Kembali

Produk

Apakah Pembalut Juga Bisa Kadaluarsa? Cek Faktanya!

Apakah Pembalut Juga Bisa Kadaluarsa? Cek Faktanya!


Produk yang kamu pakai sehari-hari memang memiliki masa pakai (kadaluarsa). Mulai dari produk makanan hingga kecantikan. Namun, apakah pembalut juga termasuk barang yang bisa kadaluarsa?

Pembalut memang menjadi salah satu barang yang sering digunakan wanita pada saat menstruasi. Benda ini berfungsi untuk menampung darah menstruasi yang keluar dari Miss V seorang wanita. 

Saking seringnya dipakai, tak heran kalau sebagian dari kamu mungkin sering banget stok pembalut di rumah. Tentunya, hal itu dilakukan untuk jaga-jaga jika menstruasimu tiba-tiba datang.

Meskipun begitu, kegiatan penyimpanan pembalut harus kamu perhatikan loh. Pasalnya, bisa saja pembalut yang kamu simpan itu nyatanya sudah melewati batas masa pakai alias kadaluarsa. Sehingga, akan ada efek yang kamu rasakan jika menggunakan pembalut kadaluarsa.

Baca Juga: Pembalut Adalah Barang Holy Grail Buat wanita, Ini Dia Evolusinya!

Bahayanya memakai pembalut yang kadaluarsa

Ada berbagai bahaya yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan pembalut yang sudah kadaluarsa. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ruam pada kulit di area kewanitaan

Salah satu efek yang ditimbulkan jika kamu menggunakan pembalut kadaluarsa adalah timbulnya ruam pada kulit di area kewanitaan. Ada kemungkinan bahwa pembalutnya sudah mengandung banyak bakteri, sehingga ruam di kulit pun terjadi.

2. Iritasi pada area organ intim kamu

Penggunaan pembalut kadaluarsa juga bisa memberikan efek bahaya seperti iritasi di bagian organ intim kamu. Pasalnya, organ intim wanita tergolong area sensitif, sehingga jika berkontak langsung dengan pembalut kadaluarsa bisa memberikan efek iritasi tersebut.

3. Pertumbuhan bakteri di area kewanitaan bisa lebih cepat

Penggunaan pembalut kadaluarsa bisa saja menimbulkan kemunculan pertumbuhan bakteri di organ intim. Dengan adanya bakteri, kamu pun bisa mengalami gatal berlebihan, diare, pusing, hingga demam.

Serem banget kan ya? Maka dari itu, kamu harus banget perhatikan tanggal kadaluarsa yang ada di produk pembalut kamu.

Baca Juga: Pembalut Charm dan Cara Memilih Pembalut Sesuai Kebutuhanmu!

Tanda kadaluarsa pada pembalut Charm

Kamu mesti teliti ketika membeli pembalut ya, Charm Girls. Cobalah untuk perhatikan tanda kadaluarsa yang ada di produk tersebut. Lalu, di mana sih tanda kadaluarsanya?

Dikutip dari dr. Nabiela Ully Wafira mengenai tentang batas waktu penggunaan pembalut. “….tidak semua pembalut melampirkan expired date, jika Anda tidak menemukan kode EXP pada kemasan pembalut cobalah mencari kode MFD (Manufacturing Date) yang menandakan tanggal pembuatan pembalut tersebut. Tetapi pada beberapa pembalut juga tetap melampirkan kode EXP ini. Apabila penggunaan pembalut sudah melewati tanggal kadaluarsa sebaiknya hentikan pemakaian pembalut tersebut, namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu apakah benar tanggal yang ditunjukkan merupakan tanggal kadaluarsa dan bukan tanggal produksi…”

Pada produk pembalut Charm sendiri, sebuah tanggal bisa kamu temukan di packaging produknya. Nah, tanggal yang tertera merupakan tanggal produksi pembalut tersebut. Untuk tanggal kadaluarsanya sendiri, kamu bisa menambahkan tiga tahun setelah tanggal produksi.

Contoh, tanggal produksi pembalut Charm dibuat tanggal 10 November 2022. Maka tanggal kadaluarsanya adalah tiga tahun setelah tanggal produksi, yaitu tanggal 10 November tahun 2025. 

Penggunaan pembalut yang telah kadaluarsa memang lebih baik dihindari. Sebaiknya apabila kamu ragu, gantilah pembalut kadaluarsa dengan yang baru. Sehingga, kamu pun akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melihat bahaya di atas mengenai pemakaian pembalut yang sudah kadaluarsa, mengharuskan kamu untuk lebih teliti lagi nih saat membeli produk penampung menstruasi tersebut. Pastikan pembalut yang kamu beli dan gunakan memiliki kondisi baik dan tentunya tidak kadaluarsa ya.

pembalut kadaluarsa
tanggal kadaluarsa pembalut charm
bahaya memakai pembalut kadaluarsa
Komentar (132)
A

An
Anonymous
terimakasih infonya
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Ya
2 days ago
An
Anonymous
thanks artikelnya
5 months ago
Balas
An
Anonymous
YA
2 days ago
An
Anonymous
nice info
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Okee
2 days ago
floating-icon