Kembali

Tentang Menstruasi

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Bagaimana Efeknya?

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Bagaimana Efeknya?


Charm Girls mungkin udah pernah atau bahkan rutin mengalami menstruasi. Tapi, apakah kamu tahu apa penyebab menstruasi? Menstruasi alias haid adalah perdarahan normal melalui vagina akibat luruhnya lapisan rahim yang terjadi dalam siklus bulanan.

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Bagaimana Efeknya?
Pengaruh haid terhadap tubuh

Haid pertama biasanya terjadi pada usia 11–14 tahun dan berulang setiap satu bulan sekali. Namun, ternyata nggak semua orang mengalami haid secara teratur. Sebetulnya apa sih, yang jadi penyebabnya dan apa pengaruhnya ke tubuh kamu?

Baca juga: Periode Menstruasi Tidak Teratur, Apakah Tetap Bisa Hamil?

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Faktor penyebab menstruasi tidak teratur

Seseorang bisa dibilang mengalami menstruasi tidak teratur kalau lamanya menstruasi dan jarak antara siklus menstruasinya sering berubah. Atau, darah haid yang keluar juga lebih banyak dari biasanya.

Penyebabnya ternyata cukup beragam, mulai dari perubahan hormon hingga masalah kesehatan tertentu.

1. Perubahan hormon saat remaja

Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini naik dan turun secara teratur untuk menebalkan lapisan rahim. Tujuannya agar rahim siap menerima sel telur yang udah dibuahi oleh sperma.

Namun, jumlah estrogen dan progesteron biasanya lebih banyak berubah pada remaja yang baru mengalami menstruasi. Seiring bertambahnya usia, hormon-hormon ini akan lebih stabil sehingga siklus menstruasi juga jadi teratur.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu

Kalau kamu penasaran apa yang jadi penyebab menstruasi kamu nggak teratur, coba ingat kembali apa aja obat-obatan yang kamu konsumsi belakangan ini. Soalnya, ada beberapa jenis obat yang berpengaruh sama siklus menstruasi.

Obat-obatan tersebut antara lain obat antiradang, obat penghambat pembekuan darah, dan obat untuk mengatasi masalah hormon. Kalau menstruasimu terganggu karena obat-obatan ini, coba berkonsultasi sama dokter ya, Charm Girls!

3. Terlalu kurus atau kegemukan

Lemak adalah tempat penyimpanan estrogen, hormon penting dalam siklus menstruasi. Ketika berat badanmu kurang, cadangan lemak tubuhmu juga lebih sedikit dari orang dengan berat badan ideal. Alhasil, jumlah estrogen dalam tubuhmu pun lebih sedikit.

Begitu pun sebaliknya, orang yang kelebihan berat badan punya lebih banyak lemak. Ini berarti jumlah estrogen dalam tubuhnya juga lebih banyak. Estrogen yang terlalu sedikit atau terlalu banyak sama-sama jadi faktor penyebab menstruasi tidak teratur.

Baca Juga: Ini 5 minuman untuk lancarkan menstruasi terlambat

4. Stres

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Bagaimana Efeknya?
Stres dapat menghambat menstruasi

Siklus haid diatur oleh bagian otak yang disebut hipotalamus. Di balik fungsinya yang keren, bagian otak yang satu ini sensitif banget sama faktor-faktor eksternal, misalnya aktivitas fisik, kualitas tidur, dan tentunya stres.

Kalau kamu lagi sering stres, tubuhmu bakal melepaskan hormon kortisol. Hormon ini bisa bikin semuanya kacau, termasuk jadi penyebab menstruasi tidak teratur. Selama stres belum terkendali, kamu bahkan bisa aja nggak haid sama sekali.

5. Penyakit atau kondisi medis lain

Kadang-kadang, menstruasi tidak teratur disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti:

  • hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif),
  • diabetes tipe 1,
  • sindrom Cushing, dan
  • adanya tumor yang mengeluarkan hormon sehingga mengganggu siklus haid.

Gangguan menstruasi yang berkaitan sama penyakit biasanya perlu didiagnosis lebih lanjut oleh dokter. Nah, kamu bisa minta temani orang tua untuk periksa ke dokter agar kamu pun lebih paham apa penyebabnya.

Kalau haid nggak teratur, apa dampaknya bagi tubuh?

Menstruasi yang tidak teratur biasanya bukan sesuatu yang berbahaya, terlepas dari apa faktor penyebabnya. Tapi, kalau kondisi ini terus berlanjut, kamu akan lebih rentan mengalami kondisi berikut:

  • Anemia karena darah haid yang keluar dalam jumlah banyak juga membawa zat besi. Akibatnya, tubuh jadi kekurangan zat besi.
  • Pengeroposan tulang akibat kurangnya jumlah estrogen. Selain memicu proses menstruasi, hormon estrogen juga membantu menjaga kekuatan tulang.
  • Kesulitan untuk punya anak karena ovarium nggak mengeluarkan sel telur.
  • Penebalan dinding rahim yang mungkin membahayakan.

Banyak orang mengalami menstruasi tidak teratur selama satu setengah tahun setelah menstruasi pertamanya. Ini wajar banget, mengingat kamu baru memasuki masa puber dan tubuhmu masih berusaha buat beradaptasi.

Seiring waktu, produksi hormon estrogen dan progesteron akan lebih stabil sehingga siklus menstruasi pun jadi lebih teratur. Jangan lupa jalani pola hidup yang sehat buat membantu kelancaran siklus menstruasi.

Charm
Pembalut Charm
apa penyebab menstruasi
apa yang menyebabkan menstruasi
menstruasi tidak teratur
efek menstruasi tidak teratur
faktor menstruasi tidak teratur
Komentar (0)
A