Kembali

Girl's Life

Wajah Kusam Karena Sering Begadang! Ini Manfaat Tidur Malam

Wajah Kusam Karena Sering Begadang! Ini Manfaat Tidur Malam


Selain merasakan tubuh pegal-pegal, kamu yang sedang menstruasi juga mungkin pernah mengalami kesulitan tidur di malam hari. Tubuh pegal, perut nyeri, hingga kesulitan tidur saat sedang menstruasi tentu saja bakal mempengaruhi mood kamu.

Padahal, mendapatkan istirahat yang cukup bisa membuat mood kamu lebih baik dan tentunya bikin tubuhmu tetap bugar meski sedang menstruasi. Ada cukup banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari tidur di malam hari.

Lantas, apa saja sih manfaat tidur malam hari yang dapat kamu rasakan? Simak saja yuk penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Tidur Cukup di Malam Hari untuk Kesehatan

Kurang tidur memang dapat mempengaruhi mood hingga kesehatan. Mulai dari kesulitan berkonsentrasi, cepat marah, hingga berpotensi mengalami penyakit. 

Tak hanya itu, efek kurang tidur bahkan bisa terpampang nyata di wajah kamu loh. Yups, kamu bisa melihat lingkaran hitam dan mata bengkak di wajah kamu ketika dirimu kekurangan tidur. Enggak cuma itu, wajah kamu pun akan lebih mudah berjerawat dan terlihat lebih tua alias penuaan dini karena masalah kurang tidur ini.

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya kamu harus mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Menurut ahli pun, seorang wanita dewasa dianjurkan setidaknya tidur selama tujuh hingga sembilan jam.

Nah, jika kamu sudah mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, dirimu pun bisa mengalami segudang manfaat dari aktivitas itu. Lalu, apa saja sih manfaat tidur cukup di malam hari kesehatan?

1. Meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh

Tidur yang cukup di malam hari, nyatanya bisa meningkatkan kesehatan jantung kamu dan sistem kekebalan tubuhmu loh. Hal ini dikarenakan, pada saat tidur, sistem kekebalan tubuh mengeluarkan senyawa yang disebut sebagai sitokin. Nah, senyawa ini ternyata memiliki efek perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuhmu.

Bukan hanya itu, menurut SCL Health, tidur yang cukup juga dapat meminimalisir risiko mengalami tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

2. Dapat membuatmu lebih fokus

Kekurangan tidur memang dapat membuatmu tidak bisa konsentrasi. Nah, dengan tidur yang cukup di malam hari, kamu pun bisa terhindar dari masalah ini. Kamu pun bisa lebih fokus ketika sedang bekerja atau menjalankan segudang aktivitas sehari-harimu.

3. Membuat mood kamu menjadi lebih baik

Jika kamu merasa mood-mu tidak baik ketika bangun tidur, bisa jadi permasalahannya karena kurangnya tidur yang cukup di malam hari. Pasalnya, tidur yang cukup di malam hari, bisa membuat kamu merasa lebih segar dan bahagia.

4. Dapat mengendalikan nafsu makan

Saat kamu kekurangan tidur, otak akan dengan cepat menurunkan kadar leptin, yaitu sebuah hormon yang menciptakan rasa kenyang. Akibatnya, kamu pun akan menjadi lebih mudah merasa lapar.

Berkebalikan jika kamu mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tubuhmu malah akan kekurangan kalori karena minimnya pergerakan saat tidur. Sehingga, kamu pun dapat dengan mudah mengendalikan nafsu makanmu.

5. Dapat meningkatkan daya ingat

Diketahui, tidur selama tujuh hingga delapan jam, dapat membuatmu mengalami semua tahap tidur. Dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep nyatanya bisa melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif kamu.

Sehingga, kamu pun akan dengan mudah menerima informasi dan tentunya dapat mengingat lebih baik.

Sayangnya, kamu yang sedang menstruasi terkadang sulit banget untuk mendapatkan tidur cukup di malam hari. Akibatnya, kamu pun akan susah untuk mendapatkan segudang manfaat tidur cukup di malam hari bagi kesehatan.

Walaupun begitu, kamu enggak perlu panik. Pasalnya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari ketika menstruasi.

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari Ketika Menstruasi

Supaya kamu tetap bisa tidur nyenyak dan mendapatkan manfaatnya, dirimu bisa melakukan cara-cara berikut untuk mengatasi kesulitan istirahat di malam hari ketika menstruasi.

1. Relaksasi sebelum tidur

Supaya tidur kamu nyenyak, dirimu bisa melakukan relaksasi terlebih dahulu sebelum memejamkan mata. Kamu bisa melakukan relaksasi seperti mandi air hangat, membaca buku, meditasi, hingga mendengarkan musik sebelum tidur.

2. Pilih posisi tidur yang menurutmu nyaman

Posisi tidur memang krusial banget agar kamu bisa mendapatkan istirahat yang cukup, khususnya ketika sedang menstruasi. Kamu bisa tidur dengan posisi menyamping atau telentang untuk mengatasi sakit otot dan kram perut yang kamu rasakan akibat dari menstruasi.

Selain itu, kamu juga bisa tidur dengan posisi meringkuk sambil memeluk guling atau bantal.

3. Lakukan rutinitas tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari

Menurut salah seorang ketua divisi di Weill Cornell Medical College di New York, Margaret Moline, Ph.D., tidur seharusnya dianggap sebagai hal penting yang sama dengan kebutuhan olahraga, makan, dan lainnya.

Sayangnya, kesulitan tidur cukup di malam hari dialami oleh kamu, khususnya ketika sedang menstruasi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan rutinitas tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini pun akan membantu kamu mendapatkan istirahat yang cukup meski sedang menstruasi.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tidur cukup di malam hari. Kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya meski sedang menstruasi dengan mengatasi kesulitan tidurmu ketika datang bulan dengan cara di atas.

manfaat tidur malam
Komentar (303)
A

An
Anonymous
waww
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Ulpa maya
Sangat bermanfaat
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Dian Apriani
Terutama jga fikiran jgn terlalu stress
a month ago
Balas