Kembali

Girl's Life

5 Penyebab Keputihan Gatal dan Cara Mengatasinya!

5 Penyebab Keputihan Gatal dan Cara Mengatasinya!


Keputihan adalah hal normal yang terjadi sebelum perempuan menstruasi. Untuk menghadapinya sebenarnya nggak perlu perawatan khusus Charm Girls, kecuali cairan keluar disertai gatal yang berlebihan. Sebelum hal ini terjadi, baiknya Charm Girls simak artikel berikut.

Normalnya keputihan berfungsi sebagai pembersih dan pelindung vagina. Tapi jika disertai rasa gatal yang berlebihan, kemungkinan menandakan adanya penyakit serius. Hih, serem!

Keputihan gatal juga pasti bikin kamu nggak nyaman banget kan? Makanya jangan didiamkan aja. 

Berikut penyebab keputihan dan cara mengatasinya :

Baca Juga: Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!

1. Iritasi Vagina

Keputihan gatal pertama bisa jadi pengaruh dari bahan kimia yang kamu pakai tidak cocok sehingga menyebabkan iritasi pada vagina. Kondom, tisu basah, pembalut, atau sabun pembersih adalah produk- produk yang terdapat bahan kimia di dalamnya.

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga bisa jadi penyebab vagina gatal saat keputihan. Kondisi ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti mengkonsumsi antibiotik, sedang hamil, aktif berhubungan seksual, atau perempuan dengan daya tahan tubuh yang lemah.

3. Salah Pakai Celana Dalam

Penyebab lainnya yang bikin keputihan gatal dan bau adalah karena salah pilih jenis bahan celana dalam. Soalnya beberapa celana dalam dirajut dengan bahan tertentu yang bikin panas dan lembap. 

Hal itu memengaruhi keseimbangan pH pada vagina yang mempengaruhi bakteri dan tentu saja keputihan. Untuk itu, disarankan agar pakai celana dalam yang berbahan katun.

4. Penyakit Radang Panggul

Perempuan dengan penyakit radang panggul seringkali mengalami keputihan gatal dengan bau. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sulit hamil.

Asal tahu aja, penyakit radang panggul ditularkan lewat kontak seksual. Bakteri yang masuk melalui vagina menyebar hingga ke organ reproduksi seperti tuba fallopi, ovarium, atau uterus.

5. Menopause

Penyebab keputihan gatal terakhir, kemungkinan karena gejala menopause di mana perempuan tidak akan lagi mengalami menstruasi. Kondisi ini biasanya dialami oleh perempuan di usia sekitar 50 tahun. Ketika perempuan mengalami menopause, jumlah hormon estrogen di tubuhnya akan berkurang sehingga menyebabkan munculnya gejala vagina gatal dan kering, nyeri saat berhubungan seksual, perubahan mood, dan peningkatan berat badan.

Baca Juga: Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?

Banyaknya penyebab keputihan gatal membuat kamu harus lebih waspada dan peka terhadap gejala yang dirasakan ya, Charm Girls. Berikut cara atasinya.

Cara mengatasi miss v yang gatal dan berbau

1. Menjaga Kebersihan Vagina

Usahakan selalu jaga kebersihan vagina. Caranya bilas dengan air bersih setelah buang air kecil dan buang air besar.

Cara bilasnya, basuh air dari depan ke belakang agar bakteri yang menempel di anus tidak masuk dan menginfeksi vagina. Tak perlu menggunakan sabun kewanitaan karena vagina punya kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Sabun kewanitaan hanya membuat infeksi makin memburuk karena pH vagina jadi tidak seimbang.

2. Rutin Ganti Celana Dalam dan Penggunaan Pantyliner

Ganti celana dalam secara rutin jadi hal wajib yang tidak boleh diabaikan, ingat ya Charm Girls! Apalagi jika kamu termasuk orang yang aktif berkegiatan dari pagi sampai malam, hingga tubuh sering berkeringat. Membiarkan celana yang lembab dan kotor terlalu lama tentu saja bisa memperparah keputihan dan gatal yang dialami. Gantilah dengan celana berbahan katun yang tidak terlalu ketat agar pertukaran udara di dalamnya tetap lancar.

Selain itu, penggunaan pantyliner juga bisa membuat celana dalam & vaginamu lebih bersih. Kamu bisa menyediakan pantyliner di rumah dan juga tas kamu, agar bisa kamu pakai dimanapun kamu berada.

3. Makan Yoghurt

Yoghurt adalah obat infeksi jamur vagina alami karena mengandung bakteri baik. Bakteri ini hidup dalam sistem pencernaan, saluran kemih, dan di sekitar vagina.

Kandungan bakteri baik (probiotik) dalam yoghurt bisa bantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur di dalam vagina. Dengan begitu, keputihan gatal bisa diatasi deh.

5 Penyebab Keputihan Gatal dan Cara Mengatasinya!
Cara Mengatasi Keputihan Gatal, Yoghurt!

4. Kompres Es/Basuh Vagina Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi keputihan gatal, kamu bisa membasuh vagina dengan air hangat. Apabila jika gatal tak tertahankan, kompres es bisa mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di sekitar vagina.

5. Gunakan Obat Keputihan

Cara mengatasi keputihan gatal yang parah perlu obat dari dokter yang disesuaikan dengan akar penyebabnya. Jenisnya bisa berupa salep atau obat yang diminum.

Jadi, kira-kira mana penyebab yang bikin keputihanmu gatal?

keputihan
keputihan gatal
penyebab keputihan gatal
penyebab keputihan
penyebab keputihan gatal dan cara mengatasinya
cara mengatasi keputihan gatal
Komentar (6)
A

An
Anonymous
waah membantu banget infonya, thank you charm!
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charissa Nadia
edukasi yang kek gini nih yang diperluin!
a month ago
Balas
An
Anonymous
bermanfaat banget infonyaa😍😍
a month ago
Balas