Kembali

Girl's Life

Nyeri Haid Ganggu Aktivitas? Ini 6 Cara Mudah Buat Meredakannya!

Nyeri Haid Ganggu Aktivitas? Ini 6 Cara Mudah Buat Meredakannya!


Ada beberapa gejala yang dialami perempuan saat mendekati siklus menstruasi, salah satunya rasa nyeri pada perut bagian bawah. Nyeri haid ini umumnya muncul sebelum menstruasi datang hingga beberapa hari setelahnya. Bagaimana cara meredakan nyeri haid ?

Rasa nyeri atau kram yang muncul tersebut wajar banget dan nggak berbahaya, tapi level nyerinya bisa beda-beda pada tiap orang. Bahkan, ada yang rasa nyerinya sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Nyeri Haid Ganggu Aktivitas? Ini 6 Cara Mudah untuk Meredakannya!

Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid. Yuk, simak apa aja!

Mengapa kita merasa nyeri saat haid?  

Sebagian orang yang sering mengalami nyeri haid pasti pernah penasaran, apa sih, penyebab dari rasa nggak nyaman ini. Faktor yang paling berperan dalam munculnya nyeri haid ternyata adalah kontraksi pada otot dinding rahim.

Simpelnya, kontraksi merupakan kondisi ketika otot menegang atau memendek. Bagian tubuh mana pun yang tersusun dari otot bisa mengalami kontraksi, tentunya termasuk dinding rahim.

Kontraksi bisa menekan pembuluh darah di sekitar rahim sehingga menghambat suplai oksigen dan darah ke jaringan rahim. Hal ini ternyata bisa memicu pelepasan senyawa (zat kimia) yang disebut prostaglandin dari jaringan rahim.

Prostaglandin merupakan senyawa yang menimbulkan nyeri haid pada area perut, punggung, atau pinggangmu. Perempuan yang memproduksi banyak prostaglandin biasanya mengalami nyeri haid yang lebih parah.

Namun, jangan khawatir, sebab nyeri saat haid umumnya berlangsung sementara. Nah, untuk mengatasi rasa nggak nyaman yang bisa mengganggu aktivitas, kamu harus tahu cara ampuh apa aja yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid.

Baca juga: Jangan Minum Obat! Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami!

Cara mudah meredakan nyeri haid 

Kamu nggak perlu panik saat nyeri haid muncul. Sebetulnya boleh banget kalau kamu ingin segera berkonsultasi ke dokter. Akan tetapi, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan dulu di rumah untuk mengurangi nyeri saat haid.

1. Kompres perut dengan air hangat 

Mengompres bagian tubuh yang terasa nyeri bisa jadi cara yang ampuh buat mengatasi nyeri haid. Soalnya, panas yang menempel pada kulit bisa membantu merilekskan otot rahim yang sedang berkontraksi.

Selain itu, kompres hangat juga bisa meningkatkan aliran darah sehingga nyeri haid perlahan-lahan hilang. Kalau lagi mager bikin kompres, kamu pun bisa mandi air hangat atau duduk di atas bantalan pemanas untuk mengurangi nyeri.

2. Memijat tubuh dengan minyak esensial 

Kalau lagi datang bulan, kamu bisa memijat bagian tubuh yang terasa nyeri sehingga otot rahim yang tegang jadi kembali rileks. Agar nyeri haid bisa lebih cepat berkurang, sesekali coba deh, pijat tubuh dengan minyak esensial.

Minyak esensial sejak dulu memang udah sering digunakan sebagai teman pijat karena memiliki banyak manfaat. Contoh minyak esensial yang paling mudah kamu temukan di rumah yaitu minyak kayu putih.

3. Minum teh herbal 

Cara lain untuk mengurangi rasa nyeri saat haid yaitu dengan minum teh herbal, seperti teh peppermint, teh kamomil, maupun teh lainnya yang kamu sukai. Cara ini dipercaya ampuh karena adanya kandungan zat antiradang di dalam teh herbal.

Nyeri haid biasanya makin parah ketika tubuh mengalami peradangan. Dengan minum teh herbal yang kaya zat antiradang, kram pada perut bisa berangsur reda. Selain itu, teh herbal dipercaya bisa membantu mengatasi insomnia dan menghilangkan stres.

4. Berolahraga ringan

Olahraga memang baik banget untuk tubuh. Namun, ketika nyeri haid datang, pastinya berolahraga akan terasa lebih berat dari biasanya. Walau begitu, berolahraga tetap jadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi nyeri haid, Charm Girls.

Berolahraga bisa mengurangi rasa sakit dan melepas hormon endorfin, yaitu hormon penghilang stres yang membuat kamu merasa senang. Agar nggak terasa berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan selama 15 menit saat menstruasi.

5. Minum banyak air 

Kram saat haid bisa bertambah buruk jika perutmu sedang dalam keadaan kembung oleh gas. Dengan minum air, perasaan kembung pada perut perlahan bakal berkurang sehingga nyeri atau kram di perut bisa teratasi.

Coba mulai biasakan tubuhmu buat menerima 6 sampai 8 gelas air per hari. Terus, kamu juga dianjurkan untuk lebih banyak minum selama menstruasi.

6. Mengatur pola makan 

Beberapa jenis makanan dipercaya bisa mengurangi nyeri saat haid, terutama sayur dan buah karena kaya serat dan nutrisi. Contoh gampangnya, kamu bisa membuat sayur bayam buat mengembalikan zat besi dalam tubuh yang berkurang karena kamu kehilangan darah saat menstruasi.

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu mengurangi natrium dari makanan asin yang jadi penyebab kembung. Hindari juga minuman beralkohol dan berkafein seperti kopi agar nyeri haidmu nggak bertambah buruk.

Baca juga: Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!

Supaya kamu tetap nyaman selama haid, nggak ada salahnya mencoba keenam cara di atas buat mengatasi nyeri haid yang mengganggu. Hampir semuanya bisa dilakukan sendiri, tetapi kamu juga bisa melakukannya di rumah dengan meminta bantuan orang terdekat jika perlu.

cara meredakan nyeri haid
nyeri haid
nyeri menstruasi
Komentar (4)
A

An
Anonymous
Boleh juga dicoba tipsnya 😁. Makasih artikelnya
2 months ago
Balas
An
Anonymous
makasih tipsnya🥺
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Indri Setya Mulyani
Aku kalau haid awal2 suka ambilcuti kerja
2 months ago
Balas