Kembali

Girl's Life

No Drama! Tips Diet Aman untuk Para Pemula

No Drama! Tips Diet Aman untuk Para Pemula


Diet memang menjadi sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian wanita untuk menurunkan berat badan. Meskipun begitu, kamu jangan sampai salah dalam melakukan diet ya, khususnya bagi pemula. Pasalnya, diet yang salah bisa saja mempengaruhi kesehatanmu.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui diet sehat dan aman agar kesehatanmu pun tidak terganggu. Badan kesehatan dunia (WHO) bahkan menyebutkan bahwa diet yang sehat adalah hal yang esensial bagi kesehatan dan nutrisi tubuh yang baik.

Nah, penasaran bukan tips diet pemula seperti apa? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber!

Tips Diet 

Adapun tips diet aman dan sehat yang bisa kamu lakukan sebagai pemula, adalah sebagai berikut:

1. Buat Rencana Diet 

Pastikan kamu telah membuat rencana diet. Penerapan program ini bisa mencakup makanan sehat yang tidak terlalu banyak diproses, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. 

Makanan-makanan rendah kalori ini sangat membantu untuk menurunkan berat badanmu.

2. Ambil Langkah Kecil 

Membuat perubahan kecil dan bertahap dalam pola diet adalah cara terbaik untuk mengubah kebiasaan sebagai pemula. Beberapa ahli bahkan menyarankan agar membuat satu perubahan setiap minggu agar terbiasa dengan perilaku baru.

Perlu diingat juga bahwa konsistensi adalah hal yang paling penting dari diet dibandingkan memaksakan diri agar mendapatkan hasil yang instan.

3. Tetapkan Tujuan Realistis 

Tips terakhir terkait diet untuk pemula adalah pastikan untuk menetapkan tujuan yang realistis. Misalnya, kamu bisa menargetkan kehilangan berat badan sekitar 5 sampai 10 persen dari angka sekarang.

Menu Diet 

Melakukan diet tentunya membutuhkan menu berisi beragam makanan sehat seperti makan 4 sehat 5 sempurna yang menunjang kamu dalam melakukan aktivitas. Mulai dari makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral.

Adapun makanan yang bisa dijadikan menu adalah sebagai berikut:

1. Karbohidrat 

Contoh karbohidrat yang baik adalah makanan yang terbuat dari dari biji-bijian utuh, sayuran, buah, dan kacang-kacangan .

Kamu juga harus membatasi makanan karbohidrat seperti nasi putih, minuman buah kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan kue-kue yang manis.

2. Protein 

Asupan protein dapat kamu temui pada telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju, dan kacang-kacangan.

3. Lemak 

Makanan berlemak nggak selamanya harus kamu hindari. Tubuh juga butuh asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, membantu produksi hormon, dan membantu penyerapan vitamin.

Kamu bisa menemukan makanan berlemak yang baik, seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, minyak dari sayuran (minyak zaitun).

4. Vitamin dan mineral 

Vitamin dan mineral ini dapat membantu organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Sementara mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

5. Air 

Cairan memang tidak memiliki nutrisi, namun air bisa menghidrasi tubuh. Sekitar setengah dari komposisi tubuh manusia terdiri dari air. 

Fungsi Diet untuk Sehat 

Nyatanya, diet pun memiliki fungsi tersendiri untuk kesehatan loh. Adapun fungsi dari diet adalah sebagai berikut:

1. Membantu penyembuhan lebih cepat

Berdasarkan penelitian, ternyata diet bisa menahan jumlah lemak dalam tubuh dan membuat jumlahnya tetap normal. Ketika lemak di dalam tubuh normal, maka sistem kekebalan tubuhmu akan tetap terjaga dengan baik. Hasilnya, proses penyembuhan ketika kamu sakit pun bisa menjadi lebih cepat.

2. Menyehatkan jantung

Diet juga dapat membuat jumlah lemak dan kolesterol dalam tubuh terjaga dengan seimbang, sehingga tidak akan mengganggu kesehatan jantung.

3. Menurunkan risiko terkena diabetes

Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengatur pola makan diet secara baik yang disertai dengan olahraga secara teratur, bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes loh.

4. Menurunkan risiko stroke

Manfaat diet juga dapat berupa menurunkan risiko stroke. Apalagi diketahui hipertensi erat kaitannya dengan obesitas, yang memang dapat meningkatkan risiko stroke. 

Berat badan berlebih juga ditandai dengan indikator kesehatan lain yang tidak normal, seperti kadar kolesterol dan kadar gula darah, yang kemudian berisiko memicu pembentukan gumpalan darah pemicu stroke di jantung dan otak.

5. Mengurangi nyeri sendi

Berat badan sangat erat kaitannya dengan kesehatan sendi. Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh, yang pada akhirnya menimbulkan nyeri pada sendi.

Itulah penjelasan mengenai tips aman dan sehat untuk kamu yang mau diet. Dari penjelasan di atas juga kita bisa mengetahui bahwa diet yang tepat juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Baca Juga Disini :

Aktif Berolahraga Walaupun Lagi Dapet 

Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Manfaat untuk Tubuhmu

Konsumsi yang Alami untuk Menjaga Keseharan Miss V

tips diet pemula
tips diet sehat
tips diet untuk pemula
tips diet alami
tips diet anti gagal
tips diet bagi pemula
tips diet cepat turunkan berat badan
Komentar (11)
A

Avatar Profile Image
Zaynah Zaynaa
Okey Cha, Makasih atas artikel tentang tips aman dan sehat untuk yang mau diet.
23 days ago
Balas
Su
Susanti
makasih cha
13 days ago
Balas
An
Anonymous
membantu
13 days ago
Balas