Kembali

Tentang Menstruasi

Macam macam darah haid, normalkah darah haid menggumpal?

Macam macam darah haid, normalkah darah haid menggumpal?


Charm Girls, tahukah kalian jika darah saat menstruasi kadang keluar dengan tidak menentu. Kadang jika diperhatikan ada macam-macam darah haid. Perempuan tidak hanya menemukan darah cair saat menstruasi namun ada juga darah haid yang menggumpal. 

Namun, penyebab darah haid menggumpal perlu diketahui dengan seksama, agar tidak menjadi kekhawatiran yang berlebih apalagi hingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Baca Juga: Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!


Gumpalan darah memang kerap ditemukan saat menstruasi hari pertama dan menjelang akhir menstruasi. Ada hal-hal yang juga perlu diperhatikan karena gumpalan darah terkadang menunjukkan kondisi medis tertentu, jika dibarengi dengan menstruasi yang tidak teratur dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. 

Macam-macam darah haid

Melansir dari laman Medical News Today, ada sejumlah macam darah menstruasi, ada yang cair, berair hingga menggumpal atau kental.

Pertama adalah licin dan berlendir, tekstur ini ada biasanya karena darah menstruasi sudah bercampur dengan lendir serviks.

Kemudian, jika darah tipis dan cair maka sudah darah sudah bekerjasama dengan anticoagulant alami di tubuh, karena pendarahan yang ada sudah tidak seberat sebelumnya dan berwarna merah terang.

Jika darah keluar dengan gumpalan kemungkinan terjadi keguguran jika perempuan sedang hamil. Namun jika darah menggumpal dalam ukuran besar banyak maka kemungkinan ada gangguan hormonal atau pertumbuhan benjolan kecil di dalam rahim atau fibroid rahim. Biasanya terjadi pada perempuan di usia 50 tahun.

Penyebab darah haid menggumpal

Namun ada hal lain yang menyebabkan darah menggumpal saat menstruasi, jika ukurannya kecil dan hanya sesekali muncul itu masih dianggap normal.

Macam macam darah haid, normalkah darah haid menggumpal?
Darah Menggumpal

Darah menstruasi menggumpal juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau disebabkan oleh miom yakni tumor jinak di dinding rahim.

Darah juga bisa menggumpal karena adanya Endometriosis terjadi ketika jaringan rahim yang disebut endometrium tumbuh di luar rahim hingga adanya adenomyosis atau lapisan hamim yang tumbuh ke dalam dinding rahim sehingga rahim menebal atau membesar.

Darah haid yang menggumpal dan hilang sendiri bukan kondisi yang berbahaya, namun perlu diwaspadai jika darah menggumpal dalam ukuran besar dan banyak serta dibarengi dengan keluhan lain seperti muncul di luar siklus menstruasi, lemas dan pucat hingga terjadi dalam waktu lama.

Charm
Pembalut Charm
macam macam darah haid
darah haid menggumpal
penyebab darah haid menggumpal
Komentar (12)
A

ss
siti sundari
thanks min
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Sama-sama Charm Girls, semoga informasinya bermanfaat yaaa
2 months ago
kh
khema
makasih infonya admin
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Kinaya Kanza
Thanks kak min sangat menambah ilmu nih
2 months ago
Balas