Kembali

Tentang Menstruasi

Telat Haid 1 Minggu? Jangan Panik Dulu, Ternyata Ini Penyebabnya!

Telat Haid 1 Minggu? Jangan Panik Dulu, Ternyata Ini Penyebabnya!


Menstruasi alias haid adalah perdarahan normal melalui vagina akibat luruhnya lapisan dinding rahim. Perempuan biasanya mengalami haid sebulan sekali. Tapi, haid kadang nggak terjadi pada tanggal yang sama atau bahkan bisa telat 1 minggu.

Haid yang telat memang bikin panik, apalagi kalau sampai seminggu. Terus, sebetulnya apa sih, yang jadi penyebabnya? Cari tahu lebih lanjut yuk, Charm Girls!

Baca Juga: Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat

Penyebab haid telat 1 minggu

Pada umumnya, perempuan akan mengalami menstruasi nggak teratur setidaknya dua kali dalam hidupnya. Momen yang pertama adalah saat ia baru pertama kali menstruasi dan yang kedua adalah ketika menopause.

Begitu pun kalau belum lama ini kamu mengalami haid pertama. Wajar banget kalau siklus haidmu sewaktu-waktu jadi nggak teratur, sebab tubuhmu masih menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi selama masa puber.

Jadi, haid yang telat belum tentu menandakan kehamilan. Ada banyak banget kondisi yang bisa bikin haid telat 1 minggu, mulai dari hormon-hormon yang nggak seimbang dalam tubuh hingga masalah kesehatan yang perlu diperiksakan ke dokter.

Faktor-faktor yang bisa bikin menstruasi jadi telat antara lain:

  • stres,
  • kegemukan atau obesitas,
  • badan yang terlalu kurus,
  • olahraga yang berlebihan,
  • sindrom polikistik ovarium (PCOS),
  • penyakit celiac, dan
  • masalah pada kelenjar tiroid.

Berbagai kondisi tersebut bisa mengganggu produksi hormon-hormon penting dalam siklus menstruasi, yakni estrogen dan progesteron. Akibatnya, kamu mengalami haid beberapa hari atau 1 minggu lebih telat dari biasanya.

Cara agar tidak telat haid 1 minggu

Meski haid yang telat itu normal, kamu mungkin jadi terganggu kalau kondisi ini terjadi berulang kali. Ditambah lagi, kamu juga jadi nggak bebas beraktivitas karena takut haid bakal datang sewaktu-waktu.

Untungnya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya haid nggak sampai telat 1 minggu lagi. Berikut di antaranya.

1. Memperbanyak asupan vitamin C

Vitamin C dipercaya bisa mempercepat haid dengan cara meningkatkan level estrogen dan menurunkan level progesteron. Hal ini membuat otot rahim berkontraksi sehingga lapisan rahim luruh lebih cepat. Tapi, hal ini belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah.

2. Mengkonsumsi nanas sebagai cara agar tidak telat haid 1 minggu

Enzim bromelain dalam nanas bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Artinya, enzim ini mungkin bisa mencegah haid telat yang berkaitan sama peradangan. Tapi, pastikan kamu nggak makan nanas secara berlebihan, ya!

3. Minum teh jahe

Kalau kamu sering telat haid 1 minggu, cobain deh, ramuan tradisional yang satu ini. Jahe sejak dulu dipercaya bisa membantu melancarkan menstruasi. Ditambah lagi, teh jahe yang hangat baik buat perut dan bisa bikin haid jadi lebih nyaman.

Baca Juga: Ini 5 minuman untuk lancarkan menstruasi terlambat

4. Relaksasi untuk menghindari telat haid 1 minggu

Ketika stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini bisa mengganggu produksi hormon yang mengatur menstruasi. Supaya stres nggak bikin haid jadi telat, kamu bisa coba merelaksasi tubuh dan pikiran dengan cara:

  • menghabiskan waktu sama keluarga atau teman,
  • melakukan hobi atau kegiatan yang kamu suka,
  • mencoba meditasi dan teknik pernapasan,
  • lebih banyak bergerak dan olahraga, atau
  • curhat ke teman-teman terdekat.

5. Berendam air hangat

Air hangat melancarkan aliran darah dan membuat otot tubuh jadi rileks. Banyak orang percaya bahwa efek rileks ini yang membuat haid mereka jadi lancar. Buat menambah efek rileksnya, kamu pun bisa berendam dengan air hangat dan aromaterapi.

6. Beristirahat

Aktivitas fisik yang berlebihan bisa mengurangi estrogen sehingga haid jadi nggak teratur, berhenti sementara, atau telat haid 1 minggu. Jadi, kalau belakangan ini kamu lagi banyak-banyaknya berolahraga, cobalah istirahat sejenak supaya haid kembali lancar.

Meski wajar dialami oleh remaja dalam masa puber, haid yang telat 1 minggu memang mengganggu banget. Bahkan, aktivitas sehari-hari juga bisa terganggu karena kamu takut haid akan datang kapan aja.

Berbagai tips di atas bisa membantu mencegah haid yang telat. Tapi, supaya kamu bisa lebih bebas dan nyaman beraktivitas, jangan lupa siapkan juga pembalut dengan daya serap yang kuat seperti Charm Extra Maxi, ya!

Dengan teknologi lock wing dan bantalan elastisnya, pembalut Charm Extra Maxi bisa mencegah bocor sekaligus mudah kembali ke bentuk semula. Jadi, kamu bisa bebas bergerak tanpa takut tembus, bahkan pada hari-hari pertama menstruasi.

charm
telat haid 1 minggu
telat haid
telat menstruasi
terlambat haid
terlambat menstruasi
terlambat menstruasi 1 minggu
cara agar tidak telat haid 1 minggu
penyebab haid telat 1 minggu
penyebab menstruasi telat 1 minggu
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Makasih udah dikasih tau. Pembalut Charm memang nyaman dan aman saat di pakai pas lagi menstruasi 👍🏻
a day ago
Balas