juga dapat membuat jantung kamu terpacu lebih kuat. Kamu bisa melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari selama 30 menit. Namun, jika belum terbiasa, kamu bisa memulainya selama 15 sampai 20 menit terlebih dahulu ya.

2. Senam

Senam juga bisa menjadi salah satu olahraga yang kamu lakukan untuk melancarkan siklus menstruasi. Salah satu senam yang bisa kamu lakukan adalah senam aerobik. 

Senam aerobik sendiri memiliki segudang gerakan yang membuat tubuhmu lebih terasa bugar. Sehingga, selain kamu mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh, senam juga dapat memperlancar siklus menstruasimu. 

3. Pilates

Latihan pilates dapat membantu tubuh kamu lebih rileks loh. Sehingga, stres yang merupakan penyebab siklus menstruasi tidak lancar, bisa kamu enyahkan dengan melakukan olahraga pilates. 

Kamu disarankan untuk melakukan olahraga pilates sejak dua sampai tiga hari sebelum menstruasi datang.

4. Yoga

Sudah banyak studi dan penelitian yang mengkaji mengenai Yoga dan siklus menstruasi wanita. Studi pada 2013 lalu membuktikan bahwa latihan yoga selama 35 menit sebanyak lima kali seminggu dalam kurun waktu enam bulan, dapat menurunkan kadar hormon biang siklus haid yang enggak teratur.

Maksudnya adalah produksi hormon estrogen dan progesteron yang merupakan hormon terkait siklus menstruasi sedang berada dalam kondisi tidak seimbang di tubuh kamu. Sehingga, siklus menstruasimu tidak lancar.

Meskipun begitu, dengan melakukan yoga, kamu pun bisa membantu menyeimbangkan kembali kedua hormon itu ya. Sehingga, siklus menstruasi kamu pun bisa lancar kembali.

Olahraga Yoga sendiri nyatanya diketahui dapat membantu menyeimbangkan hormon terkait dengan siklus haid yang tidak teratur. Sehingga, dengan hormon yang seimbang berkat bantuan dari olahraga Yoga, kamu pun enggak perlu takut lagi akan telat datang bulan.

5. Jalan kaki ringan

Olahraga ini sebenarnya banyak digemari, khususnya bagi wanita yang sedang menstruasi. Pasalnya, jalan kaki ringan tidak memerlukan banyak effort untuk dilakukan.

Meskipun begitu, jalan kaki ringan memiliki beragam manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan pada tubuh. Salah satunya adalah untuk memperlancar siklus menstruasi.

Menurut sebuah penelitian, olahraga jalan kaki ringan dapat membuat paru-paru bekerja lebih baik pada periode menstruasi. Sehingga, pada periode tersebut, kamu bisa melakukan olahraga ini. Tak hanya itu, olahraga jalan kaki ringan nyatanya juga dapat meminimalisir rasa nyeri yang ditimbulkan ketika sedang menstruasi.

Itulah berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telat datang bulan. Olahraga merupakan salah satu cara paling sehat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keterlambatan siklus menstruasi. Pasalnya, olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke rahim dan juga memicu produksi hormon perasaan senang dan pereda nyeri akibat menstruasi, yaitu endorfin.

Meskipun begitu, tak semua jenis olahraga bisa kamu lakukan ya. Olahraga berat malan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan ketika sedang menstruasi karena malah dapat mengganggu siklus kamu.

olahraga melancarkan haid
Komentar (278)
A

Avatar Profile Image
Alif duwi Apriyansah
Y
22 days ago
Balas
Ze
Zea
iya
21 days ago
Balas
Ze
Zea
bagus
21 days ago
Balas