Kembali

Tentang Menstruasi

Yuk Mulai Dihitung-Hitung Kapan Sih Waktu Batas Telat Haid

Yuk Mulai Dihitung-Hitung Kapan Sih Waktu Batas Telat Haid


Charm Girls, apakah kamu tahu siklus haid terakhir kamu kapan dan dimulai berapa lama, serta apakah kamu sadar bahwa perlu mulai perhatikan batas telat haid?

Upaya melacak siklus menstruasi bisa bantu kamu apakah menstruasi berlangsung dengan normal dan bisa mengidentifikasi perubahan penting, seperti toleransi maksimal telat haid atau menstruasi yang tidak bisa diprediksi datangnya kapan. Ketidakteraturan siklus menstruasi bisa punya tanda terkait masalah kesehatan yang perlu juga diperhatikan.

Siklus haid adalah rangkaian yang dialami setiap bulan karena persiapan kemungkinan kehamilan. Momen yang terjadi rutin ini adalah saat ovarium melepas sel telur atau disebut ovulasi. Saat yang bersamaan perubahan hormonal mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, lapisan rahim luruh melalui vagina dan mengeluarkan darah, hal ini adalah periode menstruasi.

Bagaimana jika telat haid 

Nah Charm Girls, siklus haid itu dihitung dari hari pertama satu periode ke hari pertama berikutnya. Jangan khawatir jika perhitunganmu dengan teman kamu berbeda, karena setiap perempuan alami periode yang berbeda. Laju haid bisa terjadi tiap 21 hingga 35 hari dan berlangsung selama dua hingga tujuh hari.

Selama beberapa tahun pertama haid biasanya akan ada masa siklus panjang, tapi bakal jadi memendek dan lebih teratur seiring bertambahnya usia.

Biasanya siklus haid akan berlangsung teratur tiap bulan atau agak tidak teratur di bulan berikutnya. Haid mungkin akan terasa lebih ringan atau berat dengan nyeri, namun hal itu  masih dianggap normal.

Batas wajar atau batas maksimal haid itu sebenarnya berapa lama? Nah Charm Girls, segera konsultasikan ke dokter jika kamu tidak mengalami haid selama 90 hari berturut-turut dan tidak sedang dalam keadaan hamil. Selain itu, menstruasi biasanya dianggap terlambat jika setelah lima hari atau lebih tidak menstruasi sejak tanggal seharusnya.

Hal ini juga dapat dipahami sebagai berikut jika siklus teratur kamu adalah 28 hari dan masih belum mengalami haid pada hari ke 29, maka menstruasi kamu secara resmi dianggap terlambat. Jadi penting untuk tahu siklus haid yang biasanya berlangsung 21 hingga 35 hari tiap bulan. Perhatikan batas wajar telat haid kamu ya.

Penyebab telat haid 

Charm Girls tahukah kamu siklus haid yang terlambat, hal itu bisa terjadi mulai dari perubahan gaya hidup dasar hingga kondisi kesehatan kronis. Berikut ini beberapa biang keroknya.

1. Sedang stres

Sistem respons stres tubuh berakar di bagian otak yang disebut hipotalamus. Saat tingkat stres memuncak, otak kamu bisa beri sinyal sistem endokrin untuk membanjiri tubuh dengan hormon yang mengaktifkan mode fight-or-flight. Hormon-hormon ini menekan fungsi, termasuk sistem reproduksi.

Mode fight-or-flight, yang dapat membuat tubuh berhenti berovulasi untuk sementara hingga menyebabkan haid tertunda.

2. Fibroid rahim

Fibroid rahim adalah pertumbuhan massa yang tidak bersifat kanker di dalam atau di luar rahim. Mereka dapat menyebabkan masa haid yang berat dan masa haid yang berkepanjangan.

3. Pola makan dan berat badan

Gangguan makan, penurunan berat badan yang ekstrim atau olahraga yang berlebihan bisa membuat siklus haid telat.

Gangguan makan seperti anoreksia nervosa hingga penurunan berat badan yang ekstrem dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengganggu proses haid.

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Charm Girls, tahukah kamu perempuan dengan gangguan sistem endokrin yang umum ini mungkin mengalami haid secara tidak teratur, serta mengalami ovarium yang membesar dan berisi kumpulan kecil cairan dengan sebutan folikel yang terletak di setiap ovarium.

5. Penyakit radang panggul (PID)

Masalah ini adalah Infeksi pada organ reproduksi yang dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur. Radang panggul ini paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri akibat infeksi menular seksual.

Selain itu ada beberapa hal lainnya yang bisa pengaruhi siklus haid hingga menyebabkan haid telat yakni saat perempuan menggunakan kontrasepsi hormonal, Perimenopause atau masa jelang transisi menopause, sedang dalam masa menopause dini, memiliki kondisi tiroid hingga kondisi yang kronis. Terlambat haid bisa juga diindikasikan sebagai kondisi hamil.

Cara mengatasi telat haid

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk atasi masalah telat haid dan memperbaiki siklus haid kamu loh Charm Girls. Pertama adalah dengan berlatih yoga yang dianggap sudah efektif sebagai penanganan kelainan masalah haid. Yoga juga bisa mengurangi rasa nyeri saat haid dan masalah emosional yang berkaitan dengan haid.

Kemudian caranya adalah dengan menjaga berat badan agar tetap sehat, jika memang tubuh dirasa masuk kategori gemuk, menurunkan berat badan bisa menolong perbaikan siklus haid. Tapi terlalu kehilangan banyak berat badan juga tidak baik, jadi harus diperhatikan kecukupannya.

Banyak olahraga juga dianjurkan karena bisa membantu banyak hal dalam kesehatan selain masalah siklus haid. Charm Girls juga bisa konsumsi jahe untuk obati menstruasi yang tidak teratur. Kayu manis umumnya dianggap sebagai pengobatan alami yang aman dan efektif untuk perempuan muda dengan dismenore primer. Serta jangan lupa penuhi dosis vitamin harian kamu ya Charm Girls, mulai dari vitamin D, vitamin B, B-6 hingga kalsium.

Baca Juga Disini:

Penyebab Tanda Tanda Menstruasi Pada Anak Telat

6 Penyebab Menstruasi Terlambat Berbulan Bulan

Proses Menstruasi Tidak Teratur Akibat PCOS Apakah Masih Bisa Hamil

batas wajar telat haid
maksimal telat haid
batas wajar telat haid berapa bulan
batas wajar telat menstruasi
berapa batas wajar telat haid
Komentar (136)
A

Avatar Profile Image
Sundari
Waahh kalo aku malah satu bulan bisa 2x haid.. setiap awal bulan sama akhir bulan
7 months ago
Balas
AY
Asti Yuliani
Aku suka nggk teratur tanggal kena mensnya
7 months ago
Balas
AY
Asti Yuliani
🤩
7 months ago
Balas
floating-icon