Kembali

Tentang Menstruasi

Sebulan menstruasi dua kali, bagaimana dong?
Sebulan menstruasi dua kali, bagaimana dong?


Siapa Charm Girls yang rajin mencatat periode menstruasi masing-masing? Kebiasaan kalian yang satu itu bagus banget, loh! Jadi kamu dapat mengetahui seberapa lancar atau terlambatnya masa menstruasi kamu se
 

Sebulan menstruasi dua kali, bagaimana dong?
Menghitung Periode Menstruasi

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menghitung periode menstruasimu; menggunakan aplikasi handphone atau ditulis manual adalah cara yang paling sering digunakan. Selain cara tersebut, kamu juga bisa lho download kalender menstruasi di Charm Girls Talk untuk tahu periode menstruasimu!

Baca Juga : Menorrhagia - kelainan menstruasi, penyebab, dan cara menghadapinya - Charm Girl's Talk

Nah, namun ada beberapa anak perempuan yang mendapat masa menstruasi dua kali sebulan, lho Charm Girls! Apakah kamu salah satunya?

Kondisi seperti itu memang merepotkan dan bikin cemas banget. Sebab, waktu beraktivitas bakalan keganggu, nyeri haid yang datang dan pergi, mood naik turun serta persediaan pembalut Charm yang lebih cepat habis daripada biasanya. Sebelum dibahas lebih lanjut, kamu harus ingat bahwa periode menstruasi yang normal terjadi antara 25-38 hari. Masa menstruasinya pun hanya berlangsung selama 2-7 hari saja, Charm Girls.

Penasaran kenapa kamu mungkin mengalami masa menstruasi dua kali dalam seminggu? Nah, berikut ini adalah beberapa alasannya, Charm Girls!

1. Ternyata memang siklus menstruasimu pendek
Masa menstruasi dua kali dalam sebulan tuh masih normal, lho, apabila nggak ada keluhan lain, misalnya nyeri yang berlebihan dan masih dalam jangka waktu 21 hari. Namun, apabila menstruasi dua kali dalam sebulan baru dianggap tidak normal apabila siklus menstruasi yang lebih pendek dari 21 hari. Bisa jadi kamu mengalami suatu penyakit, so segera beritahu orang tuamu tentang hal ini, ya!

2. Berat badan berubah secara drastis.
Pertambahan atau penurunan berat badan yang drastis dan olahraga yang berlebihan dapat mempengaruhi hormon menstruasi dan mengganggu siklus menstruasi kamu, Charm Girls.

3. Stres
Semua orang memang bisa stres karena suatu masalah. Namun, apabila dibiarkan berlarut-larut stres bisa mempengaruhi fisik tubuhmu, mengganggu fungsi berbagai organ tubuh dan menimbulkan gejala yang nggak nyaman. Salah satunya adalah masa menstruasi yang berantakan. Mungkin kamu bisa mendapat masa menstruasi berkali-kali atau bahkan tidak sama sekali.

4. Fibroid uterus
Fibroid uterus atau mioma adalah tumor jinak yang berada dinding rahim. Awalnya sih tumor ini berukuran kecil menyerupai biji semangka, tapi bisa tumbuh hingga berukuran besar. Jika dibiarkan, fibroid uterus dapat menyebabkan perdarahan berat di organ intim kamu dan nyeri perut.

5. Sindrom polikistik ovarium (PCOS)
Sindrom polikistik ovarium adalah penyakit ketidakseimbangan hormon yang membuat ovum atau sel telur pada perempuan tidak berkembang normal (kecil) yang dapat menyebabkan terbentuknya kista di ovarium . Sehingga akan membuat masa menstruasimu jadi nggak teratur, misalnya masa menstruasi dua kali dalam sebulan atau tidak sama sekali, Charm Girls.

6. Kelainan Pembekuan Darah
Charm Girls, gangguan pembekuan darah mungkin adalah alasan penyebab masa menstruasimu terjadi dua kali dalam sebulan. Gangguan ini bisa disebabkan berbagai penyakit seperti Von Willebrand, kekurangan protrombin, dan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP).
 

Adakah cara untuk mengatasi menstruasi yang datang dua kali?
Memang ada sih, tapi sebaiknya cara penanganan kamu yang menstruasi dua kali dalam sebulan harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. So, bilang pada orang tuamu untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter, okay Charm Girls?

Sebulan menstruasi dua kali, bagaimana dong?
Sebulan menstruasi dua kali, bagaimana dong?
Olahraga dan Menjalani Pola Hidup Sehat
  1. Melakukan terapi hormon dan terapi pengganti estrogen jika menstruasi dua kali disebabkan oleh menopause.
  2. Cobalah untuk mengubah gaya hidup dan melakukan kegiatan yang bikin stress kamu mereda. Berolahragalah secara rutin, meditasi, dan menjalani pola makan sehat dan bergizi, Charm Girls.
  3. Kalau menstruasi dua kali dalam sebulan sampai membuat kekurangan darah dan terkena anemia, minumlah suplemen zat besi sesuai petunjuk penggunaan dari dokter.

 

Komentar (0)
A