Kembali

My Growing Up Body

Menjelang menstruasi pertama kok miss V gatal?
Menjelang menstruasi pertama kok miss V gatal?


Kesehatan vagina itu penting banget! terutama menjelang menstruasi pertama.

Semua cewek itu harus banget ngejaga kesehatan organ intim, terutama menjelang menstruasi  pertama. Meskipun bagi beberapa orang emang ribet, tapi percaya deh; butuh ketekunan dan  ketelitian dalam merawat kesehatan vagina. Kalo nggak, bisa muncul beragam masalah, lho,  Charm Girls.  

Nah, sebenernya vagina gatal adalah hal yang wajar, kok. Tapi nggak berarti kamu bisa cuekin  begitu aja. Emangnya kenapa? 

Nah, ini dia penyebab vagina gatal menjelang haid. 

1. Vagina Kering 

Kadar estrogen dalam tubuh cewek tuh pasti lagi banyak-banyaknya pas periode ovulasi, lalu  kemudian menurun dengan cepat pada hari-hari menjelang menstruasi. Inilah penyebab miss v  gatal menjelang haid. 

2. Peradangan 

Tubuh kamu memang akan sensitif, termasuk kulit. Sedikit gesekan saja bisa menimbulkan  peradangan yang jadi sebab timbulnya rasa gatal. Please kalau kamu ngerasain jangan digaruk  karena bukan tidak mungkin akan menyebabkan infeksi, Charm Girls. 

Baca Juga : Cara membersihkan Miss V kamu

3. Salah pembalut 

Charm Girls, kamu harus pintar-pintar dalam memilih pembalut atau pantyliner nih! Beberapa  pembalut punya bahan yang kasar dan menyerap pelumas alami yang ada di vagina; akhirnya  jadi kerasa kering serta gatal. Nggak cuma itu, pembalut yang memiliki pewangi atau bahan  lainnya bisa bikin reaksi alergi bagi kamu yang punya kulit sensitif. 

Menjelang menstruasi pertama kok miss V gatal?
Pilih Pembalut yang Tepat 

Nggak usah pusing, pilih aja pembalut Charm yang pastinya nyaman di kulit untuk menemani  hari-hari menstruasi pertama! 

4. Infeksi Bakteri 

Bacterial Vaginosis atau BV adalah infeksi bakteri yang ada pada vagina dan biasanya tuh  dialami oleh cewek berusia 15 sampai 44 tahun. Selain rasa gatal, biasanya vaginamu juga akan  tercium aroma bau amis yang kuat, terutama sebelum menstruasi. Segeralah ke dokter bila  kamu mengalami sensasi gatal atau terbakar pada vagina, rasa nyeri, dan keputihan berwarna  abu-abu. 

5. Infeksi ragi 

Infeksi ragi siklik atau cyclic vulvovaginitis adalah sensasi terbakar pada vulva dan bagian dalam  vagina sebagai penyebab miss v gatal menjelang haid. Infeksi ini disebabkan  karena pertumbuhan jamur Candida. Pas siklus menstruasi, hormon akan terus berubah lalu  memengaruhi keseimbangan pH vagina dan akhirnya akan perkembangan bakteri alami di  vagina juga bakal berubah. 

5. Infeksi Kronis  

Cyclic vulvovaginitis adalah infeksi kronis yang sering terjadi sebelum atau selama periode  menstruasi pertama. Seseorang dengan kondisi ini dapat mengalami gejala-gejala seperti,  terbakar, gatal, atau menyengat sebelum menstruasi! 

-

Tenang aja! 

Meskipun sering terjadi, kamu nggak boleh sepelekan penyebab miss v gatal menjelang haid.  Kalo keseringan dibiarin, nanti malah terjadi infeksi lebih serius, Charm Girls. Maka dari itu,  menjaga kesehatan dan kebersihan vagina tuh harus banget! 

Berikut adalah hal-hal yang harus  diperhatikan saat menjaga kesehatan vagina : 

Baca Juga : Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!

1. Sering ganti pakaian dalam 

Biar vagina gatal pas menstruasi pertama nggak selalu terjadi, pastikan kamu menjaga  kebersihan dan menghindari kelembapan pakaian dalam. Pakai pakaian dalam yang nyaman  dan terbuat dari bahan katun dapat membantu mengurangi rasa gatal! 

2. Bersihkan vaginamu dengan benar 

Kalo kamu kurang menjaga kebersihan, fix, bakteri bakalan datang! Darah sendiri itu adalah  tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak, jadi kebersihan area kewanitaan pas  menstruasi pertama harus lebih diperhatikan. 

Menjelang menstruasi pertama kok miss V gatal?
Wajib Membersihkan Vagina 

Vagina adalah organ yang bisa membersihkan diri sendiri, jadi produk kewanitaan nggak terlalu  diperlukan. Area luarnya, seperti vulva, dapat dibersihkan dengan air mengalir dari arah depan  ke belakang, untuk mencegah terjadinya infeksi. Jangan lupa, keringkan dengan ditepuk-tepuk  lembut menggunakan tisu biar nggak lembap.

3. Jangan digaruk! 

Gemes sih, tapi cara mengatasi penyebab miss v gatal menjelang haid yang paling ampuh  adalah dengan nggak menggaruknya. Sebisa mungkin jangan menggaruk area yang gatal, biar  vagina nggak iritasi dan akhirnya infeksi. Menggaruk vagina juga dapat bikin infeksi menyebar  dan luka karena kukumu. 

Menjelang menstruasi pertama kok miss V gatal?
Hindari Menggaruk Vagina 

Namun kalo gatal masih terus mengganggu dan kamu nggak tahan lagi , segeralah bilang orang  tua biar dilakukan pemeriksaan ke dokter. Bisa jadi itu pertanda adanya infeksi atau  peradangan di sekitar vagina. 

So, keep it clean, take care, Charm Girls!

Komentar (0)
A