Kembali

Edukasi

Cek Faktanya! Ini Batas Pertumbuhan Tinggi Badan pada Wanita

Cek Faktanya! Ini Batas Pertumbuhan Tinggi Badan pada Wanita


Selama masa kanak-kanak, tinggi badan akan bertambah sekitar 6 cm setiap tahunnya. Pertumbuhan terus berjalan dari waktu ke waktu dan kamu akan semakin tinggi begitu memasuki masa puber. Setelah itu, bakal ada usia tertentu ketika pertumbuhan tinggi badan seorang wanita udah mencapai batas. Kapan batas pertumbuhan tinggi badan wanita ?

Kira-kira ada nggak ya, cara supaya badan tambah tinggi meski kamu udah dewasa?

Yuk, simak informasinya!

Batas umur pertumbuhan tinggi badan pada wanita 

Masa puber membuat kita mengalami banyak perubahan dan perkembangan, baik dari segi fisik, psikologis, kognitif, sampai kehidupan sosial. Salah satu perkembangan yang paling terlihat yaitu tinggi badan yang terus bertambah.

Remaja perempuan biasanya mengalami puncak pubertas sekitar 6–12 bulan sebelum haid pertama (menarche/menarke) atau kira-kira pada usia 10–14 tahun. Sementara itu, puncak masa pertumbuhan remaja laki-laki baru terjadi sekitar dua tahun setelahnya.

Anak-anak perempuan memang lebih cepat tinggi. Namun, setelah menstruasi yang pertama, pertumbuhan tinggi badan cenderung menjadi lambat. Seorang perempuan rata-rata cuma bertambah tinggi sekitar 2,5–7 cm selama 1 sampai 2 tahun selanjutnya.

Terus, sampai umur berapa tinggi badan bisa bertambah? Ternyata, jawabannya adalah pada usia ke-14 atau 15 (tapi mungkin bisa lebih muda pada beberapa orang). Pada usia inilah kamu memiliki tinggi badan yang bertahan sampai dewasa.

Kamu mungkin juga bakal mengalami tanda-tanda pubertas yang lain, seperti payudara yang mulai tumbuh, pinggul yang membesar, dan tumbuhnya rambut halus di area miss v. Sekitar 1–2 tahun usai menarche, masa puber kamu akan berakhir.

Masa puber bisa datang pada usia yang berbeda-beda. Namun, kalau kamu masih juga nggak mengalami tanda-tanda pubertas begitu menginjak usia ke-15, sebaiknya kasih tahu orang tua supaya kamu bisa memeriksakan diri ke dokter, ya, Charm Girls!

Udah mencapai batas umur tinggi badan wanita, apa masih bisa tambah tinggi? 

Batas pertumbuhan tinggi badan wanita terjadi pada usia ke-14 atau 15. Jadi, peluang untuk tambah tinggi setelahnya memang kecil.

Meski begitu, gaya hidup sehat dan asupan makanan bergizi seimbang bisa membantu mengoptimalkan masa remajamu. Jadi, badanmu bakal tumbuh dengan baik dan sehat selama masa puber.

Yuk, coba mulai dengan beberapa tips berikut!

1. Makan makanan bergizi seimbang 

Selama masa pertumbuhan, kebutuhan energi dan zat gizi juga bertambah. Bukan asal makan, pastikan menu sehari-hari kamu dipenuhi oleh makanan yang beraneka ragam. Perbanyak makan sayuran, buah-buahan, protein, kacang-kacangan, dan susu.

2. Tidur yang cukup 

Tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan saat kamu tidur. Jika waktu tidurmu kurang, produksi hormon pertumbuhan juga bisa terganggu. Jadi, meski kamu udah mencapai batas pertumbuhan tinggi badan wanita, usahakan buat tidur selama 8–10 jam, ya!

3. Jaga postur tubuh yang baik 

Postur tubuh yang buruk, misalnya miring atau membungkuk, bikin kamu kelihatan lebih pendek. Lama-kelamaan, kebiasaan ini bahkan bisa bikin badan jadi bungkuk sehingga tinggi badanmu jadi “berkurang”. Maka dari itu, coba biasakan untuk duduk, berdiri, dan berjalan dengan postur tubuh yang baik dan tegap.

4. Jangan malas gerak 

Olahraga rutin, bahkan yang ringan sekalipun, punya banyak manfaat. Kegiatan ini bisa memperkuat otot dan tulang, mengontrol berat badan, dan menambah produksi hormon pertumbuhan. Seenggaknya, yuk, coba jogging selama 30 menit setiap hari!

Pada umumnya, batas pertumbuhan tinggi badan wanita adalah pada usia ke-14 dan 15. Memang sulit buat menambah tinggi badan setelah itu, tapi yang terpenting adalah kamu bisa melewati masa puber dengan sehat dan bugar.

Baca Juga Disini:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 

Oh Ini Dia Perbedaan Fisik Perempuan dan Laki Laki

Lho Aku Kok Lebih Tinggi Daripada Anak Laki Laki 

Batas pertumbuhan tinggi badan wanita
Komentar (54)
A

Avatar Profile Image
Mutiara Wahyularasati
thank you artikelnya membantu banget untuk menambah informasi! <3
7 months ago
Balas
An
Andriya
Setuju
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Sri Astuti
Artikel nya bermanfaat sekali , nice tips
7 months ago
Balas
floating-icon