Kembali

Girl's Life

Ikuti Cara Ini untuk Menambah Tinggi Badan Alami!

Ikuti Cara Ini untuk Menambah Tinggi Badan Alami!


Pubertas memang menjadi salah satu masa yang harus dilalui seseorang dalam hidupnya. Ada banyak perubahan tubuh yang terjadi pada masa ini. Salah satunya adalah pertumbuhan tinggi badan. Nah, mengikuti kesempatan di masa ini, kamu bisa loh menggunakan waktu tersebut untuk menambah tinggi badan secara alami.

Percepatan pertumbuhan pada remaja perempuan, dimulai sejak usia 8 sampai 13 tahun. Masa percepatan pertumbuhan diketahui dapat berlangsung sekitar 2 sampai 5 tahun, hingga seorang remaja mencapai kematangan fisik, termasuk tinggi badannya.

Sayangnya, nggak semua orang bisa mencapai tinggi badan yang diinginkannya loh. Pasalnya, tinggi badan seseorang nyatanya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor genetik atau keturunan.

Meskipun begitu, berikut ini cara menambah tinggi badan

Cara Menambah Tinggi Badan yang Alami

Ada beberapa cara dan tips yang mungkin dapat membantu kamu menambah tinggi badan selama masa percepatan pertumbuhan. Penasaran, bukan? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini!

1. Olahraga secara rutin 

Olahraga dan aktivitas fisik secara rutin memang sangat baik untuk memperkuat jaringan otot dan tulang, mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Sehingga, melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu cara paling baik untuk mempercepat tinggi badan. 

Ada banyak jenis olahraga yang disarankan untuk menambah tinggi badan secara alami. Mulai dari bersepeda, berenang, sepak bola, badminton, hingga basket.

2. Perbaiki postur tubuh 

Siapa sangka jika perbaikan postur tubuh juga bisa membantu menambah tinggi badan secara alami? Nyatanya, hal ini memang membantu loh.

Kebiasaan buruk seperti berdiri, duduk, dan tidur dengan postur yang tidak benar, nyatanya dapat membuat tubuhmu terlihat lebih pendek. Namun sebaliknya, dengan postur tubuh yang baik dan tegak, kamu pun akan terlihat lebih tinggi dan proporsional.

Nah, kamu bisa melakukan yoga untuk memperbaiki postur dan membuat tubuh tampak lebih tinggi ya.

3. Istirahat yang cukup 

Kurang tidur memang dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Pada remaja, kurang tidur nyatanya bisa membuat tumbuh kembang seseorang terganggu. 

Hal ini dikarenakan proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup tinggi. Nah, salah satu cara untuk mengisi energi tersebut adalah dengan istirahat yang cukup.

Berikut adalah jumlah waktu tidur yang ideal berdasarkan usia seseorang:

  • Bayi 0–3 bulan: 14–17 jam
  • Bayi 3–11 bulan: 12–17 jam
  • Balita 1–2 tahun: 11–14 jam
  • Balita 3–5 tahun: 10–13 jam
  • Anak 6–13 tahun: 9–11 jam
  • Remaja 14–17 tahun: 8–10 jam
  • Orang dewasa 18–64 tahun: 7–9 jam

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang 

Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, agar pertumbuhan tinggi badan bisa maksimal.

Kamu pun bisa mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti protein, kalsium, dan vitamin D. Asupan nutrisi itu pun bisa kamu peroleh dari buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, seafood, telur, tahu tempe, serta susu dan olahannya.

Perlu diingat, beberapa cara menambah tinggi badan di atas umumnya akan lebih efektif untuk dilakukan pada remaja, khususnya ketika masa pubertas. Sementara itu, untuk menambah tinggi badan pada orang dewasa, cara tersebut mungkin tidak akan efektif.

Kamu pun bisa konsultasi ke dokter terdekat untuk mengetahui tips jitu menambah tinggi badan sesuai usiamu ya.

Baca Juga Disini:

Faktor Genetik Alasan Anak Mirip Orang Tua 

Kenapa Tubuh Fisik Laki Laki dan Peremrempuan Berubah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

cara menambah tinggi badan
Komentar (7)
A

Avatar Profile Image
Zaynah Zaynaa
Okey Cha,makasih atas tips nya 👍🏻
22 days ago
Balas
DS
Dhia Santika
membantu
13 days ago
Balas
An
Anonymous
informatif
13 days ago
Balas