Kembali

Tentang Menstruasi

10 Larangan Bagi Wanita Haid yang Perlu Kamu Tahu!

10 Larangan Bagi Wanita Haid yang Perlu Kamu Tahu!


Menstruasi atau haid adalah perdarahan normal akibat luruhnya lapisan rahim. Selama haid, penting banget buat kita memerhatikan kebersihan supaya area organ intim nggak jadi sarang bakteri. Nah, salah satu hal yang bisa kamu mulai sejak dini adalah dengan menghindari larangan saat haid.

Apa aja sih, hal-hal yang dilarang tersebut? Yuk, simak infonya berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Datang Bulan dan Apa Saja Gejala yang Muncul?

Beragam larangan bagi wanita haid

Gejala-gejala yang muncul ketika haid pastinya bikin kamu jadi kurang nyaman dalam beraktivitas. Supaya gejala-gejala ini nggak tambah parah dan kamu semangat lagi, sebisa mungkin coba hindari kebiasaan berikut ya, Charm Girls!

1. Jarang mengganti pembalut

Idealnya, kamu harus mengganti pembalut tiap 3-4 jam sekali. Pembalut akan menyerap darah dari organ intim yang bercampur bakteri. Kalau kamu jarang ganti pembalut, bakteri bisa bertambah banyak sehingga menimbulkan bau menstruasi serta masalah kesehatan lainnya. Selain untuk kesehatan, rutin mengganti pembalut juga meningkatkan kenyamanan kamu, lho, Charm Girls. Dengan menggunakan pembalut dalam keadaan kering dan bersih, aktivitas kamu jadi tidak akan terganggu dan lebih nyaman.

2. Tidur tanpa pembalut

Walaupun tidur tanpa pembalut kedengarannya lebih nyaman, hal ini ternyata nggak dianjurkan. Pasalnya, saat kamu tidur tanpa pembalut, jadi nggak ada yang menahan darah haid. Jadi, pastikan kamu tetap pakai pembalut sampai masa haid selesai, ya.

3. Waxing

Meskipun waxing adalah prosedur yang aman, hal ini jadi larangan bagi wanita haid. Ini lantaran kulit di sekitar area organ intim sangat sensitif. Waxing saat haid justru dapat melukai kulit dan meningkatkan risiko infeksi. Kalau kamu berencana waxing, sebaiknya tunggu hingga masa haid selesai dulu.

4. Membersihkan miss v dengan douching

Douche adalah cairan dari beberapa bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan miss v. Meski terkesan bagus untuk “membersihkan”, douching justru bisa mengganggu keseimbangan bakteri dan memicu tumbuhnya bakteri jahat penyebab miss v bau. Douche ini mungkin tidak familiar di kuping Charm Girls karena memang wanita Indonesia jarang melakukannya, tapi teknik ini sering digunakan oleh wanita di daerah barat seperti Amerika.

5. Jarang mengganti pakaian dalam

Pakaian dalam yang nggak diganti seharian juga bisa menjadi sarang bakteri di sekitar area organ intim. Karena itu, jangan lupa ganti pakaian dalam minimum dua kali sehari. Hindari pakaian dalam ketat dan pilihlah yang longgar untuk mengurangi kelembapan. 

6. Merokok

Satu lagi larangan bagi wanita yang haid adalah merokok. Merokok bisa menyempitkan pembuluh darah. Jika penyempitan terjadi di rahim, hal ini bisa memicu kram dan nyeri pada perut. Maka dari itu, kamu sebaiknya menghindari rokok sama sekali.

7. Mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein, misalnya dari meminum kopi, bisa memperburuk rasa sakit dan menimbulkan nyeri pada payudara. Selama haid, mengonsumsi kafein sebetulnya masih dibolehkan asal dalam batas yang wajar, yang dilarang adalah mengonsumsi dalam batas yang berlebihan. Demi menghindari rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan, kamu bisa mengurangi atau menggantinya dengan air mineral.

Baca Juga: Bolehkah minum es kopu ketika masa menstruasi?

8. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol sangat nggak dianjurkan, apalagi saat kamu berada dalam masa haid. Alkohol bisa memperparah dan memperpanjang nyeri haidmu. Ini karena alkohol membuat tubuh dehidrasi, dan tubuh yang dehidrasi lebih gampang mengalami kram otot.

9. Asal pilih makanan

Pola makan selama haid wajib banget dijaga. Sebisa mungkin, kurangi makanan tinggi gula, gorengan, bawang, dan daging merah. Soalnya, berbagai makanan ini dipercaya bisa mengubah pH alami miss v sehingga menimbulkan bau nggak sedap di sekitar area organ intim.

10. Begadang

Tubuhmu perlu istirahat setelah menjalani hari yang melelahkan. Kurangnya waktu tidur akibat begadang bisa membuat produksi hormon stres (kortisol) meningkat sehingga memperpanjang masa haid dan berbagai gejalanya.

Nah, Charm Girls, sekarang udah tahu ‘kan, apa aja larangan bagi wanita yang sedang haid? Beberapa di antaranya ternyata cukup sering dilakukan tanpa sadar dan mungkin inilah yang bikin gejala haid jadi tambah parah.

Supaya haid jadi lebih nyaman, coba hindari berbagai kebiasaan tersebut ya, Charm Girls! Pastikan kamu juga menjaga kebersihan diri, makan makanan yang baik untuk haid, dan memakai pembalut yang nyaman agar bisa bebas beraktivitas.

charm
10 Larangan Bagi Wanita Haid
larangan saat haid
Komentar (18)
A

Avatar Profile Image
Hesti Dian Apriani
Betul sekali, selalu jga kesehatan tubuh tp di daerah saya kalau blm selesai haid di larang untuk keramas itu knp ya?
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Wardatunnisa
Terimakasih banyak ChaCha🤗❤️
2 months ago
Balas
DN
Depira Nathalia
Thanks
2 months ago
Balas