Kembali

Edukasi

Seharian di sekolah ketika menstruasi
Seharian di sekolah ketika menstruasi


Hayo, bagaimana caramu menjalani hari di sekolah saat sedang menstruasi? Kamu pasti ingin diam di rumah saat perut sedang kram. Tenang, dengan mengikuti tips-tips ini kamu bisa banget menjalani hari secara normal di sekolah walaupun sedang menstruasi, lho. Mari kita lihat apa saja yang harus kamu perhatikan, Charm Girls!

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu ikuti sejak bangun pagi hingga sebelum tidur. Yuk, kita langsung mulai dengan apa yang pertama kali kamu dapat lakukan!

Baca Juga : 5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?

Bangun di pagi hari 
~Memilih pakaian~ 

Ketika bangun, perhatikan sprei kasurmu dan langsung cuci apabila ada noda darah yang tertinggal lalu pilihlah baju yang sesuai dengan siklus menstruasimu. Misalnya pakaian berwarna gelap, karena akan lebih aman dipakai saat darah menstruasimu sedang banyak banyaknya.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

Sarapan 
~Pastikan kamu sarapan terlebih dahulu~ 

Menstruasi dapat menyebabkan anemia, lho. Jadi, pastikan kamu sarapan untuk mencegah hal itu terjadi, kita menyarankan kamu makan makanan yang mengandung zat besi seperti bayam dan buah-buahan.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

Sebelum berangkat ke sekolah 
~Jangan lupa untuk membawa pembalut cadanganmu~ 

Bawalah lima atau enam pembalut cadangan untuk digunakan di sekolah. Kamu tidak perlu khawatir apabila kamu telah memilih pembalut yang sesuai dengan siklusmu. Jika kamu lupa membawa pembalut, coba mampir ke UKS. Biasanya kamu akan menemukan pembalut di sana.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

Di sekolah 
~Pergilah ke kamar mandi saat waktu kosong di antara pergantian mata pelajaran~ 

Kamu tidak akan bisa fokus belajar di kelas jika selalu cemas soal bocor, Charm Girls. Gunakan kesempatanmu saat ada waktu kosong untuk mengganti pembalut, ya. Waktu terbaik untuk mengganti pembalut adalah setiap 3-4 jam sekali.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

● Perhatikan: Setelah menggunakan toilet umum seperti di sekolah, pastikan tidak ada darah yang tertinggal di kursi toilet, OK!

Selama jam pelajaran 
~Aman dan nyaman pembalut dengan sayap~ 

Saat jam pelajaran olahraga, ada baiknya kamu menggunakan pembalut dengan wing/sayap, Charm Girls! Tenang saja, pembalut seperti itu akan tidak terlalu terlihat. Nah, kamu juga tidak harus memaksakan diri untuk ikutan olahraga berat atau lari jarak jauh ketika sedang menstruasi. Minta tolong pada orang tuamu untuk membuatkan surat izin ya, jadi kamu bisa duduk saja dan melihat yang lain olahraga.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

Saat sudah pulang 
~Jangan lupa ganti pembalut~ 

Siapa yang suka lupa mengganti pembalut setelah seharian bersenang-senang dengan teman di sekolah? Hayo! Pastikan kamu mengganti pembalut dengan rutin seperti di sekolah ya, Charm Girls!

Seharian di sekolah ketika menstruasi

Saat mandi 
~Menstruasi bukan alasanmu untuk tidak mandi~ 

Bersihkan tubuhmu sebelum masuk ke dalam bak mandi. Menjaga kebersihan tubuh itu penting apalagi saat sedang menstruasi, lho. Kalau kamu tidak ingin menggunakan bak mandi, kamu bisa shower-an saja.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

● Sebaiknya cuci sendiri pakaian dalammu apabila ada noda darah yang tertinggal. Gunakan air dingin atau hangat untuk mencucinya, ya! Apabila kamu menggunakan air panas, noda darah akan mengental dan makin susah untuk dicuci. 

Sebelum tidur 
~Good night! Tidur yang nyenyak~ 

Sebelum tidur, ganti pembalutmu dengan pembalut khusus malam hari atau pembalut yang dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama. Jika masih takut bocor, berikan lapisan pakaian dalam tambahan di bagian luar atau bungkus pinggangmu dengan handuk.

Seharian di sekolah ketika menstruasi

● Sebelum tidur, persiapkan terlebih dahulu pembalut cadangan untuk dibawa besok pagi ke sekolah.

 

Komentar (0)
A