Kembali

Girl's Life

Apakah Keputihan Tanda Menstruasi Pertama

Apakah Keputihan Tanda Menstruasi Pertama


Masa pubertas menjadi fase peralihan anak secara biologis maupun psikologis. Mulai dari perubahan fisik sampai ke menstruasi pertama untuk perempuan. Fase pubertas antara anak laki-laki dan perempuan berbeda. Untuk itu, idealnya Charm Girls mengetahui perubahan yang akan terjadi pada diri kamu.

Charm Girls sebagai perempuan akan mengalami Menarche atau menstruasi pertama pada usia 10-14 tahun. Namun, pada beberapa kondisi, haid pertama pada remaja putri bisa terjadi lebih awal, yaitu pada usia 9 tahun. Adalah wajar jika Charm Girls merasa kaget ketika melihat darah pada saat Menarche. Proses alami ini bisa menjadi hal yang menakutkan jika kurang mendapat atau mendengar informasi yang salah. Alasan lain bahwa Charm Girls perlu mengetahui tentang haid pertama pada remaja putri sejak usia dini adalah guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terkadang, ovulasi atau kesuburan dapat terjadi sebelum Charm Girls akan mengalami menstruasi pertamanya.

Pada periode pertama Menarche biasanya terjadi secara tidak teratur. Proses menstruasi pertama biasanya berlangsung selama 3-7 hari setiap bulannya. Menstruasi akan mulai teratur memasuki tahun kedua. Oleh karenanya, Charm Girls juga harus mulai tahu cara menjaga kebersihan area kewanitaan dan penggunaan perlengkapan seperti pembalut atau pantyliner.

Baca Juga: Kapan usia normal anak menstruasi pertama

Penyebab Keputihan

Keputihan normal terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi. Kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh. 

Keputihan adalah kondisi keluarnya lendir atau cairan dari vagina. Ini merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan. Cairan pelumas alami yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi dan iritasi.

Keputihan bisa bervariasi dari jumlah, warna, dan tekstur kekentalannya. Keputihan yang normal berwarna bening seperti putih telur atau putih susu jernih, tidak berbau menyengat. 

Tekstur dan jumlah cairan keputihan bisa saja berubah tergantung siklus menstruasi. Ibu hamil mungkin akan lebih sering mengalami keputihan akibat perubahan hormon. Ketika memasuki masa menopause, barulah keputihan akan berkurang.

Apakah Keputihan Tanda Menstruasi Pertama

Keputihan normal terjadi setidaknya 6 bulan sebelum Charm Girls akan menstruasi untuk pertama kalinya. Selain perubahan hormon, keputihan normal saat perempuan mendapatkan rangsangan, sedang menyusui, atau stres. Keputihan yang normal tidak memerlukan penanganan medis secara khusus. Kondisi ini dapat ditangani dengan membersihkan area kewanitaan secara rutin untuk menghilangkan lendir atau cairan.

Sementara jika terjadi tanda keputihan yang abnormal, maka perlu diketahui penyebabnya. Keputihan yang tidak normal (abnormal) disebabkan atau bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu. disertai dengan keluhan seperti gatal pada area kewanitaan, nyeri di panggul atau ketika buang air kecil hingga rasa terbakar akibat  infeksi hingga tingkat serius seperti kanker.

Baca Juga: Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!

Dokter akan memberikan terapi obat untuk mengobati keputihan abnormal, seperti: antibiotic clindamycin untuk menghilangkan bakteri, obat antijamur, seperti clotrimazole dan miconazole, untuk mengatasi infeksi. Selain dengan obat-obatan dari dokter, keputihan juga bisa diatasi dengan obat tradisional.

menstruasi
menstruasi pertama
pubertas
menstruasi pertama pada remaja putri
haid pertama pada remaja putri
Komentar (4)
A

Ar
Ayu rahmatika
thanks kak sudah share ilmunya
6 days ago
Balas
dd
dinda destia rahmadani
makasih infonya, sangat bermanfaat
6 days ago
Balas
Ad
Adek
artikelnya bagus min, makasih
2 days ago
Balas