Kembali

Tentang Menstruasi

5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?
5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?


Charm Girls, nggak kerasa kalo zaman sekarang makin canggih banget? Nggak percaya? Coba deh lihat di sekitar kamu, mulai dari smartphone, komputer atau laptop sampai ke kendaraan! Modern abis… Mungkin saja beberapa tahun lagi kita punya mobil terbang, Charm Girls!

By the way! Biarpun masa depan sudah dekat, ternyata masih ada aja mitos-mitos yang berkeliaran nih, Charm Girls. Nggak hanya mitos tentang hantu, tapi tentang masa menstruasimu juga!

Baca Juga : Perubahan emosi menjelang masa Menstruasi, fakta atau mitos? - Charm Girl's Talk

Entah bagaimana asalnya semua mitos-mitos ini, soalnya banyak yang bikin resah juga, lho. Penting banget nih untuk kamu mengetahui apa saja mitos dan fakta masa menstruasi biar tidak terjebak. Mari, kita cari tahu semua dan faktanya sekalian yuk, Charm Girls! Hari gini sih, nggak jaman lagi percaya soal mitos
 

5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?
Keramas Saat Menstruasi

Dilarang keramas!

Banyak banget yang percaya sama mitos masa menstruasi yang satu ini. Katanya sih, pori-pori kulit kepala menjadi terbuka lebar jadi nggak disarankan untuk keramas. Nih, faktanya, pori-pori kulit kepala nggak ada hubungan dengan proses masa menstruasi yang terjadi di alat reproduksi, Charm Girls! Padahal mandi dengan air yang mengalir tuh bagus banget untuk menyegarkan badan yang terasa lemas saat berada di masa menstruasi.

Ohya, selain menyegarkan. Mandi termasuk keramas dapat melindungi kamu dari bakteri yang mengganggu kesehatan. Tubuh yang wangi juga bisa menjadi mood booster untuk kamu, jadi nggak bete deh! Pokoknya kalau ada yang bilang keramas saat masa menstruasi itu nggak baik, jangan percaya, ya Charm Girls!

5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?
Minum Bersoda Saat Menstruasi

Soda bikin lancar menstruasi

Siapa Charm Girls yang suka minuman bersoda? Hayo ngaku! Nah, seperti kita tahu kalau nyeri haid bisa disebabkan oleh menstruasi yang tidak lancar dan ada yang bilang kalo soda bisa membantumu. Ups, ini nggak banget. Mitos yang satu ini lebih baik tidak diikuti ya, Charm Girls. Soda dan kelancaran menstruasi nggak memiliki hubungannya sama sekali kok.

Penyebab lancar tidaknya sebuah masa menstruasi akan tergantung dengan hormon, perubahan berat badan, atau stres yang kamu miliki, Charm Girls. Jadi, tentang soda yang mempengaruhi kelancaran menstruasimu adalah mitos! Jika kamu mengalami nyeri haid karena masa menstruasi yang tidak berjalan dengan lancar; cobalah untuk perbanyak olahraga, makan makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih… Kalo ingin minum soda, jangan terlalu banyak, okay?

5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?
Minum Dingin Saat Menstruasi

Minuman dingin membuat perutmu beku 

Masih berhubungan dengan minuman nih. Minum air dingin memanglah segar, apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya! Tapi ternyata, ada sebuah mitos yang dipercaya orang-orang kalo air putih dingin akan membuat masa menstruasimu datang terlambat karena darahmu yang dingin alias menjadi beku! Faktanya, sama seperti soda, kok, Charm Girls… Minuman berhubungan erat dengan sistem pencernaan dan menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi! Tuhkan, nggak ada hubungannya sama sekali, mereka terpisah.

Kalo masa menstruasimu datang terlambat, biasanya sih dipengaruhi oleh masalah pada dinding rahim, masalah hormonal dari indung telur, dan masalah psikologis. Namun, sebuah penelitian dari Medical News Today menyimpulkan bahwa air minum pada suhu 16°C mungkin merupakan suhu yang cocok untuk sistem pencernaanmu, Charm Girls.

5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?
Darah Menstruasi Bukan ‘Darah Kotor’

Darah menstruasi = Darah Kotor 

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata darah kotor, Charm Girls? Apakah darah yang malas beres-beres atau darah yang berantakan? Hahaha, nah. Mitosnya berkata bahwa darah kotor adalah darah yang mengeluarkan racun dalam tubuh! Wah, masa iya? Fix, ini adalah mitos.

Darah menstruasi yang kamu keluarkan kurang lebih sebulan sekali adalah hasil peluruhan dinding rahim karena tidak dibuahi. Jadi, darah yang keluar saat masa menstruasi bukanlah ‘darah kotor’, tapi campuran dari darah, jaringan rahim, lendir, dan sedikit bakteri, Charm Girls. Jadi menstruasi bukanlah cara tubuh mengeluarkan racun, ya! 

Perlu diketahui, nih! Organ tubuh yang berfungsi untuk membuang racun adalah ginjal dan hati, Charm Girls. Nggak ada tuh hubungannya dengan sistem reproduksi, tempat terjadinya masa menstruasi!

5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?
Dance Sambil Menyanyi Saat Menstruasi

Kamu nggak boleh berolahraga! 

Memang, ketika kamu sedang berada di masa menstruasi, badanmu menjadi berasa lemas; ditambah dengan nyeri haid yang kadang ikut-ikutan, iya kan, Charm Girls? Namun hal tersebut bukan alasan untuk kamu menghabiskan waktu dengan rebahan saja. 

Malah, berolahraga saat masa menstruasi itu sangat bagus, Charm Girls. Selain mood jadi positif, olahraga juga bikin nyeri haid seperti kram, kembung dan sakit perut kamu jadi lebih baik, lho! Pssst, bisa saja kamu melampiaskan emosi-emosi PMS juga; daripada marah-marah, mendingan olahraga. Kamu dapat mengunjungi Instagram @charmidn, di sana ada kumpulan IG TV untuk pilihan olahraga yang cocok dari menstruasi di hari pertama hingga hari ke -tujuh.

Namun, ada baiknya kamu menyesuaikan olahraga tersebut dengan tubuhmu. Mau yang ringan-ringan saja, seperti dance atau lari di sekitar rumah juga boleh kok. Pokoknya, jangan memaksakan diri ya, Charm Girls!

 

Komentar (0)
A