Kembali

Edukasi

Lakukan Kebiasaan Baik Ini Sebelum Tidur! Bye Bye Mata Panda

Lakukan Kebiasaan Baik Ini Sebelum Tidur! Bye Bye Mata Panda


Tidur adalah cara paling tepat untuk melampiaskan rasa lelah setelah seharian melakukan aktivitas. Namun, tak jarang sebagian dari kita justru mengalami kesulitan tidur dari waktu ke waktu. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bisa menjadi sebuah masalah yang semakin menghantui kebutuhan tidurmu.

Susah tidur saat menstruasi menjadi salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh kaum hawa. Jika dibiarkan, sulit tidur dapat mengurangi konsentrasi dan mengganggu kegiatan sehari-hari, lho.

Susah tidur atau insomnia saat menstruasi merupakan salah satu gejala dari premenstruation syndrome (PMS). Gangguan tidur ini terjadi karena adanya perubahan kadar progesteron, penurunan kadar melatonin, peningkatan suhu tubuh, dan berkurangnya fase REM selama siklus menstruasi berlangsung. 

Nah untuk menghindari hal tersebut kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan baik sebelum tidur agar kamu bisa terlelap. Penasaran, bukan? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini.

1. Matikan Gadget 

Kebanyakan orang “zaman now” tidak bisa berhenti bermain gadget, bahkan ketika sudah waktunya untuk tidur. Padahal, cahaya yang terpancar dari gadget bisa mengurangi jumlah melatonin loh. Melatonin sendiri merupakan hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat kamu lebih mudah untuk tertidur.

Tak hanya itu, bermain gadget juga bisa menyebabkan kecanduan yang justru bikin kamu malah semakin sulit untuk tidur. Jadi, sebaiknya matikan gadget minimal satu jam sebelum waktu tidur, supaya  kamu dapat mudah tertidur nyenyak dan terhindar dari insomnia. 

2. Menulis 

Buat kamu yang senang menulis, nah, kegiatan ini bisa jadi solusi jika dirimu sedang nggak bisa tidur. Penelitian menunjukkan bahwa menulis sesuatu yang menjadi beban pikiran bisa bantu mengeluarkan dan membersihkan pikiran.

Hal ini pun dipercaya bisa mempermudah kamu untuk tertidur.  Selain itu, menulis jurnal juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Tak mengherankan, kalau kegiatan ini direkomendasikan oleh para ahli sebagai salah satu cara untuk membantu kamu tertidur.

3. Membaca Buku 

Daripada bermain gadget, membaca buku adalah salah satu alternatif kegiatan yang baik sebelum beristirahat. Membaca buku dapat membantu pikiran rileks sehingga bisa memunculkan rasa kantuk dengan sendirinya.

4. Gunakan Baju yang Nyaman 

Pakaian yang kamu kenakan ternyata berpengaruh terhadap kualitas tidur, lho. Menggunakan pakaian tidur yang longgar, bersih dan lembut membuat tidur jadi lebih pulas dan nyenyak. Buat para wanita, kamu juga disarankan untuk tidur tanpa bra agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

5. Meditasi 

Jika hari-hari kamu melelahkan dan bikin pikiran jadi stress, cobalah lakukan meditasi sebelum tidur. Kamu bisa memasang aromaterapi yang wanginya menenangkan, meredupkan lampu kamar, dan pejamkan mata selama beberapa saat agar pikiran menjadi lebih rileks. Meditasi bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan stress dan sakit kepala, tapi juga efektif membantu kamu untuk bisa tidur dengan nyenyak.  

6. Minum Air Putih 

Kita semua tahu bahwa air putih punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembaban kulit saat kita tertidur. Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal (bukan air dingin) beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.

7. Mandi 

Buat kamu yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, coba deh mandi dengan air hangat sebelum tidur. Menurut para ilmuwan, suhu tubuh ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Mandi air hangat memiliki efek powering down yang membuat otot-otot di seluruh tubuh jadi rileks dan membuat kamu merasa tenang dan nyaman. Jadi, kamu pun bisa lebih mudah tertidur. 

Nah, sudah tahu kan kegiatan apa saja yang baik dilakukan sebelum tidur? Yuk,  mulailah lakukan 7 kegiatan sehat tersebut setiap hari sebelum tidur untuk waktu istirahat yang lebih berkualitas. Kalau kamu sendiri, punya ritual apa nih biar tidurmu nyenyak? Share yuk!

Baca juga disini :

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas

Inilah Pakaian Super Pewe Saat Sedang Menstruasi 

Tips and Trik Mencuci Darah Menstruasi Tembus

kebiasaan baik sebelum tidur
Komentar (9)
A

Avatar Profile Image
Jainah
Kalo aku susah tidur minum air putih, meredupkan lampu kamar,dan pejamkan mata selama beberapa saat setelah itu gak kerasa ketiduran deh.
2 years ago
Balas
DS
Denisa Saputri
jadi tau nih
2 years ago
Balas
KW
Kusma Wati
okey cha
2 years ago
Balas
floating-icon