Kembali

Girl's Life

Saat Menstruasi Kok Lemas Terus? Ini Cara Agar Tidak Ngantuk

Saat Menstruasi Kok Lemas Terus? Ini Cara Agar Tidak Ngantuk


Fase menstruasi pada perempuan

Menstruasi tiap bulan harus dihadapi dengan berbagai tantangan dan keseruannya,bukan hanya sakit kepala, rasa nyeri di perut, mood yang berantakan, menstruasi juga bisa membuat Charm Girls ngantuk. Terus bagaimana sih cara agar tidak ngantuk saat menstruasi, karena tak jarang walau sedang menghadapinya banyak aktivitas yang perlu dilalui. Nah sebelum membahas soal bagaimana menstruasi bisa membuat tubuh selalu ingin rebahan dan memaksa mata terpejam, simak penjelasan soal fase menstruasi berikut ini ya Charm Girls.

Fase menstruasi pada perempuan terjadi saat lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh sehingga keluar dari vagina. 

Siklus menstruasi terjadi rata-rata tiap 28 hari, namun ada juga yang mengalaminya 25-35 hari, Banyak hal yang terjadi saat menstruasi dan fase-fase yang berlangsung, tiap perempuan juga mengalami fase dan siklus menstruasi yang berbeda ya Charm Girls.

Fase Menstruasi

Fase ini adalah keluarnya lapisan rahim yang menebal dari tubuh lewat vagina. Nah perlu kamu tahu, cairan menstruasi bukan hanya mengandung darah, tapi juga sel-sel dari lapisan rahim (sel endometrium) dan lendir, jumlah darah yang keluar saat haid mencapai 20 sampai dengan 60 mililiter loh. 

Fase folikuler

Fase folikular biasanya akan dimulai saat hari pertama menstruasi dan berakhir dengan ovulasi. Ovarium bakal menghasilkan sekitar lima sampai 20 folikel yang menampung sel telur yang belum matang.  Biasanya, hanya satu folikel yang akan matang menjadi telur, sementara yang lain mati. Ini dapat terjadi sekitar hari ke 10 dari siklus 28. Pertumbuhan folikel merangsang lapisan rahim menebal, dan jadi tanda persiapan adanya kehamilan.

Ovulasi

Ovulasi itu pelepasan sel telur yang matang dari permukaan ovarium, terjadi biasanya di pertengahan siklus, atau sekitar dua minggu bahkan lebih sebelum menstruasi dimulai. Pada masa ini, folikel yang sedang berkembang akan tingkatkan kadar estrogen loh Charm Girls.

Telur disalurkan ke tuba falopi dan menuju rahim dengan gelombang kecil seperti rambut. Masa hidup telur biasa hanya sekitar 24 jam. Kecuali jika bertemu sperma selama waktu ini, sel telur akan mati.

Fase luteal

Kemudian selama masa ovulasi, sel telur keluar dari folikelnya, tapi folikel yang pecah tetap berada di permukaan ovarium. Selama sekitar dua minggu berikutnya, folikel berubah jadi struktur yang dikenal sebagai korpus luteum yang mulai melepaskan progesteron dengan sedikit estrogen dan mempertahankan lapisan rahim yang menebal, menunggu sel telur yang telah dibuahi menempel.

Jika telur yang dibuahi tertanam di lapisan rahim, dia akan menghasilkan hormon yang diperlukan untuk mempertahankan korpus luteum yang memproduksi peningkatan kadar progesteron.

Jika kehamilan tidak terjadi, korpus luteum bakal layu sekitar hari ke-22 dalam siklus 28-hari. Hingga akhirnya lapisan rahim rontok dan dikenal dengan fase keempat yakni menstruasi dan siklus kemudian kemudian berulang tiap bulannya.

Kenapa ketika mens mudah mengantuk?

PMS atau sindrom pramenstruasi adalah kompilasi dari berbagai tanda atau gejala psikologis dan fisik yang mungkin kamu hadapi sebelum menstruasi. Biasanya menstruasi bisa membuat kelelahan dan mengantuk, bahkan sakit kepala, kram perut, jerawat, mood yang tak karuan buruknya, hingga rasa ingin makan sesuatu.

Karena hormon tidak seimbang

Rasa ngantuk saat menstruasi terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Charm Girls, jelang menstruasi dinding rahim mulai menebal dan jika tidak terjadi pembuahan yang menyebabkan kehamilan maka akan ada peluruhan dinding rahim yang disebut menstruasi.

Saat itu, estrogen dalam tubuh menurun dan progesteron makin meningkat. Ini secara kolektif menurunkan serotonin, hormon yang bertanggung jawab atas kebahagiaan, nafsu makan, pola tidur, dan keadaan pikiran yang aktif, jelas menyebabkan rasa kelelahan.

Gejala PMS

Seperti disebutkan sebelumnya, kram perut dan sakit kepala yang menyiksa juga bisa menjadi bagian PMS. Rasa sakit tersebut dapat mengganggu tidur Charm Girls pada waktunya istirahat. Sehingga menyebabkan lelah dan mengantuk keesokan harinya.

Depresi atau penurunan mood yang disebabkan karena penurunan serotonin juga bisa menyebabkan kelelahan.

Suhu tubuh

Menurut sebuah laporan oleh National Sleep Foundation, suhu tubuh kemungkinan akan naik hingga setengah derajat setelah ovulasi. Rasa ketidaknyamanan dari peningkatan suhu ini juga dapat mengganggu tidur yang bisa mengarah pada kelelahan.

Dehidrasi

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan. Fluktuasi hormon tidak hanya dapat membuat dehidrasi, tetapi juga nafsu makan yang berkurang dapat membuat Charm Girls juga semakin kurang minum.

Cara agar tidak mudah mengantuk ketika menstruasi

Nah setelah tahu sebabnya, bagaimana cara untuk  belajar tak mudah ngantuk saat menstruasi. Pertama adalah dengan tidak meremehkan kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi makro atau mikro penting seperti zat besi dan seng dapat membuat kamu merasa kekurangan energi. Hal ini bisa lebih buruk selama PMS.

Charm Girls juga perlu menghindari konsumsi makanan cepat saji, alkohol, dan rokok, melakukan diet seimbang, mengatur pola tidur yang tepat, dan menghindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Hal dapat membantu atasi kelelahan.

Kamu bisa tidur siang untuk menebus tidur yang hilang atau kurang. Jangan lupa makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran segar. Perlu juga ya mulai kurangi asupan junk food dan kafein, dan membatasi garam dan gula.

Jika memang kelelahan atau rasa ngantuk saat menstruasi tak lagi tertahankan dan makin memburuk segera kunjungi dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat ya Charm Girls.

Baca Juga Disini:

Ritual Sebelum Tidur Pas Lagi Masa Menstruasi

Posisi Tidur Pewe Pas Lagi Menstruasi Hari Pertama

Tidur Nyaman Dengan Celana Menstruasi Charm Sleep Protect

 

cara agar tidak ngantukan
cara ampuh agar tidak ngantuk
cara agar tidak ngantuk berlebihan
cara agar tidak cepat ngantuk
Komentar (165)
A

An
Anonymous
Bru tau klau trnyta saat mens darah yg dikeluarkan mncapai 20-60 mililiter
a month ago
Balas
Ha
Hairullah
O
20 days ago
Avatar Profile Image
Ulpa maya
Banyak juga yah min, pantesan sampe lemes bgd
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Zaynah Zaynaa
Jadi tau penyebab ngantuk saat menstruasi ternyata krna ketidakseimbangan hormon. Bermanfaat banget artikel ini 👍🏻
a month ago
Balas