Kembali

Tentang Menstruasi

Chagiya! Ini Rahasia Cara Atasi Sakit Kepala Saat Haid

Chagiya! Ini Rahasia Cara Atasi Sakit Kepala Saat Haid


Ada banyak banget keluhan yang dirasakan wanita ketika sedang PMS (Premenstrual syndrome). Mulai dari sakit punggung, nyeri di area perut bagian bawah, hingga sakit kepala.

Keluhan sakit kepala pun kadang juga muncul ketika kamu sedang mengalami menstruasi. Tak mengherankan, kalau keluhan ini tentunya sukses membuat mood kamu semakin turun.

Lantas, apa sih penyebab sakit kepala saat haid dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Sakit Kepala saat Haid

Menstruasi adalah sebuah siklus normal pada wanita, di mana terjadinya pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim, lalu keluar melalui vagina. Biasanya, ada banyak tanda-tanda yang terjadi pada tubuh ketika dirimu sudah masuk ke siklus menstruasi. Salah satunya adalah sakit kepala.

Sayangnya, sakit kepala tidak hanya dapat dirasakan ketika kamu PMS saja loh. Kamu bahkan bisa merasakan pusing ketika sedang menstruasi.

Lalu, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab seseorang merasakan sakit kepala saat menstruasi?

Dilansir dari laman HelloSehat, sebenarnya penyebab sakit kepala terjadi pada seseorang ketika menstruasi adalah karena perubahan hormon yang ada dalam tubuhmu. Pasalnya, pada saat menjelang dan selama menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh akan terus mengalami perubahan.

Hormon estrogen dan progesteron sendiri memang memiliki peran penting dalam mengatur siklus menstruasi hingga kehamilan. Estrogen merupakan hormon yang biasanya akan meningkatkan kadarnya ketika kamu sedang menstruasi untuk membantu pelepasan sel telur.

Berbeda dengan progesteron yang kadarnya akan meningkat untuk membantu penebalan lapisan rahim, demi mempersiapkan janin sebelum proses kehamilan.

Namun jika setelah ovulasi, tubuh tidak mengalami kehamilan, kedua hormon tersebut pun akan kembali turun hingga mencapai titik terendah mereka. Nah, pada saat itulah, kamu mungkin akan mengalami sakit kepala.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengalami sakit kepala karena perubahan hormon memiliki kaitan dengan kadar senyawa kimiawi pada otak. Sehingga, kadar senyawa kimiawi itu pun bisa memicu mengalami sakit kepala.

Kamu pun mungkin akan mengalami sensasi sakit kepala seolah-olah sedang dijambak oleh seseorang hingga terasa nyut-nyutan. Tak mengherankan, kalau sakit kepala yang kamu rasakan ketika menstruasi membuat aktivitasmu terganggu.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi rasa pusing ini ketika menstruasi? Apakah ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya?

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Menstruasi

Walaupun menjengkelkan, sakit kepala kadang suka datang sendirinya ketika kamu sedang menstruasi. Walaupun begitu, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, kamu bisa mengikuti berbagai cara di bawah ini untuk mengatasi sakit kepala ketika menstruasi.

Penasaran bukan? Simak saja yuk penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Kompres menggunakan es batu

Kamu bisa mengompres menggunakan es batu ke area yang menurutmu terasa nyut-nyutan di kepala. Letakkan sekantong es batu yang dibungkus menggunakan handuk ke area kepalamu. Diamkan beberapa saat, hingga rasa sakitnya menurun.

2. Lakukan relaksasi untuk menurunkan stres

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan stres, khususnya sakit kepala. Kamu bisa mencoba beristirahat, atau pun melakukan olahraga yoga.

3. Gunakan obat pereda nyeri

Kamu bisa mengobati sakit kepala yang dirimu rasakan ketika menstruasi dengan bantuan obat pereda nyeri. Dilansir dari HelloSehat, ada beberapa jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit kepala. Mulai dari ibuprofen, naproxen, dan aspirin.

4. Batasi konsumsi makanan dan minuman tertentu

Terkadang, sakit kepala bisa terjadi karena makanan dan minuman tertentu loh. Maka dari itu, kamu bisa membatasi konsumsi makanan yang mengandung MSG, dan minuman kafein ataupun alkohol.

5. Berolahraga rutin

Selain membuat tubuhmu sehat, olahraga yang rutin juga bisa membantu kamu meminimalisir mengalami sakit kepala saat menstruasi. Kamu bisa melakukan olahraga kecil namun rutin, seperti jogging, senam, dan lain-lain.

Itulah penyebab dan cara mengatasi sakit kepala ketika menstruasi yang harus kamu ketahui. Jika kamu merasa sakit kepala yang kamu rasakan tidak normal atau mengalami rasa nyeri tak tertahankan, nggak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat ya.

Baca Juga Disini:

Apakah Obat Perda Nyeri Menstruasi Aman Untukku

12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba

Waspadai Gejala Menstruasi Berkepanjangan Ini

pusing saat haid
cara mengatasi sakit kepala saat haid
cara menghilangkan sakit kepala saat haid secara alami
cara mengatasi sakit kepala saat menstruasi
cara meredakan sakit kepala saat haid
Komentar (56)
A

Avatar Profile Image
Serli Nurbaiti
❤️❤️
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Elina cornelia
Sangat membantu artikel nya
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Retno W
Ini yg dinamakan dismen yoo
7 months ago
Balas
floating-icon