Kembali

Tentang Menstruasi

Gak Semua Jerawat Karena PMS! Kenali Ciri-Ciri Jerawat Haid

Gak Semua Jerawat Karena PMS! Kenali Ciri-Ciri Jerawat Haid


Haid dialami perempuan biasanya setiap bulan. Saat haid perempuan bukan hanya mengalami peluruhan dinding rahim yang menyebabkan pendarahan sehingga darah haid keluar, namun ada tanda tanda menstruasi yang muncul.

Di antara mood yang naik turun, nyeri di perut dan kram hal lain yang dirasakan perempuan saat PMS adalah melihat ke kaca dan menyadari bahwa jerawat mulai tumbuh. Walau tak semua perempuan mengalaminya tapi ada banyak yang merasa bete berat karena jerawat membandel yang muncul tiap bulan.

Jerawat haid itu seperti apa sih? Apakah ada ciri ciri jerawat haid? Nah Charm Girls tahukah bahwa sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology menyebutkan bahwa 63 persen wanita yang rawan jerawat mengalami keluhan selama pramenstruasi ini. 

Jerawat PMS biasanya menyerang sekitar tujuh hingga 10 hari sebelum permulaan periode haid perempuan dan bakal mereda segera setelah haid dimulai.

Jerawat PMS atau haid muncul karena perubahan kadar hormon perempuan. Kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat saat tubuh mempersiapkan rahim saat proses pembuahan atau ovulasi. 

Hal ini yang merangsang produksi sebum atau substansi minyak yang berfungsi jadi pelumas kulit alami. Nah jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat akibat bercampurnya sebum, ditambah dengan sel kulit mati dan bakteri, wow banyak juga ya Charm Girls.

Macam-macam jerawat di wajah 

Nah ternyata jenis-jenis jerawat di wajah juga berbeda loh, bukan hanya jerawat hormonal saat haid atau PMS tapi ada juga jerawat karena stres.

Jerawat stress bisa muncul di berbagai area wajah atau tubuh dan tak muncul tiap bulan atau jelang menstruasi seperti di dagu atau garis rahang. Jerawat haid muncul di tempat yang sama dan berulang.

Sedangkan jerawat stress biasanya muncul di area paling berminyak di wajah, biasanya itu di T-zone. Tandanya juga disertai rasa kemerahan dan gatal.

Nah ada juga jerawat yang disebabkan oleh skin barrier yang rusak Charm Girls, ini biasanya disebabkan oleh skincare yang tidak cocok. Saat wajah sering luka atau berjerawat serta lama buat sembuh, itu bisa saja karena skin barrier rusak.

Skin barrier itu membantu kulit tetap lembab dengan mencegah Trans Epidermal Water Loss (TEWL) atau kondisi kulit kehilangan kandungan air. TEWL ini bisa sebabkan jerawat.

Cara redakan jerawat PMS 

Charm Girls, hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakan jerawat PMS adalah dengan menerapkan kebersihan kulit yang baik ya, setiap bakteri yang masuk ke wajah akan memperburuk jerawat menstruasi. Nah untuk menjaga kulit tetap bersih kamu perlu lakukan beberapa hal.

Perhatikan barang disekitar kamu 

Mulai sadari pentingnya cuci tangan secara rutin dan bersihkan handphone secara berkala karena sering kali kita jerawat muncul di garis rahang atau dagu karena bekas telepon dengan handphone.

Kamu juga harus memperhatikan barang-barang di sekitar kamu seperti bantal, matras saat workout dan pakaian. Hindari barang-barang kotor yang bisa menempel di kulit.

Rokok sumber segala jerawat dan jaga pola makan 

Kemudian, jangan merokok karena ini adalah penyebab dari semua jenis jerawat. Charm Girls juga jangan lupa untuk makan makanan bergizi serta minum air putih.

Bersihkan dan rawat wajah 

Kamu juga perlu rajin bersihkan wajah usai beraktivitas. Dan lakukan perawatan dengan bersihkan pori-pori yang tersumbat apalagi jelang siklus haid.

ciri ciri jerawat menstruasi
ciri ciri jerawat mau haid
ciri ciri jerawat akan haid
ciri ciri jerawat sebelum haid
Komentar (11)
A

Avatar Profile Image
Jainah
Ooo gitu yaa, ada jerawat hormonal saat haid atau PMS dan ada juga jerawat karna stres. Makasih Cha artikelnya.
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Surani Ulfa
Bener, di aku biasanya jerawat hormonal muncul di tempat tertentu jadi gampang identifikasinya
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Amelia
Makasih
7 months ago
Balas
floating-icon