Kembali

Tentang Menstruasi

Hati-Hati Sebelum Coba! Ini 5 Minuman yang Dilarang Saat Haid

Hati-Hati Sebelum Coba! Ini 5 Minuman yang Dilarang Saat Haid


Haid adalah satu hal yang tak bisa dihindari perempuan, efek samping yang dirasakan juga berbagai macam, ada perempuan yang merasakan nyeri, namun ada juga yang tidak. Siklus bulanan ini perlu diperhatikan dengan khusus, mulai dari kebersihan, kesehatan hingga memperhatikan asupan yang masuk dalam tubuh saat haid, seperti makanan dan minuman yang dilarang saat haid.

Pada masa haid, tak jarang Charm Girls pasti berkutat dengan berbagai macam tantangan, tapi tenang karena haid adalah sesuatu yang natural dan jadi tanda kamu menghadapi kondisi kesehatan yang baik.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar beberapa hari saat haid bisa dilalui dengan baik.  Serta ada beberapa hal-hal yang dilarang saat haid loh Charm Girls.

Pertama adalah jangan sampai terlambat makan, jaga kebutuhan nutrisi dalam tubuh ya, walau harus menjaga waktu makan, sebaiknya Charm Girls perlu menghindari garam atau keinginan mengkonsumsi sesuatu yang asin. Makanan dengan kandungan garam tinggi tidak baik karena dapat memperburuk rasa kram. Apalagi bisa menyebabkan kembung parah dan menambah ketidaknyamanan.

Kedua adalah merokok, Charm Girls, kita semua sama-sama tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan apalagi perempuan yang merokok selama haid akan lebih mungkin mengalami rasa sakit yang parah. Merokok dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan dalam pembuluh darah, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada rahim dan membuat perut kram selama menstruasi.

Kemudian perhatikan aktivitas kamu, jangan terlalu memforsir pekerjaanmu selama haid serta terlalu berlebihan dalam berolahraga. Jangan lupa juga untuk menjaga pola tidur untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Untuk Charm Girls yang memiliki aktivitas padat, kamu dapat menggunakan Charm Extra Maxi Wing dengan daya serap tinggi dan anti geser.

Kram perut emang bisa disebabkan dari beberapa hal, selain hal-hal di atas tadi bisa juga melalui apa yang kita konsumsi. Bukan hanya makanan, ternyata ada juga minuman yang tidak boleh diminum saat haid. Beberapa minuman yang dilarang saat haid ini perlu kamu ketahui untuk membantu lancarnya masa haid terlewati dengan baik.

Minuman yang dilarang saat haid

Larangan saat haid memang cukup banyak ya Charm Girls, mulai dari pola makan, kebersihan, kesehatan tubuh hingga minuman yang tidak boleh diminum saat haid. Nah berikut adalah lima minuman yang dilarang saat haid:

1. Kopi

Kandungan kafein yang tinggi dapat memperburuk rasa sakit dan juga berkontribusi pada nyeri payudara. Kamu mungkin menginginkan kafein tetapi harus secara pasti mengurangi asupan kopi.

2. Teh berkafein

Teh dengan kafein juga perlu jadi perhatian karena ada beberapa jenis yang mengandung kafein seperti teh hitam dan hijau. Meski lebih rendah dari kopi tapi kafein dari teh juga bisa berikan efek yang sama seperti meminum kopi secara berlebihan.

3. Alkohol

Alkohol punya sejumlah efek negatif pada tubuh yang dapat memperburuk gejala haid Charm Girls. Misalnya adalah bisa membuat dehidrasi, memperburuk sakit kepala dan menyebabkan kembung. Minuman yang mengandung alkohol juga bisa sebab masalah pencernaan, seperti diare dan mual. Maka dari itu ini jadi salah satu larangan saat haid.

4. Susu

Nah Charm Girls, perlu kamu perhatikan juga saat ingin meminum susu saat haid karena bisa memicu kram haid. Hal itu disebabkan karena susu punya kandungan asam arakidonat yang bisa picu rasa nyeri. Jika kamu masih ingin mengkonsumsi susu, kamu bisa memilih susu dari tumbuhan, seperti susu keledai, susu almond, susu kelapa, atau jenis susu non-dairy lainnya. Susu non-dairy memiliki kandungan asam arakidonat yang lebih sedikit sehingga bisa mengurangi pemicu kram perut saat haid.

5. Minuman yang terlalu manis

Selai makanan, minuman yang terlalu manis juga dapat menyebabkan lonjakan energi yang diikuti dengan gangguan. Minuman yang terlalu manis bisa perburuk suasana hati. Jika cenderung merasa murung, depresi, atau cemas selama haid kamu perlu perhatikan asupan gula.

Minuman yang baik saat haid

Selain minuman yang masuk daftar larangan saat haid ternyata kamu tak perlu khawatir karena ada minuman yang baik untuk kamu konsumsi saat haid, beberapa bisa perbaiki mood kamu loh, ini dia:

1. Dark Chocolate

Dark Chocolate atau coklat hitam kaya akan zat besi dan magnesium. Sebatang 100 gram coklat hitam mengandung 67 persen asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk zat besi dan 58 persen RDI untuk magnesium. Bukan hanya coklat batangan, kamu bisa minum coklat panas saat keadaan perut sedang tak karuan.

Studi juga menyatakan bahwa magnesium mengurangi keparahan gejala PMS.

2. Jahe

Pilihan lainnya adalah jahe yang bisa diminum selagi hangat. Secangkir teh jahe hangat dapat memperbaiki gejala haid tertentu. Jahe memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat menenangkan otot yang pegal dan mengurangi mual.

Tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi jahe lebih dari 4 gram dalam satu hari karena dapat menyebabkan mulas dan sakit perut.

3. Yogurt

Yoghurt juga memiliki banyak kandungan magnesium dan kalsium, dimana kedua nutrisi ini sangat dibutuhkan ketika haid.Segelas yogurt bisa menyegarkan, apalagi ternyata banyak orang mengalami infeksi jamur selama atau setelah menstruasi. Jika Charm Girls cenderung terkena infeksi jamur, makanan kaya probiotik seperti yogurt dapat menyehatkan bakteri baik di vagina dan membantu Anda melawan infeksi. 

Tapi perlu hindari yogurt dengan pemanis buatan, lebih baik minum yogurt cair tanpa rasa atau plain, kamu bisa minum teh kombucha dan juga teh peppermint

Baca Juga Disini:

Bukan Rakus Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat PMS

5 Makanan Saat Haid Ini Baik untuk Menyeimbangkan Hormon

Buat Remaja Jangan Asal Diet Ini Jadwal Makan Untuk Kamu

yang tidak boleh diminum saat haid
minuman yang tidak boleh diminum saat haid
yang tidak boleh dikonsumsi saat haid
yang tidak boleh dimakan saat haid
jus yang tidak boleh diminum saat haid
Komentar (45)
A

An
Anonymous
Wahh baru tau
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
Jainah
Baru tau kalo ternyata minuman yg terlalu manis bisa perburuk suasana hati pas lagi haid. Makasih cha artikel nya bikin aku banyak tau 👍🏻
2 years ago
Balas
Aj
Alyssa jio
Ya ampun berkat artikel ini jadi lebih tau
2 years ago
Balas
floating-icon