Kembali

Tentang Menstruasi

Gimana Bilangnya? Cara Bilang ke Orangtua Kalau Kita Haid

Gimana Bilangnya? Cara Bilang ke Orangtua Kalau Kita Haid


Charm Girls, tiap remaja perempuan akan menghadapi pubertas. Nah sebagian orang tua biasanya akan punya pengalaman menghadapi anak perempuannya yang akan mendapat menstruasi pertama atau menarche. 

Buat kalian para remaja, perlu tahu juga nih apa itu menarche, yakni istilah medis dari haid atau menstruasi pertama bagi perempuan. Menstruasi adalah peluruhan dinding rahim, ini terjadi karena kadar hormon estrogen di tubuh meningkat dan menyebabkan lapisan rahim menebal dan ini akan mendukung sel telur yang dibuahi berkembang, jika tidak ada sel yang dibuahi maka akan luruh.

Fase pubertas harus dilalui oleh setiap anak supaya menjadi dewasa, perubahannya nya juga meliputi fisik-biologis hingga segi ke psikis. 

Usia menstruasi pada umumnya 

Pubertas anak perempuan akan terjadi lebih awal dibanding anak laki-laki yakni pada usia 8-13 tahun dengan rata-rata 10 tahun. Kemudian menstruasi pertama akan mulai terjadi biasanya antara 11-14 tahun, tetapi ini bisa berbeda bagi setiap individu ya Charm Girls ada yang lebih cepat ada juga yang terlambat.

Biasanya juga, menstruasi akan muncul sekitar dua tahun usai payudara anak perempuan mulai berkembang.

Ciri menstruasi pada anak 

Menstruasi pada anak itu berbeda-beda ya Charm Girls, setiap anak perempuan juga punya waktu kematangan yang berbeda. Gak perlu berpikir terlalu cepat atau lambat menstruasi dari teman yang lain ya Charm Girls.

Keputihan 

Ciri pertama saat anak perempuan mengalami menstruasi pertama kali adalah keputihan. Beberapa bulan sebelum menstruasi pertama atau menarche biasanya akan ada keputihan dan ini normal ya Charm Girls, sebagai persiapan terjadinya menstruasi pertama. Jika sistem reproduksi sudah matang maka akan mengalami menstruasi pertama.

Ada flek darah 

Eits, jangan khawatir ya Charm Girls, pada beberapa kasus memang flek akan keluar sebelum menstruasi anak muncul. Darah ini berwarna kecoklatan dan baru keluar sedikit, nanti jumlahnya semakin banyak dan warnanya semakin merah. Nah di sini kamu sudah bisa pakai pembalut.

CHARM punya banyak pilihan pembalut yang bisa kamu sesuaikan. Untuk mengantisipasi darah yang semakin banyak kamu bisa gunakan pantyliner CHARM Comfort Slim untuk siang dan malam atau pembalut CHARM Slim Protect + yang lebih tipis dan bebas ganjal hingga pembalut CHARM Extra Comfort yang menyerap dan nyaman maksimal. Kamu juga bisa mulai cari tahu jenis-jenis pembalut CHARM lainnya.

Emosional 

Saat mendapat atau sebelum menstruasi pertama, anak perempuan biasanya bakal lebih sensian atau emosional, baik gampang marah atau sedih. Ini hal wajar karena tubuh sedang alami perubahan hormon.

Cara bilang ke orangtua ketika menstruasi 

Charm Girls, ini beberapa cara bilang ke orang tua kalau kita haid.

Hal yang perlu kamu siapkan adalah pelajari tentang menstruasi, salah satunya seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak loh info tentang menstruasi yang bisa kamu pelajari agar lebih siap dan bijak menghadapinya. 

Setelah itu, bicaralah pada ibu atau wali perempuan yang menurutmu nyaman untuk diajak berkomunikasi secara pribadi. Bicara dengan santai dan tak perlu takut karena tidak ada yang salah dari menstruasi, itu adalah fase baru dirimu. 

Jika tidak percaya diri, kamu bisa lakukan kode pada ibu, salah satunya dengan berdiri di lorong produk kewanitaan seperti pembalut saat berbelanja dengan ibu di minimarket atau supermarket, minta rekomendasi ibu dan katakan kamu sudah mendapat menstruasi pertama. 

Kamu bisa juga ajukan pertanyaan dengan memanfaatkannya sebagai cara tidak langsung membicarakan bahwa kamu sudah menstruasi, seperti tentang kesehatan alat reproduksi atau tanya produk yang dipakai ibu saat menstruasi bahkan bisa ceritakan saat kamu merasakan gejala PMS atau kram.

Jika benar-benar tidak percaya diri, kamu bisa membicarakannya secara tidak langsung pada ibu lewat surat, pesan singkat atau pesan suara. Jika bukan pada ibu atau wali perempuanmu kamu bisa ceritakan ini pada kakak atau sahabat kamu.

Ingat juga untuk jaga kebersihan diri dan siapkan pembalut di tas atau dompet kecil. Saat menstruasi catat tanggalnya agar kamu tahu periode menstruasi yang akan datang bulan depan. 

Baca Juga Disini :

Parents Ini Lho Fakta dan Mitos Masa Menstruasi

Menjelang Menstruasi Pertama Kok Miss V Gatal

Seharian Di Sekolah Ketika Menstruasi

cara bilang ke orang tua kalau kita haid
Komentar (15)
A

Avatar Profile Image
Jainah
Okey, makasih Cha atas tips nya
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
Amelia
Makasih
2 years ago
Balas
IP
Ika Parwati
keren
2 years ago
Balas
floating-icon