Kembali

Edukasi

Puasa Lancar Seharian: Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Puasa Lancar Seharian: Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas


Ramadan memang menjadi bulan yang sering ditunggu-tunggu, khususnya bagi yang beragama Islam. Meskipun begitu, terkadang menu sahur cukup membuatmu bingung untuk membuatnya.

Bagaimana enggak? Kamu harus memikirkan menu sahur yang sehat, simpel, namun mengenyangkan agar bisa menopang segudang kegiatanmu sebelum akhirnya berbuka.

Lantas, apa sih menu sahur yang bisa kamu buat? Asupan apa saja yang harus ada dalam menu sahur sehat agar tidak lemas? Simak saja yuk penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Asupan yang Baik Dikonsumsi saat Puasa

Untuk menjaga kondisi badan kamu tetap prima dan bugar meskipun sedang berpuasa, dirimu harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Pasalnya, asupan tersebut bisa menjaga tubuhmu tetap berenergi ketika menjalani segudang aktivitas.

Nah, ada beberapa asupan yang harus kamu perhatikan ketika membuat menu sahur. Mulai dari mineral, karbohidrat, hingga protein.

1. Konsumsi karbohidrat

Untuk membuatmu merasa kenyang lebih lama, masukkan makanan berkarbohidrat pada menu sahurmu. Pasalnya, zat ini akan menjagamu supaya enggak merasa lapar, dan tentunya juga berguna sebagai cadangan tenaga saat berpuasa.

Meskipun begitu, kamu juga jangan mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan ya. Pasalnya, kamu pun bisa menjadi lebih ngantuk jika mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, jagung, dan gandum.

2. Konsumsi makanan mengandung protein

Untuk mendapatkan energi berlebih saat puasa, kamu harus memasukkan menu yang mengandung protein ketika sahur. Pasalnya, tanpa asupan protein yang cukup, tubuhmu akan terasa lebih lemas dan lunglai tanpa energi. Hal ini diketahui terjadi karena otot dan darahmu kekurangan asam amino.

Nah, asam amino inilah yang sebenarnya digunakan sebagai bahan bakar otot dan darah agar bisa bekerja secara maksimal, khususnya saat sedang berpuasa. Adapun makanan berprotein yang bisa kamu temukan adalah daging, telur, ikan, tahu, dan tempe.

3. Jangan lupa untuk makan buah dan sayur

Makan buah dan sayur memang sangat penting, khususnya ketika kamu sedang berpuasa. Pasalnya, keduanya akan membantu tubuhmu melepaskan energi secara perlahan.

Kamu pun tentunya enggak akan merasa cepat lapar dan masih memiliki tenaga cadangan untuk beraktivitas hingga sore hari. Tak hanya itu, kamu pun juga dapat menjaga kebutuhan vitamin dan mineral tubuh dari buah dan sayur yang dirimu santap saat sahur.

4. Minum air yang cukup agar kamu tidak cepat dehidrasi saat berpuasa

Pastikan kamu mengkonsumsi banyak cairan ketika sahur ya. Hal ini tentu saja dilakukan agar tubuh kamu tidak cepat dehidrasi saat berpuasa karena kekurangan cairan.

Kamu juga bisa menambahkan susu atau jus buah sebagai tambahan cairan dalam menu sahurmu ya.

5. Hindari makanan instan

Makanan instan memang terkadang menjadi menu simpel yang jadi penyelamatmu ketika waktu sudah mau masuk ke Imsak. Meskipun begitu, penyajian makanan instan yang berlebihan tidak baik juga loh.

Hal ini dikarenakan makanan instan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, makanan instan juga bersifat kenyang sementara, sehingga enggak cocok untuk dijadikan menu sahur.

Nah, asupan yang disebutkan di atas, setidaknya hadir dalam menu sehat sahur kamu ya. Kamu juga bisa mengintip rekomendasi menu sahur sehat di bawah ini nih!

Menu Sahur Sehat di bulan Ramadan

Adapun menu sahur sehat yang bisa kamu contek, adalah sebagai berikut.

1. Salad

Untuk memenuhi asupan, kamu bisa membuat salad sebagai menu sehat sahurmu. Pasalnya, buah dan sayuran sangat kaya akan mineral, vitamin, dan nutrisi penting lainnya.

Kamu bisa menyiapkan salad buah yang terdiri dari pisang, apel, alpukat, kiwi, beri, dan banyak lagi. Untuk kamu yang mau membuat salad sayuran, bisa mencobanya dengan memasukkan mentimun, tomat, wortel, lobak, kangkung, dan telur rebus.

2. Ubi dan kecambah

Ubi dan kecambah yang kaya dengan protein dan asupan lainnya, memang sangat baik untuk sahur. Kamu bisa mengkonsumsi ubi jalar yang kaya akan karbohidrat, atau kentang manis, hingga kecambah dengan garam. bawang, madu, atau cabai.

3. Telur

Makanan yang satu ini memang mengandung banyak asupan yang baik untuk sahur. Kamu pun juga enggak terlalu repot ketika memasak telur.

4. Oatmeal

Kamu bisa menambahkan beberapa makanan ke dalam oatmeal milikmu. Mulai dari pisang, ceri, dan lain-lain.

5. Smoothie hingga Milkshake

Untuk memenuhi asupan ketika puasa, kamu bisa membuat smoothie atau milkshake sebagai menu sahurmu nih. Kamu bisa membuat smoothie dengan menggunakan pisang, susu, yogurt, dan vanila. Dirimu juga bisa membuat milkshake pisang, cokelat, dan lainnya.

Menu sahurmu yang banyak mengandung asupan baik untuk tubuh, tentunya membantumu ketika berpuasa ya. Makanan dan minuman yang kamu santap saat sahur juga nyatanya bisa membantumu agar tidak lemas saat sedang berpuasa loh. Kok bisa?

Tips Agar Tidak Lemas saat Berpuasa

Yups, makanan dan minuman yang kamu santap merupakan salah satu tips agar tidak lemas saat berpuasa. Hal ini dikarenakan menu sahurmu diisi dengan berbagai asupan baik yang tentunya membuat tubuhmu tetap bugar dan berenergi sehingga tidak lemas saat berpuasa.

Meskipun begitu, ada tips lain yang bisa kamu lakukan agar tidak lemas saat berpuasa nih.

1. Tetap melakukan olahraga

Olahraga saat berpuasa memang terkadang menjadi beban. Namun, olahraga nyatanya bisa membuat tubuhmu tidak lemas saat berpuasa loh. 

Kamu cukup melakukan peregangan ringan, jalan kaki singkat, bersepeda, atau latihan pernapasan sederhana untuk menjaga kebugaran. Selama bulan puasa kamu bisa memilih olahraga yang ringan supaya puasa mu tidak terganggu.atau kamu bisa melakukan olahraga setelah buka puasa atau sebelum sahur

2. Jaga tubuh tetap dingin

Sebaiknya, kamu tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan, karena tubuh kemungkinan besar akan menghasilkan banyak keringat. Akibatnya, kamu pun akan lebih cepat mengalami dehidrasi dan kehilangan tenaga.

3. Istirahat yang cukup

Melakukan ibadah pada bulan Ramadan memang terkadang memangkas waktu istirahatmu. Meskipun begitu, kamu harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuhmu tetap merasa bugar ketika melakukan aktivitas keesokan harinya.

Itulah tips agar tubuh kamu tidak terasa lemas saat sedang berpuasa. Pastikan saja menu sahurmu memiliki segudang asupan baik bagi tubuh untuk menopang aktivitasmu di keesokan harinya. 

 

Baca Juga Disini : 

Makan 4 Sehat 5 Sempurna Adalah

5 Makanan Saat Haid Ini Baik untuk Menyeimbangkan Hormon

Bukan Rakus Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat PMS

makanan sahur yang sehat
menu sahur sehat
makanan sahur yang baik untuk diet
makanan untuk sahur yang sehat
makan sahur yang sehat
Komentar (205)
A

An
Anonymous
wah bermanfaatt!
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Dian Apriani
Bermanfaat sekali, selalu jga pola hidup sehat
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Ulpa maya
Sangat bermanfaat
7 months ago
Balas
floating-icon